Daftar harga mobil termurah di dunia ini bisa OtoFriends jadikan referensi mobil kecil untuk keluarga. Memiliki mobil merupakan impian bagi sebagian orang, terutama yang sudah berkeluarga supaya berkendara lebih nyaman. Apalagi di cuaca terik.

Ini dia 13 mobil termurah di dunia yang dirangkum oleh Otoklix dengan harga di bawah Rp100 juta.

Daftar Mobil Termurah di Dunia

Mobil-mobil di bawah ini tersedia di pasar Indonesia, meskipun beberapa mobil sudah tidak diproduksi untuk pasar Indonesia.

1. Datsun GO (Rp90 juta)

Mobil produk Jepang ini memiliki desain yang compact. Datsun GO diluncurkan pada tahun 2014, menjadi salah satu mobil yang berperan di segmen low cost green car. Mesin mobil Datsun GO berkapasitas 1.198 cc dengan sistem percepatan manual 5 percepatan. Cukup bertenaga dengan harga mobil yang murah. Kabin mobilnya bisa menampung sampai dengan 5 penumpang. OtoFriends bisa mendapat mobil bekasnya dengan harga Rp90 jutaan, sedangkan unit barunya masih di harga Rp102 juta untuk tipe terendah.

2. Daihatsu Ayla (Rp87 juta)

Daihatsu Ayla menjadi pilihan yang menarik, cukup populer dipakai di kalangan anak muda. Mobil ini menggunakan mesin dengan tipe D26F 1KR-DE berkapasitas 998 cc 3 silinder. Mesinnya bisa menghasilkan tenaga 64 Kw saat putarannya 6.000 rpm. Daihatsu Ayla bisa menampung sampai dengan 5 penumpang. Mobil ini bisa didapat dengan harga mulai Rp87 jutaan untuk mobil bekasnya.

3. Dacia Logan (Rp86 juta)

Masyarakat Indonesia mungkin belum mengenal mobil termurah di dunia yang satu ini, yaitu Dacia Logan. Sebab, mobil ini memang laris manis di daerah India, Turki, Iran, Afrika Selatan, dan Rusia. Mobil produksi Rumania ini diluncurkan pada 2004.

Mobil ini punya kapasitas bahan bakar sampai dengan 50 liter. Tersedia dalam pilihan mesin 0.9 L, 1.0 L, dan diesel 1.5 L. Interiornya juga sangat lapang. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp86 jutaan.

4. Fiat Palio (Rp84,4 juta)

Mobil ini punya desain bodi yang supermini. Fiat Palio diproduksi pada 1996 sampai dengan 2017. Meskipun punya bodi yang mini, tetapi cukup memberikan ruang kaki bagi pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga tersedia dalam 3 pilihan mesin 2 gearbox. Pada tahun 2017, Fiat Palio laris manis di Brasil.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil SUV Murah di Indonesia

5. Tata Indica (Rp80 juta)

India memang cukup mengejutkan dengan selalu memproduksi mobil termurah di dunia. Salah satunya adalah Tata Indica yang dijual sekitar Rp80 jutaan. Mobil yang diproduksi pada 1998 sampai 2018 ini bahkan sukses di Eropa dan Afrika Selatan.

Mobil Tata Indica bisa memuat sampai dengan 5 penumpang. Kapasitas mesin Tata Indica adalah 1396 cc. Ada tiga pilihan warna mobil, yaitu silver, biru, dan putih. Harganya berkisar Rp80 jutaan.

6. Cherry A1 (Rp68 juta)

Cherry bahkan meluncurkan salah satu mobil termurah di dunia dengan harga hanya Rp68 jutaan saja. Mobil ini diproduksi antara 2007 dan 2015 di Cina. Mobil ini menggunakan mesin Acteco SQR473F 1.3 L dengan sistem transmisi otomatis 5 percepatan. Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 61 Kw. Desainnya terlihat modern dengan headlamp yang sudah menggunakan LED. 

Interiornya dilengkapi dengan dashboard yang dilengkapi dengan speedometer dan kondisi bensin. Hanya saja, sebagai salah satu mobil yang berdesain mungil, ruang kaki untuk pengemudi dan penumpang memang tidak terlalu nyaman.

7. Hyundai EON (Rp64 juta)

Ada lagi mobil termurah dari Hyundai EON dengan harga Rp64 jutaan. Kapasitas mesinnya yaitu 800 cc pada versi pertama dan 1.0 L pada versi kedua. Dengan mesin ini, Hyundai EON bisa menghasilkan tenaga maksimal sampai 56 ps pada putaran 5500 rpm. Harga mobil ini masih sekitar Rp64 jutaan.

Baca juga: Mobil Murah yang Ada Sunroof, Harga Mulai Rp100 Jutaan

8. Chery QQ4 (Rp63,8 juta)

Varian mobil termurah di dunia lainnya dari Chery adalah Cherry QQ4. Cherry QQ4 punya kapasitas mesin 1083 cc yang bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 67 dk pada 6000 rpm. Dimensinya mungil, hanya sekitar 3.585 mm x 1.508 mm x 1.488 mm. Mobil ini diklaim irit bahan bakar dan cukup nyaman dikendarai. Harganya sekitar Rp63,8 jutaan.

9. Geely Panda (Rp56 juta)

Namanya identik dengan ciri khas negara pembuatnya, yaitu Cina. Desainnya imut dan feminin serta tampilan depannya dibuat seperti wajah Panda. Geely Panda mulai beredar pada 2010. Kabinnya bisa memuat sampai dengan 5 penumpang dewasa. Menariknya, jok bisa dilipat dan jok belakangnya bahkan bisa di-split.

Selain itu, sudah ada airbag pada bagian kemudi dan penumpang depan. Sistem hiburannya juga sudah menggunakan USB serta CD Player. Melihat dapur pacu, mesin mobil ini berkapasitas 1.342 cc, cukup besar untuk sekelas mobil termurah di dunia. Unit barunya memang masih di atas Rp90 jutaan, tetapi harga bekasnya mulai dari Rp56 jutaan.

10. Maruti Suzuki Alto 800 (Rp54 juta)

Salah satu mobil termurah di dunia adalah Suzuki Alto 800 dengan harga Rp54 jutaan. Mobil ini diproduksi sejak tahun 1983 sampai dengan 2014. Mobil ini menjadi salah satu mobil paling populer di India, bahkan terlaris nomor satu di Pakistan selama bertahun-tahun. Mobil hatchback empat pintu ini cocok digunakan berkendara di dalam kota.

Mesinnya memang tidak terlalu besar, yaitu hanya 796 cc saja dan tenaga yang dihasilkan mencapai 48 PS. Tersedia warna yang tergolong modern, misalnya hijau muda. Tidak heran, mobil ini jadi favorit karena cukup nyaman dan harganya murah.

11. Renault Kwid (Rp52 juta)

Mobil paling murah di Indonesia selanjutnya adalah Renault Kwid. Mesin yang disematkan pada mobil ini adalah berkapasitas 799 cc. Renault Kwid diluncurkan sebelum Datsun Redi Go dengan harga rilisnya yang sangat murah, yaitu Rp52 jutaan.

Penggunaan bahan bakarnya terbilang irit. Satu liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 25 km. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 54 PS dengan torsi mencapai 74 Nm. Ada beberapa pilihan warna pada mobil ini, yaitu merah, putih, dan biru.

Baca juga: Rekomendasi 13 City Car Murah, Harga di Bawah Rp100 Jutaan

12. Datsun Redi Go (Rp46 juta)

Ini dia salah satu mobil termurah di Indonesia di bawah Rp50 juta, yaitu Datsun Redi Go. Mobil ini bersaing dengan Renault Kwid. Tampilannya terlihat sporty dengan harga per unit mulai dari Rp46 jutaan saja.

Kalau dilihat dari luar, dimensi mobil ini terbilang cukup minim, tetapi ternyata bagian kabinnya cukup luas. Mesin yang dipakai pada Datsun Redi Go berkapasitas 800 cc, dioperasikan bersama sistem transmisi manual. Beberapa fitur pada mobil ini adalah AC, FM Radio, sampai dengan power window. Tersedia lima pilihan warna, yaitu putih, merah, silver, hijau, dan abu-abu.

13. Tata Nano (Rp26 juta)

Mobil termurah di dunia disandang oleh Tata Nano. Harga mobil ini bahkan bersaing dengan sepeda motor. Harganya berkisar Rp26 juta sampai Rp28 jutaan saja untuk tipe terendah. Namun, OtoFriends akan mendapatkan fitur yang setimpal, yaitu kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, hanya 624 cc. 

Akan tetapi, dengan kapasitas mesin yang kecil, Tata Nano masih bisa berlari sampai 105 km/jam. Konsumsi bensinnya tergolong irit, yaitu 23,5 km/liter. Meskipun cukup nyaman untuk orang dewasa, tetapi mobil ini hanya bisa memuat empat orang dewasa. Di tipe terendahnya juga belum tersedia fitur AC.

Demikian artikel tentang 13 mobil termurah di dunia mulai dari harga Rp20 jutaan saja. Jadi, sudah mengincar yang mana?

Servis rutin mobil untuk menjaga performanya. Pastikan oli, aki, rem, bahkan AC dalam keadaan yang prima. Semua layanan perawatan mobil bisa dilakukan dengan cara booking bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Termurah di Dunia :


Berdasarkan informasi yang didapat Otoklix, mobil termurah di dunia yang menggunakan mesin konvensional adalah Tata Nano, mobil produksi India yang dijual dengan harga mulai Rp26 jutaan.


Berbeda dengan Tata Nano yang menggunakan mesin konvensional, mobil listrik paling murah di dunia dipegang oleh Changli Nemeca. Harganya hanya Rp14 jutaan saja. Fiturnya sudah ada AC, pemanas, radio, bahkan kamera mundur. Akan tetapi, mobil ini hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimal 30 km/jam dengan kapasitas penumpang hanya dua orang.


Jika punya budget terbatas, OtoFriends bahkan masih bisa membeli mobil dengan harga di bawah Rp50 jutaan. Beberapa di antaranya yang masih mumpuni adalah Toyota Starlet, Toyota Corolla DX, dan Honda Accord Prestige.