Mobil Esemka sempat mengejutkan pasar otomotif Indonesia. Bagaimana tidak, kendaraan roda empat asal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ini digadang-gadang akan menjadi mobil nasional yang akan melejit di negara kita.

Selain itu, Mobil Esemka juga merupakan karya dari para murid-murid SMK yang ada di Pulau Jawa. Tak heran jika mobil ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat luas.

Kemudian untuk memuluskan keinginan masyarakat untuk memiliki Mobil Esemka, Presiden Joko Widodo meresmikan Esemka Bima dan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada 2021.

Akan tetapi, tahu kan OtoFriends bahsa Esemka belum banyak memproduksi jenis untuk dipasarkan. Sebab, hingga saat ini mereka lebih banyak membuat mobil jenis SUV.

Satu diantaranya adalah Esemka Bima. Nah untuk masalah harga jual mobil nasional ini dibanderol kurang dari 100 juta rupiah saja. Selain itu masih ada beberapa jenis mobil yang mereka keluarkan.

Lantas mobil apa saja yang telah mereka produksi ? berikut Otoklix telah merangkumnya dalam artikel ini. Silahkan disimak.

Esemka Rajawali R2

Untuk varian pertama mobil Esemka ada Rajawali R2. Mobil di kabarnya memiliki banderol harga 140 jutaan. Secara sepintas tampilan mobil ini mirip dengan mobil Toyota Hiace.

Baca Juga: Deretan Mobil Buatan Indonesia, Mesin Mampu Bersaing

Namun, soal performa tentunya mobil Esemka Rajawali R2 masih berada cukup jauh dibawahnya namun bukan berarti mobil dalam negeri yang satu ini tidak bisa diandalkan, bagi kalian yang memiliki usaha di bidang transportasi, mobil Esemka Rajawali R2 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah armada.

Mobil bertipe SUV ini dibekali mesin 1500cc Multi Point 4 silinder, menghasilkan tenaga 105 Hp pada 5.500Rpm dan Torsi sebesar 145 Nm pada angka 4.100Rpm dengan transmisi manual 5 speed.

Esemka Digdaya 1

Mobil Esemka Digdaya 1 bisa menjadi kendaraan keluarga,  pasalnya pada bagian interior mobil Esemka Digdaya 1 memiliki dua buah kabin yang berarti mobil ini bisa menampung 3 – 4 orang penumpang termasuk supir.

Selain itu pada bagian juga terdapat pick up yang bisa kalian alokasikan sebagai tempat barang-barang, seperti koper, sepeda, atau yang lainnya. Kemudian dengan harga mobil Esemka Digdaya yang relatif murah, mobil ini juga telah dibekali dengan sektor pacu yang cukup mumpuni sehingga kualitas performa yang dihasilkan juga tidak bisa kita pandang sebelah mata.

Unit Esemka Digdaya ini dikabarkan memakai mesin Diesel dengan kapasitas 2000 cc 4×2 yang mampu memuntahkan tenaga 134 Hp pada 4.000Rpm dan Torsi sebesar 300 Nm di angka 2.000 Rpm dengan transmisi manual 5 speed.

Selain itu terdapat fitur keselamatan pada mobil ini seperti ABS, EBD. Harga mobil tersebut diperkirakan di jual Rp 200-300 jutaan.

Esemka Bima 1.3L

Mobil ini bisa menjadi alternatif yang pas bagi kalian yang memiliki usaha di bidang jasa pengiriman barang atau perdagangan. Pasalnya mobil jenis pickup ini tentunya mampu memuat barang cukup banyak.

Disamping itu desain tampilan yang dimiliki Esemka Bima juga sangat minimalis, sedangkan untuk sektor pacunya Esemka mempercayakan mesin berkapasitas 1.3 liter yang diklaim cukup mampu untuk membawa banyak muatan tanpa mengalami masalah. Untuk harga mobil Esemka Bima dibanderol kisaran 60 – 75 juta rupiah.

Esemka Borneo

Esemka Borneo merupakan sebuah mobil dengan tipe minibus. Mobil ini dibekali mesin Diesel. Mobil ini bila dipasarkan di Indonesia, memiliki harga dibawah Rp 300 juta.

Dimensi body yang panjang dan lebar membuat mobil tersebut layak digunakan sebagai mobil travel atau pariwisata yang bisa mengangkut banyak penumpang.

Esemka Garuda 2.0

Esemka Garuda 2.0 merupakan mobil yang paling ditunggu kehadiran nya untuk dipasarkan di tanah air. Hal itu disebabkan Esemka Garuda 2.0 dibuat untuk bersaing melawan pabrikan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport dengan harga yang lebih terjangkau pastinya.

Menurut rumorn, mobil ini akan memakai mesin diesel dengan kapasitas 2000cc. Esemka Garuda 2.0 diperkirakan akan dipasarkan dengan harga Rp 268 jutaan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mobil Eropa Murah untuk Anak Muda

Esemka Niaga 1.0

Esemka Niaga yang merupakan mobil pick up bermesin 1.0 Liter. Sesuai namanya, mobil tersebut dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan niaga masyarakat Indonesia dalam mengangkut barang ataupun mendistribusikan barang.

Mobil bertipe pick up ini memiliki model yang berbeda dengan Esemka Bima. Memiliki mesin dengan kapasitas 1000cc dengan transmisi manual.

Esemka Bima 1.8

Esemka Bima 1.8 merupakan mobil niaga yang memiliki desain yang sama dengan Bima 1.3 dan Bima 1.2.  Hanya saja yang membedakan adalah panjang body dan mesin yang diusungnya.

Mobil ini memakai mesin bensin dengan kapasitas 1800cc 4×2 dengan transmisi manual. Belum diketahui secara pasti harga mobil Bima 1.8. 

Nah itu dia deretan Mobil Esemka yang siap mengaspal di jalanan Indonesia. Untuk OtoFriends yang ingin melakukan service mobil kesayangan nya bisa di Otoklix.

Sebab, melalui website dan aplikasi Otoklix, kalian bisa mencari bengkel hingga tempat perawatan untuk mobil kesayangan kalian.

Pertanyaan Seputar Mobil Esemka di Indonesia

Sampai saat ini, ada 7 jenis mobil merek Esemka di Indonesia.

Terdapat beragam harga mobil Esemka yang beredar di Indonesia.