Mobil Nissan Terra resmi diluncurkan pada tahun 2018 lalu di ajang GIIAS. Dibangun dari chasis ladder frame menjadikannya sebagai dimensi terbesar di kelasnya.

Terra sendiri sebenarnya hadir sebagai jawaban dari permintaan pasar Asia Tenggara. Bisa dikatakan kalau Nissan Terra termasuk versi SUV dari Nissannya yang mempunyai pickup double cabin.

Harga Terbaru Nissan Terra 2022

Nissan terra memang dibanderol dengan harga lebih tinggi lantaran mempunyai spesifikasi yang sangat lengkap dan tidak main-main.

Untuk varian terendah di Nissan Terra saja seperti Terra 2.5L E AT 4×2 dibanderol Rp 478,9 juta. Lalu untuk tiga transmisi otomatis lainya seperti Terra 2.5L E AT 4×2 dibanderol Rp 505,5 juta, Terra 2.5L VE AT 4×2 Rp 537,1 juta, dan Terra 2.5L VL AT 4×4 Rp 680,8 juta.

Spesifikasi Mobil Nissan Terra 2022

Dengan harganya yang cukup tinggi, kira-kira seperti apakah spesifikasi mobil nissan terra ini? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

  1. Varian Mobil Nissan Terra

Tersedia 4 varian yang ditawarkan oleh Mobil Nissan Terra dengan perbedaan terletak pada transmisi dan penggerak rodanya.

Varian terendahnya yaitu 2.5L E M/T 4×2 dengan transmisi manual. Sedangkan, tiga varian lainnya adalah Terra 2.5 L E AT 4×2, Terra 2.5 L VE AT 4×2, dan Terra 2.5L V L AT 4×4.] dengan transmisi otomatis.

  1. Mesin Mobil Nissan Terra

Mobil nissan terra mengusung mesin diesel 4 silinder yang disertai kubikasi 2488 cc. Untuk tenaga yang dihasilkan yaitu sampai 190 Ps per 3600 rpm dengan torsinya 450 Nm/ 2000 rpm.

Sementara itu, pasokan bahan bakarnya didukung oleh CRDI, Common Rail Diesel Injection. Sehingga, mobil mengonsumsi bahan bakar lebih efisien dan efektif.

  1. Fitur Tersedia Mobil Nissan Terra

Sebagai mobil SUV, terra mempunyai fitur khas mobil offroad. Contohnya Hill Start Assist, fitur bantuan untuk mendaki bukit.

Ada pula fitur Hill Descent Control sebagai pengendali turun bukit. Lalu fitur 4WD More Switch.

Lalu, di bagian kaki-kaki juga mengusung suspensi Double Wishbone with Stabilizer pada bagian depan. Sedangkan pada suspensi bagian belakangnya didukung multi-link with stabilizer.

  1. Interior Mobil Nissan Terra

Area kabin mobil nissan cukup luas dan bisa mengangkut hingga 7 orang penumpang sekaligus. 

Tersedia peranti hiburan utama juga yang telah dibekali head unit 2DIN dengan touchscreen yang telah mendukung radio AM/FM, remote control, HDMI, DVD Player, MP3, serta sistem navigasi.

Setelah itu, pada baris 2–3 ada LCD monitor 10 inch yang tergantung pada bagian atap agar penumpang juga bisa menikmat video dan film lebih dekat.

  1. Eksterior Mobil Nissan Terra

Dari segi eksteriornya , desain Nissan cukup ikonik dengan adanya lekukan di bagian muka dan kap depan karena mengadopsi gaya macho ala Navara.

Lalu, nissan terra juga dipercantik dengan adanya beberapa ornamen seperti flared lender. Garis bodinya juga dibuat cukup tegas yang disertai ornamen krom pada bagian handle door dan ini membuatnya sangat elegan. Dimensi panjang mobil ini 4.885 mm, tinggi 1.835 mm, dan lebar 1.865 mm. 

Kelebihan Nissan Terra Tahun 2022

Dari segi desain, Nissan memang tak pernah kalah, yang mana tampil lebih gagah dan tangguh di setiap sisinya. Apalagi adanya garis bodi yang sangat khas semakin membuat desain eksteriornya tampil lebih unggul.

Bukan hanya tampilannya saja yang gagah, melainkan nissan terra telah dibekali dengan performa tinggi yang disalurkan dari dua pilihan transmisi yaitu manual 6-percepatan dan otomatis.

Selanjutnya, ciri khas produk Nissan sendiri yaitu mengutamakan kenyamanan konsumen. Sehingga di sediakanlah fitur sederhana pelipatan bangku belakang dengan tombol pada area pengemudi.

Juga, fitur keselamatan seperti cruise control dan vehicle stability control telah tersedia. Tentu saja ini lebih menjamin keselamatanmu selama berkendara.

Baca juga: Pengendara Harus tahu! Ini Cara Mengatasi Mobil Overheat

Kekurangan Nissan Terra 

Mobil nissan terra mempunyai fitur modern yang bekerja dengan sistem otomatis dan elektrik. Namun, sayangnya, terkadang fitur tersebut cenderung beroperasi lambat. 

Akibatnya, pengemudi pun terpaksa harus beradaptasi dengan fitur elektronik pada SUV ini. Sebagai pengemudi, pun harus tahu cara mengatasi kondisi tersebut supaya mobil tidak mengalami insiden. Contoh insiden yang dimaksud seperti, hill descent assist nya tidak bekerja dengan baik.

Di samping itu, struktur rangka ladder frame dan karakter suspensi yang keras memang dapat meminimalisir gejala body roll pada medan offroad, tetapi kondisi ini sebenarnya juga berpotensi membuat bantingan suspensi mobil yang keras tadi saat berjalan menjadi lebih lambat. 

Alhasil, membuat penumpang atau pengemudi jadi tidak nyaman duduk. Apalagi untuk busa jok nya juga kurang tebal. Sehingga kenyamanan penduduk cukup terganggu.

Pajak Nissan Terra

Tahukah kamu berapa pajak tahunan yang harus dibayarkan untuk 1 unit mobil nissan terra ini? Nah, berdasarkan kalkulator pajak tahunan, biaya pajak untuk nissan terra di tahun pertama sekitar Rp 9-10 jutaan.

Tentu saja, biaya pajak kendaraan harus dibayar tepat waktu agar kamu tidak dikenakan denda pajak dan membuat biayanya jadi semakin tinggi.

Selain membayar pajak, agar kamu tidak dibebankan dengan biaya mobil lainnya, maka rutinlah melakukan perawatan mobil nissan terra di bengkel terdekat. Simak tips perawatan mobil yang benar di blog otomotif.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan Terra

Nissan Terra 2021 – 2022 ditawarkan dalam 4 varian – mulai Rp 478,9 Juta hingga Rp 680,8 Juta, varian entry levelnya yaitu Nissan Terra 2.5L 4×2 MT Rp 478,9 Juta dan varian tertinggi Nissan Terra yaitu Nissan Terra 2.5L 4×4 VL AT ditawarkan dengan harga Rp 680,8 Juta.

Dalam gelaran GIIAS 2022, Nissan memperkenalkan Terra terbaru untuk diperlihatkan ke konsumen. Lawan dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini belum dijual di Indonesia. Namun dipastikan akan hadir pada awal tahun 2023 untuk konsumen.

Nissan Terra tersedia dalam pilihan mesin Diesel di Indonesia SUV baru dari Nissan hadir dalam 8 varian. Bicara soal spesifikasi mesin Nissan Terra, ini ditenagai dua pilihan mesin Diesel berkapasitas 2488 cc. Terra tersedia dengan transmisi Manual and Otomatis tergantung variannya.