City car menjadi pilihan mobilitas di perkotaan, apalagi untuk anak muda dan keluarga kecil. Bentuknya yang mungil bisa bergerak lincah di jalanan perkotaan yang padat. Kalau tidak ingin atau dananya belum mencukupi untuk membeli baru, city car murah ini bisa menjadi pilihan. Tentu dalam kondisi bekas. Simak ulasannya.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Pilihan City Car Murah dan Irit

Seiring perkembangan, city car memiliki banyak pilihan. Ada juga tipe city car medium, misalnya LCGC dengan harga yang lebih terjangkau. Mobil-mobil di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi bagi OtoFriends yang sedang mencari city car murah, beberapa di antaranya di bawah Rp100 juta.

    1. Toyota Agya/ Daihatsu Ayla

    Mobil mungil ini termasuk ke dalam jenis LCGC dan digemari anak muda. Desainnya yang kompak juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Misalnya pada fitur keselamatan sudah ada Dual Airbag SRS, Side Impact Beam, sampai sistem pengereman ABS. 

    Tampilan eksteriornya terlihat agresif. Pilihan warnanya juga beragam. Di sisi lain, pilihan mesinnya tersedia 1.0L dan 1.2L. Konsumsi bahan bakarnya juga irit. Harga bekasnya bisa didapat dengan Rp90 juta – Rp100 juta saja.

    2. Nissan March

    City car murah dibawah 100 juta berikutnya adalah Nissan March tahun 2011 – 2013. Mobil bekasnya bisa didapat dengan harga Rp70 juta – Rp90 juta. Performa mobil ini tidak bisa disepelekan. Selain itu, ruang kabin dan bagasinya juga cukup lega.

    3. Honda City Hatchback

    Honda City memang dikenal sebagai mobil sedan. Tapi, ada pula tipe hatchback-nya. Tampilan eksteriornya sporty dan ruang kabinnya cukup luas serta nyaman. Teknologi yang ada pada mobil ini di antaranya adalah Remote Engine Start dan Hands Free Telephone. Mobil ini juga irit bahan bakar. Sayangnya, dalam kondisi baru, harganya masih cukup tinggi, yaitu Rp275 jutaan. Sedangkan versi bekasnya ada yang dibanderol Rp100 jutaan.

    Baca juga: Pilihan Mobil Mini, Si Gesit Irit untuk Mobilitas Perkotaan

    4. Toyota Yaris

    Toyota Yaris menjadi salah satu city car murah yang minim perawatan. Harga Yaris ‘Bakpao’ atau generasi pertama bisa didapat dengan merogoh kocek sekitar Rp80 juta – Rp100 juta. Kalau ingin ambil generasi kedua, yaitu Yaris ‘Lele’, harganya juga tidak berbeda jauh, yaitu Rp130 juta – Rp150 juta.

    Fitur keselamatan pada Toyota Yaris di antaranya adalah 7 Airbag dan juga teknologi vehicle stability control. Sistem pengeremannya ABS, EBD, dan BA. Desainnya juga terbilang stylish dan modern.

    5. Kia Picanto

    City car murah dengan bentuk unik yang mungil? Pilihannya adalah Kia Picanto. Meskipun mungil, tetapi kabinnya cukup luas. Jadi, orang dengan tinggi badan 170 cm masih cukup nyaman duduk di dalamnya. Mesinnya berkapasitas 1.2 L. Mobil keluaran tahun 2011 – 2013 bisa didapat dengan harga Rp70 juta – Rp80 jutaan.

    6. Honda Brio

    Honda Brio juga salah satu city car yang banyak digemari anak muda. Bodinya yang mungil dan memberikan kesan sporty menjadi daya tarik. Mobil ini dibekali dengan mesin tipe L12B dan kapasitas 1.2L. 

    Fitur-fitur yang disematkan di mobil ini di antaranya adalah rem ABS+EBD dan Airbag. Harga Honda Brio Satya yang termasuk ke dalam segmen LCGC hanya Rp100 juta – Rp120 juta.

    Baca juga: Mengenal Mobil Geely, Ada SUV, Crossover, Sedan dan City Car

    7. Suzuki Baleno

    Desain yang sporty dan modern mampu memikat ketika berkendara di jalanan. Punya interior yang lega dan nyaman. Ada fitur sistem audio 2DIN dan pemanas di bagian AC. Performa mesinnya tidak perlu diragukan. Baleno sudah menggunakan MPI atau Multi Point Injection yang membuatnya irit bahan bakar.

    Ada juga fitur ISOFIX sebagai fitur keselamatan agar mampu meredam benturan ketika terjadi kecelakaan. Harga bekasnya sekitar Rp145 jutaan.

    8. Suzuki Ignis

    Suzuki Ignis memiliki desain yang unik. City car murah ini memberi kesan seperti SUV. mesinnya juga cukup bandel dengan kapasitas 1.197 cc. Kelebihan lainnya adalah irit bahan bakar, ground clearance yang tinggi. Harga bekasnya sekitar Rp100 juta – Rp120 juta.

    9. Suzuki Swift

    Suzuki Swift memiliki bentuk yang menyerupai Mini Cooper. Kapasitas mesinnya cukup besar, yaitu 1.5 L. hal ini menjadikan perfomanya mumpuni. Konsumsi bahan bakar juga terbilang irit, yaitu 1 liter bisa menempuh jarak 32 km. harga city car murah ini untuk kondisi bekas sekitar Rp115 juta – Rp125 juta.

    10. Datsun Go

    Kalau OtoFriends punya bujet yang pas-pasan, Datsun Go bekas bisa menjadi pilihan. Mobil ini termasuk ke segmen LCGC. Harga bekasnya cukup terjangkau, hanya Rp50 – 70 jutaan saja. Dibekali dengan meisn 1.2 L membuat mobil ini memiliki performa yang cukup tangguh.

    Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga Murah, Harganya Rp100 Jutaan

    11. Datsun Cross 

    Masih dari Datsun, varian lainnya sebagai city car murah adalah Datsun Cross. Mobil berjenis crossover ini masuk ke segmen LCGC juga. Ground clearance-nya cukup tinggi, yang membuat mobil ini tidak terlalu mungil. Kapasitas mesinnya sekitar 1.198 cc. Cukup bertenaga untuk mobilitas sehari-hari. Harga bekasnya hanya Rp101 juta – Rp118 juta.

    12. Daihatsu Sirion

    Berikutnya, mobil kecil dan kompak dari Daihatsu adalah Sirion. Kapasitas mesinnya 1.3 L dan memiliki ruang kabin yang luas. Mobil ini lincah untuk menembus jalanan perkotaan yang padat. Mobil ini termasuk city car murah dibawah Rp100 jutaan dengan harga bekas mulai dari Rp70 jutaan.

    13. Honda Jazz

    Pilihan city car murah yang terakhir adalah Honda Jazz. Mobil yang sudah menjadi primadona sejak 2004 silam ini memiliki desain yang sporty. Ruang kabinnya juga luas denganm material berkelas yang digunakan. Fitur-fiturnya juga tergolong lengkap. Mulai dari sistem pengereman ABS + EBD, Dual SRS Airbag, Brake Override System, dan banyak lagi.

    Harga mobil Honda Jazz tahun 2004 mulai dari Rp60 jutaan saja. Murah, bukan?

    Itu dia beberapa pilihan city car murah dibawah 100 juta, meskipun ada yang sedikit di atas Rp100 juta. Mobil-mobil lawas ini perlu diservis secara rutin agar performanya terjaga. 

    Temukan bengkel terdekat dan booking perawatan mobil sekarang juga melalui aplikasi Otoklix. Ada OtoSelect yang merupakan mitra bengkel yang di-support penuh oleh Otoklix dan jaminan spare part orisinal.

    Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.