Mobil presiden Indonesia merupakan mobil dinas resmi yang digunakan oleh Presiden Republik Indonesia. Mobil tersebut digunakan untuk kegiatan resmi, menyambut tamu negara, dan sebagainya.

Indonesia telah dipimpin tujuh presiden sejak merdeka pada 17 Agustus 1945. Dari masa ke masa, mobil presiden terus mengalami pembaruan. Seperti apa? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mobil Presiden Indonesia dari masa ke masa

Presiden Soekarno

Di era Presiden Soekarno, negara memberikan fasilitas mobil buatan Amerika Serikat bernama Buick-8. Mobil tipe Limited-8 tersebut dibuat pada 1939. Pada zamannya, mobil tersebut cukup tangguh dengan mesin 5.247 cc.

Di balik ketangguhannya, ada kisah menarik terkait mobil kepresidenan Indonesia tersebut. Mobil Buick-8 ternyata tidak dibeli oleh negara. Mobil Buick-8 tersebut ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan (saat ini disebut kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut) di masa pendudukan Jepang tahun 1945.

Selama masa pemerintahannya, Presiden Soekarno mendapatkan fasilitas mobil dinas presiden Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio), hingga Chrysler Imperial. Mobil bersejarah Buick-8 saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta.

Presiden Soeharto

Presiden Soeharto menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz 500SEL. Mobil dinas presiden tersebut memiliki keamanan tingkat tinggi. Tidak hanya itu, Mercedes-Benz 500SEL dilengkapi kaca anti peluru. Bagian bodi mobil dilapisi baja dan platina hitam. Dengan demikian, mobil presiden Soeharto tahan dari serangan mortir dan guncangan.

Mercedes-Benz 500SEL memiliki mesin M117.963 delapan silinder dengan kapasitas 5 liter. Kecepatannya mencapai 220 km/jam. Pada 1994, Presiden Soeharto lantas mengganti mobil kepresidenan menjadi Mercedes-Benz S600.

Baca Juga: Kupas Canggihnya Mobil Presiden Jokowi, Tahan Segala Ancaman

BJ Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Megawati

Pasca Presiden Soeharto lengser pada 21 Mei 1998, mobil Mercedes-Benz S600 menjadi warisan bagi presiden-presiden setelahnya. Sebut saja Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999), Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (1999-2001), dan Megawati Soekarnoputri (2001-2004).

Mercedes-Benz S600 juga digunakan pada awal kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Meskipun mobil warisan yang sudah digunakan cukup lama, mobil tersebut tergolong sangat canggih. Selain dilengkapi kaca dan body anti peluru, Mercedes-Benz S600 juga tahan dari serangan mortir atau granat.  

Presiden SBY

Setelah mencicipi Mercedes-Benz S600, mobil dinas presiden era Presiden SBY berganti Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil tersebut memiliki lisensi perlindungan B6/B7, yakni standar proteksi keamanan tertinggi dari mobil kenegaraan.

Mercy S600 Pullman Guard sangat canggih karena mampu menahan tembakan senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. Tidak hanya itu, body dan kacanya juga antipeluru. Apabila mobil mengalami kempes atau bocor, mobil tersebut masih bisa berjalan hingga 60 kilometer.

Mobil Mercy S600 Pullman Guard dilengkapi sistem pemadam kebakaran. Ketika ada ancaman, sistem tersebut mampu mengunci titik penyebaran api serta panic alarm system. Bagian kaca depan dan jendela belakang mobil juga tahan panas. Selain itu, Mercy S600 Pullman Guard memiliki sistem adjustable doorhold di keempat pintu. Pintu belakang juga bisa ditarik dan menutup secara otomatis, serta ada tirai belakang listrik. Soal kecepatan, mobil ini dibekali mesin 12 silinder Biturbo yang bisa menghasilkan tenaga hingga 517 Tk.

Meski beratnya mencapai 4.200 kilogram, Mercedes-Benz S600 Pullman dapat melesat dengan kecepatan puncak 210 km/jam.

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggunakan Mercy S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas presiden. Terbaru, Jokowi mendapatkan mobil dinas bernama Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil produksi Jerman tersebut memiliki teknologi sistem proteksi yang canggih. Tidak hanya itu, Mercedes-Benz S600 Guard juga anti peluru dan tahan ledakan granat.

Dari sisi keamanan, Mercedes-Benz S600 Guard dikategorikan Very Very Important Person (VVIP). Selain itu,  mobil tersebut juga lulus sertifikasi VR10 standar kualifikasi tertinggi kendaraan anti peluru Eropa.

Mercedes-Benz S600 Guard dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus. Mobil tersebut dipastikan tahan ledakan karena sudah bersertifikasi ERV 2010. Tidak hanya itu, Mercedes-Benz S600 Guard juga anti senapan serbu. Kaca mobil dinas presiden tersebut terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang bisa meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Dengan mesin V12 berkapasitas 6000 cc biturbo, Mercedes-Benz S600 Guard bisa mencapai 522 dk dengan torsi 830 nm. Mobil dinas presiden tersebut bisa berakselerasi dari 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik, serta melaju hingga kecepatan 210 Km/jam.

Beberapa mobil dinas Jokowi lainnya adalah Toyota Alphard, Lexus LX570, Toyota Land Cruiser 200, dan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Baca juga: 13 Mobil Sedan Terbaik di Kelasnya, Mewah dan Berkelas

Perawatan Mobil Dinas Presiden Indonesia

Perawatan mobil dinas presiden Indonesia tentu berbeda dengan mobil pada umumnya. Mobil dinas presiden tidak harus diservis di bengkel resmi. Sebab, pihak istana sudah memiliki tim tersendiri untuk merawat mobil dinas presiden tersebut.

Meskipun tim servis dari pihak istana, namun pelatihan perawatan mobil tetap diberikan oleh pihak produsen mobil. Mereka tidak hanya melatih montir yang akan melakukan servis, melainkan juga sopir yang mengendarai mobil dinas presiden. Semua dilatih secara rutin, mulai dari montir hingga sopir.

Itulah informasi terkait mobil dinas presiden Indonesia dari masa ke masa. Mobil dinas presiden Indonesia memang bukan mobil sembarangan, ya. Meskipun demikian, baik mobil dinas presiden maupun mobil rakyat biasa tentu butuh perawatan yang baik.

Salah satu solusi tepat servis mobil tanpa antri panjang adalah booking online lewat aplikasi Otoklix. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan telah menangani 20.000+ mobil.