oli castrol, harga oli castrol

Jenis Oli Castrol, Spesifikasi, dan Kisaran Harga

Bagi kamu pecinta otomotif atau bahkan pengguna kendaraan pasti pernah mendengar oli Castrol. Perusahaan pelumas ini telah berdiri lebih dari satu abad dan sudah 50 tahun masuk ke pasar Indonesia. Dengan pengalaman sudah sekian lama itu maka kualitas pelumas Castrol tidak perlu diragukan lagi.

Nah, kali ini Otoklix akan membahas tiga jenis oli Castrol yang direkomendasikan untuk mobil kamu, yaitu Castrol Edge, Castrol Magnatec, dan Castrol GTX. Ketiganya memiliki perbedaan spesifikasi dan fungsi. Simak informasinya!

Tipe Oli Mobil Castrol

1. Castrol EDGE

Oli Castrol EDGE ini merupakan oli terkuat dan tercanggih dibandingkan tipe oli mobil Castrol lainnya. Teknologi yang digunakan adalah Titanium Fluid Strength Technology (FST), kandungan titanium dalam oli ini membuat kontak antar logam komponen berkurang sehingga komponen tetap terpisah.

Pastinya hal tersebut juga mengurangi gesekan antar komponen hingga 20% lebih baik. Hal ini terjadi karena struktur oli menjadi lebih kaku dan akan bekerja maksimal jika terkena tekanan ekstrem.

Hal ini menjadikan mesin mobil menjadi lebih optimal. Oli full sintetis ini memiliki tingkat kekentalan yang rendah sehingga cocok digunakan untuk mobil baru. Oli ini juga sangat direkomendasikan untuk mobil-mobil berperforma tinggi seperti mobil balap karena mampu bekerja meskipun dalam tekanan tinggi. Castrol EDGE ini juga telah diuji secara independen

Castrol EDGE tersedia dalam kemasan 1 liter. Harga oli Castrol EDGE ini sekitar Rp170-250 ribuan per liter.

2. Castrol MAGNATEC

Pelumas Castrol ini termasuk yang paling populer karena menggunakan kombinasi molekul pintar untuk memberikan perlindungan sejak mesin mobil kamu dihidupkan. Biasanya, oli akan bekerja maksimal setelah mesin berjalan setelah 20 menit dihidupkan. Teknologi molekul pintar pada Castrol Magnatec ini membuat komponen mesin mobil kamu terhindar dari keausan hingga 50% karena oli ini akan melekat meskipun oli kembali ke bak penampung oli.

Oli ini cocok digunakan pada berbagai jenis kendaraan, baik untuk motor maupun mobil kesayangan kamu. Castrol MAGNATEC ini tersedia dalam beberapa jenis dengan tingkat kekentalan yang berbeda, yaitu Magnatec 10W-40, Magnatec Diesel 10W-30, dan ada varian khusus yaitu Magnatec Stop-Start.

Magnatec Stop-Start ini khusus diformulasikan untuk mobil-mobil yang sering melalui lalu lintas padat dan mengalami kemacetan. Dengan bahan penyusun sintetis, oli ini tersedia dalam kekentalan 0W-20, 5W-30, 10W-30. Teknologi molekul pintar pada Magnatec Stop-Start akan melindungi mesin yang tidak terlindungi pelumas dengan sempurna.

Harga oli Castrol Magnatec ini sekitar Rp78-100 ribu untuk kemasan 1 liter dan Rp370 ribuan untuk kemasan 4 liter. Sementara itu untuk varian Magnatec Stop-Start sekitar Rp170 ribuan per liter. Sementara untuk kemasan 4 liter dibanderol sekitar Rp400-520 ribuan.

3. Castrol GTX

Castrol memproduksi oli yang khusus untuk mencegah terbentuknya lumpur (sludge) pada mesin. Seperti yang kita ketahui bahwa lumpur dan endapan oli berbahaya bagi mesin. Endapan oli akan membuat aliran oli terhambat sehingga tidak bisa melumasi mesin dengan baik, akibatnya mesin mobil pun tidak akan bekerja maksimal. 

Endapan ini biasanya terjadi jika oli tidak diganti sesuai waktu yang direkomendasikan. Tetapi bisa juga karena kotoran yang masuk karena lalu lintas yang buruk, menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, dan juga bekerja membawa beban berat.

Oli Castrol GTX ini tersedia dalam 3 varian, yaitu GTX 15W-40, GTX Ultraclean 4W-30, dan GTX Diesel 15W-40. Harga oli Castrol GTX 15W-40 sekitar Rp65-80 ribuan untuk kemasan 1 liter dan Rp260 ribuan untuk kemasan 4 liter.

Sementara itu harga GTX Ultraclean sekitar Rp 80-90 ribuan untuk kemasan 1 liter dan harga kemasan 3,5 adalah Rp280-300 ribuan. Kemudian untuk harga oli GTX Diesel sekitar Rp65 ribuan untuk 1 liter dan Rp250 ribuan untuk 4 liter.

Manakah yang Direkomendasikan untuk Mobil Kamu?

Ternyata Castrol menyediakan oli yang sangat lengkap untuk semua kebutuhan mobil kamu ya. Tetapi jika kamu masih bingung cara memilih oli terbaik untuk mobil kamu, berikut ini adalah tambahan informasinya.

Oli Castrol tersedia dalam tiga pilihan bahan utama pada base oil, yaitu oli sintetis dan oli non sintetis.

1. Pilih berdasarkan base oil-nya

Berdasarkan base oil yang digunakan, oli terbagi menjadi oli sintetis dan full sintetis. Biasanya dibagi pula menjadi tiga, yaitu oli full sintetis, oli semi sintetis, dan oli non sintetis. Oli non sintetis ini disebut juga oli mineral yang bahannya langsung diambil dari minyak bumi sehingga memiliki kekentalan yang tinggi.

Sementara itu oli sintetis dan semi sintetis memiliki karakter yang lebih encer. Oli ini diambil dari hasil terbersih dari minyak bumi yang dipakai pada oli mineral. Selain itu oli sintetis juga biasanya ditambahkan bahan aditif sesuai keinginan, sehingga performanya menjadi lebih baik. Oli ini cocok digunakan pada mobil-mobil modern dengan usia pemakaian yang masih muda.

2. Mana yang lebih baik untuk dipilih?

Jika kamu menggunakan mobil keluaran terbaru, lebih baik gunakan oli full sintetis. Beberapa keunggulan oli full sintetis dari Castrol adalah lebih stabil terhadap perubahan temperatur. 

Kemudian, oli ini dapat mengalir merata dan masuk ke celah mobil baru yang sempit. Keunggulan lainnya adalah oli full sintetis tidak cepat menguap sehingga penggunaan oli akan lebih irit.

Jadi, sudah menemukan oli terbaik untuk mobil kamu?

Yang terpenting, pastikan oli Castrol yang kamu beli orisinal ya. Oleh karena itu, ganti oli hanya di bengkel terpercaya. Salah satu caranya, kamu bisa booking ganti oli melalui Otoklix. Ganti oli di jaringan bengkel yang telah bekerja sama dengan Otoklix dijamin ori dengan harga terbaik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *