Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah dilaksanakan di Bali. Ada satu hal menarik bagi dunia otomotif, yaitu mobil Presiden China di KTT G20. Presiden China, Xi Jinping, memilih untuk menggunakan mobil kepresidenannya dibandingkan mobil listrik yang sudah disiapkan Indonesia.

Penasaran bagaimana tampilan eksterior mobil Presiden China di KTT G20 dengan nama Hongqi N701? Simak pembahasannya dan juga daftar mobil presiden lain yang menghadiri KTT G20.

Mobil Mewah Hongqi N701

Spesifikasi mobil mewah Hongqi N701 memang belum dibuka secara luas ke publik alias masih bersifat misterius. Tapi kita bisa menikmati tampilan eksteriornya yang mewah, unik, serta canggih.

Secara umum, seperti mobil presiden lainnya, mobil Presiden China di KTT G20 ini juga memakai bodi berlapis baja dengan kaca anti peluru.

Eksterior Hongqi N701

  • Sisi depan

Mobil berbentuk limosin ini diperkenalkan di China pada bulan Juli 2022. Desainnya cenderung sleek dan discreet. Hanya dari tampilan luarnya saja kita bisa melihat bahwa tampilannya serba mewah. Grill pada bagian depan didesain dengan garis vertikal besar yang tersambung sampai ke lampu depan pipih. Bagian bawah bumper-nya juga terlihat dengan aksen krom memanjang.

Kap bagian depannya tersemat ornamen Hongqi yang berupa bendera merah. Itu juga terlihat pada fender bagian depan. Tampilan ini membuat mobil Presiden China di KTT G20 terlihat unik.

  • Sisi samping

Beralih ke bagian samping, nuansa premium terasa kental dengan banyak penggunaan warna krom, termasuk pada peleknya. Melalui sisi samping ini kita bisa melihat dari jarak sumbu rodanya bahwa bagian penumpang belakang lebih panjang dan besar. Panjangnya mungkin lebih dari 5 meter. L5 saja panjangnya 5,5 meter dengan lebar dua meter. Ukuran N701 dan L5 tidak terlalu jauh berbeda. Handle pintu mobil Presiden China di KTT G20 ini diyakini menggunakan giok mewah.

Baca juga: Mengenal The Beast, Mobil Presiden Amerika Joe Biden di KTT G20

  • Sisi belakang

Warna krom masih digunakan sampai buritan, lampu belakang, sampai bumper. Sepasang knalpot berbentuk trapesium terpasang dan terdapat antena sirip hiu di atapnya. 

Kombinasi desain ini mengingatkan kepada campuran Toyota Century, Mercedes-Benz, dan Rolls Royce. Mobil ini kental dengan desain-desain mobil Inggris karena memang desainernya berasal dari Inggris. 

Sebab, sejak September 2018, mantan desainer Rolls Royce resmi menjadi Global Vice President of Design and Chief Creative Officer (CCO) bagi brand Hongqi. Mulai dari sedang Hongqi H9 ampai dengan SUV Hongqi E-HS9.

Prediksi mesin yang disematkan

Meskipun belum ada pernyataan resmi tentang mesin yang disematkan kepada Hongqi, tetapi kemungkinan mobil ini menggunakan mesin yang sangat. Kemungkinan menggunakan mesin konfigurasi V8 atau V12. Dengan mesin ini, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 350 hp.

Harga Hongqi N701

Dengan desas-desus bahwa mobil ini hanya akan diproduksi 50 unit sepanjang 10 tahun, tidak heran harganya juga tidak main-main. Apalagi dengan adanya fitur keselamatan dan keamanan yang lebih mumpuni. Harga mobil Hongqi N701 ditaksir mencapai paling tidak sekitar Rp12 miliar.

Baca juga: Mobil Presiden Indonesia dari Era Bung Karno hingga Jokowi

Daftar Mobil Presiden Lain di KTT G20 Bali

Beralih dari pembahasan mobil Presiden China di KTT G20, sekarang kita akan membahas mobil-mobil lain yang digunakan presiden pada KTT G20 ini. Mulai dari The Beast sampai Genesis Electrified G80.

1. The Beast

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, menggunakan mobil kepresidenannya yang dijuluki The Beast. Mobil ini berjenis limosin berukuran besar. Mobil ini tampak seperti mobil penumpang, tetapi sebenarnya menggunakan sasis truk GMC Top Kick atas permintaan dari Secret Service.

Berat The Beast dengan kode Stagecoach ini beratnya sekitar 9 ton. Mobil ini berat karena adanya berbagai perlindungan. Kacanya saja memiliki tebal 5 inci, ada pula plat anti bom pada bagian lantai. Selain itu, ada pula pasokan oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. 

2. Mercedes-Benz G-Guard

Mercedes-Benz G-Guard digunakan oleh Presiden Prancis, yaitu Emmanuel Macron. Tampaknya, selera presiden satu ini agak berbeda dengan presiden negara lain yang memilih menggunakan sedan atau limosin. Alih-alih menggunakan sedan atau limosin, Emmanuel Macron memiliki SUV anti peluru dari Mercedes-Benz G-Guard.

SUV kelas berat ini punya perlindungan kelas VR7 dan dibekali dengan mesin V8 5.500 cc. Mobil ini tentu punya kemampuan offroad, seperti SUV pada umumnya.

Baca juga: Daftar 11 Mobil KTT G20 Lengkap dengan Spesifikasinya

3. Mercedes-Maybach S600 Guard

Sepertinya Mercedes-Maybach S600 Guard sudah tidak asing digunakan oleh pemimpin negara di dunia. Mobil ini digunakan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan sebagai perlindungan di jalan. Mobil ini sudah punya sertifikat perlindungan balistik tertinggi dengan level VR10.

4. Audi A8L Security

Sementara itu, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan tiba di Indonesia dengan menggunakan mobil anti peluru dari Audi A8L. Mobil produksi Jerman ini bisa tahan terhadap serangan tembakan bidik, granat tangan, dan senjata otomatis. ban nya juga dirancang secara khusus. Sekalipun tidak ada tekanan udara, mobil ini masih bisa melarikan diri dari situasi berbahaya.

5. Toyota Land Cruiser GXR

Ternyata tidak hanya mobil-mobil Eropa, ada pula mobil Jepang yang digunakan oleh salah satu presiden yang menghadiri KTT G20. Yaitu, Toyota Land Cruiser GXR yang digunakan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan juga Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak. SUV ini menggunakan mesin bensin 5.700 cc. Terdapat perlindungan antipeluru pada bodi, kaca serta tangki bahan bakarnya.

6. Genesis Electrified G80

Terakhir adalah Genesis Electrified G80, sedan mewah yang digunakan beberapa presiden. Mobil ini memang sudah disediakan khusus oleh pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan Hyundai Motors Indonesia. Mobil ini memang tidak antipeluru, tetapi sudah diproduksi khusus di Korea Selatan dengan logo KTT G20.

Beberapa petinggi yang menggunakan mobil ini adalah Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen serta Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco França.

Nah, itu dia pembahasan tentang mobil Presiden China di KTT G20 serta mobil-mobil lain yang digunakan oleh petinggi negara pada KTT G20. Apa OtoFriends tidak sabar untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari mobil Presiden China di KTT G20, Hongqi N701?

Sebagai tambahan informasi, Otoklix punya 2.000+ bengkel umum yang tersebar di Jabodetabek. Berbagai promo menarik juga ditawarkan, di antaranya adalah harga khusus untuk ganti oli. Cek aplikasinya sekarang!

Pertanyaan Seputar Mobil Presiden China di KTT G20

Mobil yang digunakan oleh Presiden Amerika, Joe Biden, pada KTT G20 dijuluki dengan The Beast. Mobil ini sebenarnya adalah Cadillac One dengan harga ditaksir Rp21,9 miliar.

Genesis Electrified G80 adalah salah satu mobil listrik yang disediakan oleh pemerintah Indonesia sebagai kendaraan bagi petinggi-petinggi yang datang pada KTT G20. Selain Genesis, ada pula mobil listrik lainnya seperti Hyundai Ioniq 5, Wuling Air Ev, Lexus UX300e, serta Toyota bZ4X.

Belum pasti berapa harga mobil Hongqi N701 ini, tetapi ditaksir sekitar USD$750 ribu atau sekitar Rp12 miliar