Pemilihan kendaraan yang tepat, tentu saja akan memberikan banyak sekali efek positif di kemudian hari. Nah, bagi yang masih bingung, maka bisa menjadikan Kia Carens sebagai pilihan yang tepat. Pasalnya, harga Kia Carens bekas juga terbilang murah dengan fitur yang mumpuni.

Seperti yang telah diketahui, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini telah meluncurkan model Carens sejak awal 2000 lalu. Dan sampai saat ini, sudah ada 4 generasi Kia Carens yang banyak beredar dan digunakan masyarakat Indonesia.

Nah, bagi OtoFriends yang ingin membeli Kia Carens baru tapi tidak memiliki budget yang cukup, maka tidak perlu khawatir. Karena harga Kia Carens bekas ternyata cukup bersahabat, dengan kualitas tidak kalah dengan mobil Jepang.

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Kia, Kelebihan dan Kekurangannya

Alasan membeli Kia Carens

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Kia Carens bekas, ada baiknya mengetahui beberapa alasannya berikut ini mengapa Kia Carens bekas masih layak untuk dibeli.

1. Cocok untuk segala umur

Pada awalnya banyak yang mengira jika mobil ini tidak punya ruang kabin yang lapang serta bangku belakang yang dikhususkan untuk anak-anak saja. Namun, ternyata Kia Carens hadir dengan membawa 7 kursi penumpang yang bisa digunakan oleh segala umur dengan ruang kabin yang luas. Walaupun jika dilihat sekilas mobil ini lebih kecil dibanding MPV sejenis.

2. Desain sporty yang khas

Berikutnya dari segi desain, untuk seri Kia Carens ini membawa desain bergaya sporty khas Eropa. Pada bagian radiator grille-nya mengusung model Tiger Nose, model bumper dan headlight yang terlihat lebih stylish dan modern. Memang untuk generasi pertama kurang menarik, tetapi model facelift dan generasi berikutnya memiliki eksterior yang menarik.

3. Ruang penyimpan yang lebih lapang

Terdapat banyak sekali ruang penyimpanan tambahan, baik itu di bagian depan, tengah, maupun belakang. Jadi mobil ini benar-benar cocok digunakan untuk membawa banyak barang, terutama saat perjalanan jauh.

4. Interior yang lebih fleksibel

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, interior dari mobil Kia Carens juga terasa lebih fleksibel. Khususnya saat ingin membawa banyak barang dengan ukuran yang besar. Anda bisa melipat bangku belakang untuk memberikan ruang lebih untuk menaruh barang bawaan. Kursi belakang bisa dilipat rata dengan lantai, sehingga bisa muat lebih banyak barang.

5. Fitur lengkap

Carens generasi pertama yang masuk Indonesia saat itu sudah menggunakan independent suspension, kenyamanannya sekelas mobil sedan. Fitur lain yang dimiliki seperti power steering, power windows, sistem pengereman ABS, dual airbag, rem cakram semua roda dan lainnya.

Baca juga: Nggak Kalah dari Merek Jepang, Ini Daftar Mobil Korea Paling Laris di Indonesia

Interior dan Eksterior Kia Carens

Kia Carens generasi pertama masuk ke Indonesia tahun 2000 secara CBU. Interior dilengkapi dengan lampu baca, konsol penyimpanan yang luas, kabin lega dan tersedianya cup holder. Bangku tengah bisa dilipat menjadi meja. Pada kursi baris ketiga memiliki ruang kaki yang sempit, lebih cocok untuk anak-anak.

Kia Carens generasi pertama saat itu banyak dipakai menjadi mobil polisi.Kia melakukan facelift untuk menghilangkan image sebagai mobil polisi. Tampilan eksteriornya yang kurang menarik membuat mobil ini hanya mampu bertahan selama dua tahun.

Kia Carens facelift diluncurkan pada tahun 2003, hadir dengan tampilan baru yang lebih segar. Tampilannya lebih bernuansa modern serta sporty. Grill depan menggunakan krom dengan desain bumper baru. Head unit sudah menggunakan double din dan peredaman kabin yang lebih baik.

Mesin Kia Carens

Kia Carens generasi pertama merupakan mobil CBU langsung dari Korea Selatan. Saat itu hanya tersedia tipe LS dengan mesin 1.800 cc DOHC 16 valve dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 122 HP pada 6.000 rpm dan torsi 163 Nm.

Kia Carens dua merupakan facelift dari generasi pertama, mesin yang digunakan sama. Tenaga yang dihasilkan mengalami kenaikan menjadi 126 HP dengan torsi 168 Nm. Kia Carens generasi kedua ini sudah dibuat di Indonesia dengan status CKD (Completely Knock Down).

Kia Carens generasi kedua tidak masuk ke Indonesia, secara tampilan mirip dengan Kia Carens generasi pertama sebelum facelift. Kia Carens generasi 3 hadir pada tahun 2013 dengan mesin 1.800 cc DOHC 16 valve dengan manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Kelebihan Kia Carens

Banyak orang yang menyarankan untuk membeli mobil Kia Carens bekas daripada merek-merek yang lain, tentu saja bukan karena tanpa alasan. Hal ini karena mobil tersebut memiliki beberapa kelebihan, seperti yang ada di bawah ini.

1. Fitur yang lengkap dan modern

Bicara tentang kelengkapan fitur, rasanya Kia Carens memilih kelebihan dibandingkan para pesaingnya. Beberapa di antaranya seperti adanya airbag, ventilated front seat, engine remote start, rem ABS, cakram di semua roda dan lainnya.

2. Suspensi yang empuk

Kia Carens memiliki kelebihan suspensi yang nyaman karena menggunakan teknologi independent suspension. Teknologi ini biasanya ada pada mobil sedan, tetapi Kia menggunakan teknologi ini untuk MPV 3 baris mereka.

3. Harga yang kompetitif

Dapat dikatakan jika harga dari all new Kia Carens bekas maupun baru itu sangat kompetitif. Jika dibandingkan dengan kompetitor di harga yang sama, pabrikan asal Korea Selatan ini mampu menawarkan fitur dan kelebihan yang lebih menggiurkan.

4. Handling serasa sedan

Karena menggunakan kaki-kaki serupa dengan sedan, handling Kia Carens ini sangat nyaman seperti mengemudikan sedan. Hal ini tidak bisa dirasakan oleh MPV lain, terutama mobil buatan Jepang.

Penyakit Kia Carens

Sebenarnya tidak ada ‘penyakit’ khusus bawaan untuk mobil yang satu ini. Ya, setiap baik tidaknya sebuah kendaraan itu, memang tergantung bagaimana pemilik merawat dan menggunakannya. Namun menurut beberapa pengguna, beberapa penyakit yang sering terjadi, seperti halnya berikut:

  • Penggunaan bahan bakar harus yang beroktan tinggi.
  • Bagian injector yang terkadang kurang balance.
  • Dynamo starter yang harus sering di-service, agar tidak susah dinyalakan.
  • Mesin yang terasa kurang bertenaga.
  • Suara mesin yang tidak bisa benar-benar halus.

Baca juga: All New Kia Carens 2022 Resmi Meluncur, Segini Harganya

Harga Kia Carens Bekas

Harga bekas Kia Carens generasi pertama bisa kamu dapatkan mulai dari 35-50 jutaan, tergantung kondisi mobil. Untuk Kia Carens facelift bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 50-80 jutaan, tergantung kondisi mobil. Untuk Carens generasi ketiga, yang meluncur tahun 2013, harga bekasnya mulai dari 130 jutaan.

Pastikan sebelum membeli mobil Kia Carens bekas untuk memastikan kondisi mobil tidak ada PR. Pastikan pemilik sebelumnya melakukan service rutin dan ganti oli rutin. Agar lebih jelas kamu bisa membawa ke bengkel terpercaya untuk mengecek kondisi mobil apakah bagus atau tidak. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik hanya dari smartphone. Yuk coba sekarang!

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Konsumsi BBM Kia Carens berada di angka 10-12 km/liter.

Kia Carens 2001 menggunakan mesin 1.800 cc DOHC 16 valve dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 122 HP pada 6.000 rpm dan torsi 163 Nm.

Kia Carens dijual mulai harga Rp 389 juta untuk varian terendah.