Mobil hybrid di Indonesia makin diminati oleh pasar otomotif. Meskipun harganya masih tergolong mahal, tetapi kebaruan dan ramah lingkungan jadi salah satu nilai tambah untuk memiliki mobil hybrid.

Mobil hybrid juga dianggap sebagai produk yang sesuai, yaitu sebagai produk transisi sebelum beralih ke era mobil listrik murni. Sebab, tempat pengisian baterai publik di Indonesia memang belum merata.

Apa saja mobil hybrid yang sudah tersedia di Indonesia? Simak pemaparan selengkapnya pada artikel berikut.

Daftar Mobil Hybrid di Indonesia

Ada sederetan mobil hybrid di Indonesia, kebanyakan dari merek-merek ternama yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Harganya mulai dari Rp300 jutaan hingga miliaran rupiah!

1. Toyota Corolla Cross Hybrid – Rp608,4 juta

Toyota Corolla Cross hybrid tercatat sebagai mobil elektrifikasi paling laris dari Toyota setelah Kijang Innova Zenix Hybrid. Mesin yang tersemat pada mobil ini berkode 2ZR-FXE dengan kubikasi 1.798 cc 4 silinder, VVT-i, DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 96 hp. Bantuan motor listrik memberikan tambahan tenaga sebesar 71 hp.

SUV ini mengusung platform TNGA-C yang juga digunakan pada Corolla Altis dan CH-R. Tersedia dua varian dalam Corolla Cross, yaitu mesin bensin dan mesin hybrid.

2. Toyota Corolla Altis Hybrid – Rp593,3 juta

Masih sama seperti saudaranya sesama mobil mewah Toyota, Corolla Altis Hybrid juga dibekali dengan mesin 2ZR-FXE, 4 silinder, 16 valve, DOHC, VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga yang hampir mirip juga dengan Corolla Cross Hybrid, yakni 93,6 hp. Sedangkan tambahan tenaga yang dihasilkan motor listrik P610 HEV transaxle adalah 70,9 hp.

3. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Rp468,6 juta – Rp624,6 juta

Generasi terbaru dari Kijang ini telah diluncurkan di Indonesia pada akhir 2022. Ini juga jadi model elektrifikasi pertama Toyota yang diproduksi di dalam negeri. Tersedia lima tipe pada Innova Zenix Hybrid, yaitu tipe G, V, V Modellista, Q, dan Q Modellista.

Masing-masing harga dari tipe tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tipe G – Rp468,6 juta
  • Tipe V – Rp532,7 juta
  • Tipe V Modellista – Rp542,6 juta
  • Tipe Q – Rp611,7 juta
  • Tipe Q Modellista – Rp621,6 juta

Baca juga: Spesifikasi Toyota Yaris Cross 2023 SUV Medium Hybrid Terbaru

4. Toyota Camry Hybrid, Rp937,4 juta

Ada lagi sedan mewah dan premium dari Toyota yang diluncurkan versi elektrifikasinya. Mobil ini berada di atas Corolla Altis dan mengalami penyegaran pada Oktober 2021. Teknologi hibrida yang dipakai adalah hibrida generasi ke-4. Mobil ini diklaim rendah emisi, lebih efisien, dan harganya terjangkau.

Tampilan eksteriornya tegas dan elegan. Kendati diklaim harganya terjangkau, tetapi harga Toyota Camry Hybrid ini masih lebih mahal di antara mobil hybrid Toyota lainnya.

5. Toyota C-HR Hybrid – Rp583 juta

Mobil hybrid di Indonesia selanjutnya adalah Toyota C-HR Hybrid. Compact SUV ini diperkenalkan pada 2019. Mesin bakar internal dan motor listriknya bekerja bersamaan. Jadi, dalam keadaan apapun, komponen mesin ini bekerja bersamaan untuk mendapatkan efisiensi terbaik.

6. Toyota Yaris Cross – Rp440,6 juta – Rp454,95 juta

Mobil hybrid Toyota diperkuat dengan adanya produk Yaris Cross. Mobil yang identik dengan city car ini dibekali dengan mesin hybrid 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 89,8 hp pada mesin bensinnya, sedangkan motor listriknya bisa menghasilkan tenaga 79,1 hp.

7. Nissan Kicks – Rp519 juta

Nissan Kicks e-Power dirilis pada 2020. Mobil ini dibekali dengan motor listrik berkode EM57 tipe AC3 Synchronous Motor. Sedangkan mesin bensinnya menggunakan HR12 dengan kapasitas 1.200 cc, 3 silinder, DOHC. Tenaga maksimal mobil ini cukup besar, yaitu 127,2 hp dengan torsi 260 Nm.

Mesin pada Nissan Kicks ini tidak berkontribusi untuk menggerakkan roda, tetapi untuk mengisi daya baterai untuk mengaktifkan motor listrik. Alias, mesinnya hanya sebagai genset,s ebagai generator dan inverter. Sehingga, mobil ini menawarkan pengalaman berkendara seperti mobil listrik murni.

Baca juga: Daftar 8 Mobil Hybrid Toyota, Makin Efisien dan Bertenaga

8. Wuling Almaz Hybrid – Rp472 juta

Wuling Almaz juga merupakan salah satu mobil hybrid di Indonesia. Mobil ini memakai mesin dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 2.000 cc. Selain itu dibekali juga dengan motor listrik, baterai lithium, dan juga transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

9. Suzuki Ertiga Hybrid – Rp273,7 juta – Rp295,6 juta

Mobil hybrid di Indonesia berikutnya hadir dari Suzuki. Suzuki Ertiga Hybrid masih menjadi mobil hybrid dengan harga paling terjangkau di Indonesia. Mobil ini diluncurkan pada 2022 lalu. Ertiga Hybrid memakai sumber tenaga dari mesin konvensional yang dikombinasikan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan juga lithium-ion battery.

10. Suzuki XL7 Hybrid – Rp283,9 juta – Rp304,9 juta

Sepertinya Suzuki ingin menjadi brand mobil hybrid di Indonesia dengan harga terjangkau. Mobil ini meluncur pada Juni 2023, masih sangat baru. Dengan harga masih di kisaran Rp300 jutaan, mobil ini telah dibekali dengan mesin K15B 1.462 cc dengan teknologi mild hybrid dengan nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Hampir sama dengan Ertiga Hybrid, mobil ini dibekali dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai litium ion 10 Ah 12 V yang disimpan di bawah jok penumpang depan, sehingga tidak terlalu mengurangi luas area kabin. Tenaga yang dihasilkan tembus 103, 2 hp.

11. Suzuki Grand Vitara – Rp359,4 juta – Rp387,4 juta

Masih dari Suzuki, yaitu Suzuki Grand Vitara yang merupakan salah satu mobil hybrid di Indonesia teranyar. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.500 cc dengan kode K15C Dual Jet. Kemudian, disematkan pula teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Namun, berbeda dari Ertiga dan XL7, Grand Vitara didatangkan dari India. Mungkin itu penyebabnya mobil ini sedikit lebih mahal dari mobil hybrid Suzuki sebelumnya.

Baca juga: Intip Biaya Servis Mobil Hybrid, Lebih Mahal atau Murah?

12. Mitsubishi Outlander PHEV – Rp1,332,7 miliar

Mobil hybrid di Indonesia selanjutnya adalah Mitsubishi Outlander PHEV dengan harga tembus miliaran, yakni Rp1,3 miliar. Mobil ini diluncurkan pada 2019 dan jadi mobil paling mahal dari Mitsubishi untuk mobil penumpang. Meskipun harganya tergolong tinggi, tetapi pada beberapa kesempatan Mitsubishi memberikan potongan harga. Bahkan, potongannya bisa nyaris Rp500 juta!

Itu dia pembahasan tentang mobil hybrid di Indonesia. Meskipun harganya masih tergolong tinggi, tetapi mobil hybrid sudah banyak dijumpai di jalanan kota-kota besar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memang berminat terhadap mobil hybrid.

Salah satu keunggulan dari mobil hybrid juga mobil ini masih bisa diservis di bengkel biasa untuk mengecek mesin konvensionalnya. Sebab, mobil ini masih perlu ganti oli, servis AC, rem, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Otoklix hadir untuk memenuhi kebutuhan servis mobil hybrid. Temukan bengkel Otoklix di beberapa wilayah Jabodetabek. Selain mengecek mesin, bodinya juga perlu dijaga seperti melakukan cuci mobil secara rutin maupun detailing.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil Hybrid di Indonesia


Mobil hybrid memiliki sejumlah keunggulan, seperti efisiensi bahan bakar, ramah lingkungan, dan tenaga yang besar. Namun, salah satu kelemahannya adalah harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil konvensional.


Mobil hybrid adalah mobil yang memakai sistem penggerak dari dua sumber energi, yaitu bahan bakar yang diolah pada mesin pembakaran dan juga listrik dari baterai yang dikelola oleh motor listrik. Kombinasi ini menciptakan efisiensi yang tinggi.


Keunggulan mobil hybrid antara lain adalah emisi gas buang yang rendah, minim getaran dan rendah suara mesin, akselerasi meningkat, dan daya yang lebih maksimal.