Bagi OtoFriends pemilik kendaraan, pasti pernah mendengar oli castrol. Perusahaan oli yang berasal dari Inggris ini pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971. Sampai saat ini berarti sudah 50 tahun lebih oli Castrol menjadi minyak pelumas di Indonesia.

Sudah tahukah kamu produk oli Castrol apa saja untuk mobil OtoFriends? Jika belum pada artikel ini Otoklix akan membahas mengenai tipe oli castrol, harga beserta rekomendasinya.

Simak sampai akhir pembahasanya! 

Jenis oli mesin

Sebelum lanjut membahas mengenai produk oli Castrol, OtoFriends sudah tahu belum jenis-jenis oli? Ada tiga jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya, simak penjelasannya berikut:

1. Oli sintetik

Oli sintetik adalah oli dengan bahan baku utama dari unsur-unsur kimia. Beberapa bahan kimia yang sering dipakai seperti ester, dester hingga polyolester. Kelebihan oli full sintetik terletak pada daya pelumasan yang lebih baik, mesin menjadi halus dan minim daya gesek.

2. Oli semi sintetik

Oli semi-sintetik adalah oli yang berbahan dasar minyak mineral dengan sedikit penambahan sintesa hasil rekayasa kimia. Komposisinya bisa 80:20 atau 70:30. Oli semi sintetik memiliki kelebihan lebih tahan panas, mesin jadi lebih dingin dan menjaga kebersihan mesin dari kerak. 

3. Oli non sintetik

Oli non sintetik atau mineral adalah oli dengan bahan baku utama dari penyulingan bahan mineral. Kelebihannya getaran mesin lebih minim, mendinginkan mesin dan lebih awet. Dari segi harga oli non sintetik juga lebih murah. Kekurangan oli non sintetik ini terletak pada struktur molekulnya yang tidak seimbang dan meninggalkan kerak pada komponen mesin.

Dari ketiga jenis oli tersebut, kira-kira mana jenis oli yang terbaik?

Baca juga: Apa Beda Oli Mesin dan Oli Gardan? Ini Perbedaan 5 Jenis Oli

Tipe Oli Mobil Castrol

Castrol Indonesia menyediakan tiga jenis oli mesin khusus mobil, yaitu Castrol Edge, Castrol Magnatec dan Castrol GTX. Berikut Otoklik bahas secara lengkapnya dibawah ini:

1. Castrol EDGE

Oli Castrol EDGE merupakan oli terkuat dan tercanggih dibandingkan tipe oli mobil Castrol lainnya. Teknologi oli Castrol EDGE menggunakan Titanium Fluid Strength Technology (FST). Teknologi ini mampu mengubah strukturnya menjadi lebih kaku pada titik tekanan tertinggi.

Kandungan titanium dalam oli mampu membuat gesekan antar logam komponen berkurang sehingga komponen tetap terpisah.

Oli Castrol EDGE mampu mengurangi gesekan antar komponen hingga 20 persen lebih baik. Hal ini menjadikan mesin bisa bekerja lebih optimal. Karena termasuk jenis oli full sintetis dan tingkat kekentalan oli yang rendah sehingga cocok untuk mobil keluaran baru.

Oli Castrol ini direkomendasikan untuk mobil performa tinggi seperti mobil balap, karena mampu bekerja dalam tekanan tinggi.Oli ini telah diuji secara independen dan telah terbukti, banyak direkomendasikan oleh produsen mobil terkemuka dunia.

2. Castrol MAGNATEC

Oli Castrol MAGNATEC termasuk oli populer dari merk Castrol. Kombinasi molekul pintarnya mampu memberikan perlindungan instan sejak mobil pertama dihidupkan. Keausan mesin 75% terjadi pada saat proses pemanasan mesin.

Ketika mesin mati, oli akan mengalir ke bak oli, tetapi molekul cerdas dari Castrol MAGNATEC akan melekat pada bagian penting mesin seperti magnet. Lapisan ini akan memberikan perlindungan ekstra saat mesin dihidupkan.

Khusus untuk Oli Castrol MAGNATEC Stop-Start formulasinya dirancang khusus tetap melindungi mesin dalam kondisi lalu lintas yang padat dan macet. Dengan bahan sintetis, oli Castrol ini memiliki kekentalan beragam 0W-20, 5W-30, 10W-30. Teknologi molekul pintar Magnatec Stop Start akan melindungi mesin yang tidak terlindungi sempurna. 

3. Castrol GTX

Oli Castrol GTX membantu memperpanjang umur mesin dengan cara mencegah terbentuknya endapan lumpur (sludge) pada mesin. Selain itu formulasi Castrol GTX mampu memberikan perlindungan dari endapan baru.

Seperti yang kita ketahui endapan oli ini berbahaya bagi mesin. Endapan oli akan menyumbat aliran oli sehingga pelumasan menjadi tidak sempurna. Endapan oli terjadi karena oli tidak diganti sesuai waktu yang direkomendasikan. Alih-alih ingin berhemat malah mesin menjadi rusak. Castrol GTX tersedia dalam tiga varian, yaitu GTX 15W-40, GTX Ultraclean 4W-30 dan GTX Diesel 15W-40.

Baca juga: Penting! Baca Ini Biar Mobilmu Tidak Mogok di Jalan

Harga oli castrol

  • Harga Oli Castrol EDGE

Castrol EDGE tersedia dalam kemasan 1 liter. Harga oli Castrol EDGE ini sekitar Rp170-250 ribuan per liter.

  • Harga Oli Castrol MAGNATEC

Harga oli Castrol Magnatec ini sekitar Rp78-100 ribu untuk kemasan 1 liter dan Rp370 ribuan untuk kemasan 4 liter. 

  • Harga Oli Castrol MAGNATEC STOP-START

Harga oli Castrol Magnatec Stop-Start sekitar Rp170 ribuan per liter. Sementara untuk kemasan 4 liter dibanderol sekitar Rp400-520 ribuan.

  • Harga Oli Castrol GTX DIESEL

Harga oli Castrol GTX 15W-40 sekitar Rp65-80 ribuan untuk kemasan 1 liter dan Rp260 ribuan untuk kemasan 4 liter.

  • Harga Oli Castrol GTX ULTRACLEAN

Harga oli GTX Ultraclean sekitar Rp80-90 ribuan untuk kemasan 1 liter. Harga kemasan 3,5 adalah Rp280-300 ribuan. 

Dari semua tipe oli Castrol tersebut diatas, kira-kira mana yang terbaik untuk ganti oli mobil kesayangan OtoFriends?

Rekomendasi oli castrol untuk mobil?

Memilih oli mobil tidak bisa berpatokan mana yang paling murah atau mahal. Oli Castrol sudah dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia.

Oli Castrol EDGE lebih cocok untuk mobil dengan performa tinggi, karena mampu memberikan perlindungan ekstra. Oli Castrol MAGNATEC lebih cocok untuk mobil perkotaan yang memiliki lalu lintas yang padat. Sedangkan oli Castrol GTX mampu membantu memperpanjang usia mesin.

Yang terpenting, pastikan oli Castrol yang kamu beli orisinal ya. Karena itu pastikan untuk selalu ganti oli di bengkel terpecaya. Salah satu caranya kamu bisa melakukan booking ganti oli melalui Otoklix. Ganti oli di jaringan bengkel Otoklix dijamin ori dengan harga terbaik!

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Harga oli Castrol mulai dari Rp60 ribuan per satu liter.

Oli Castrol dirancang khusus untuk tetap melindungi mesin saat tekanan tinggi, pertama kali mesin dihidupkan dan mencegah terjadinya endapan pada mesin.

Castrol Magnatec 10W-40 direkomendasikan untuk semua jenis kendaraan mobil baik bensin maupun diesel.