Mobil anti peluru sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga keamanan negara, baik di militer ataupun sebagai penjagaan presiden atau pejabat tinggi lain, bahkan selebritis. Jadi, beberapa produsen mobil menciptakan mobil anti peluru dengan tingkat keamanan sangat tinggi.

Teknologi apa yang digunakan pada mobil anti peluru? Simak juga daftar mobil anti peluru terbaik.

Teknologi Mobil Anti Peluru

Mobil anti peluru diciptakan untuk tahan terhadap serangan senjata api bahkan bahan peledak. Prinsip dasar teknologi mobil ini adalah menggunakan lapisan khusus untuk memperkuat bodi mobil dan memperkecil potensi tertembus peluru. Lapisan ini adalah lapisan baja khusus yang bisa kuat menahan terjangan peluru.

Lapisan ini makin berkembang dengan menggunakan material komposit bernama karbon kevlar. Bobotnya lebih ringan dan lapisannya jauh lebih tipis dibandingkan baja sehingga mudah dibentuk. Pemasangan ini biasanya pada pintu, kaca, atap, lantai mobil, sekat ruang mesin (firewall), dan bagasi. Tujuannya agar peluru tidak bisa menembus kabin dari segala arah. 

Beberapa bagian diberikan penguatan, misalnya suspensi, atap, lantai, untuk menekan energi ledakan. Kacanya menggunakan material polycarbonate, yaitu serupa lapisan plastik dengan struktur yang lebih kuat serta rekayasa teknologi.

Ada spesifikasi khusus yaitu level kekuatan pada lapisan anti peluru. Yang umum digunakan adalah level B1 sampai B7.

  • B1 – B2. Lapisannya hanya bisa melindungi senjata api pistol dengan kaliber sampai 9 mm.
  • B3 – B4. Lapisan bisa melindungi sampai kaliber yang lebih besar, yaitu .357 Magnum atau .44 Magnum.
  • B5 – B6. Lapisan bisa melindungi dari senjata laras panjang dengan kaliber 5.56 sampai 7.62.
  • B7. Lapisan bisa melindungi dari senapan laras panjang kaliber di atas 7.62 mm.

Baca juga: Lebih Aman Pakai Kaca Mobil Anti Peluru, Ini Biayanya

Daftar Mobil Anti Peluru

Selanjutnya, kita bakal bahas daftar mobil anti peluru. Paling tidak ada 18 mobil yang bakal kita bahas di bawah ini, baik mobil untuk militer atau yang biasa dipakai oleh tokoh penting.

1. Mercedes S-Class Guard

Mobil ini cukup familiar karena dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo. Mobil ini dibekali dengan mesin V12 6.000 cc dengan tenaga maksimal 530 hp. Kecepatan maksimalnya mencapai 160 km/jam. Mobil ini sudah mendapat sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan tahan ledakan.

2. Bentley Flying Spur

Bentley memiliki desain yang mewah dan elegan. Bodi mobil ini dilapisi baja balistik B6 anti peluru. Kabinnya juga dilengkapi suplai oksigen sehingga udara di dalam kabin selalu segar.

3. Maybach 62

Maybach 62 adalah mobil limousine dengan desain yang elegan dan mewah. Mobil anti peluru ini dibekali mesin V12 AMG yang bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 7 detik. Harganya sekitar Rp12,4 miliar.

4. Audi RS7 Sportback

Audi RS7 diklaim sebagai mobil lapis baja tercepat di dunia. Mobil sport ini bisa berakselerasi sampai 325 km/jam. Mobil ini menggunakan mesin V8 4.0 liter dengan sistem APR Plus Stage II yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 760 hp. Mobil ini bisa mencapai 100 km/jam hanya dalam 2,9 detik.

5. Range Rover Sentinel 

Range Rover terkenal sebagai mobil offroad. Tentu saja pada model satu ini juga tetap mengandalkan kemampuan offroad-nya. Dengan lapis baja, mobil ini dibekali meisn V8 5.000 cc yang bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 10,4 detik. Top speednya mencapai 193 km/jam.

6. Rolls-Royce Cullinan Klassen

Rolls-Royce menjadi penantang Range Rover dengan mengeluarkan SUV premium. Mobil ini mengklaim bisa menahan peluru Level 7 ballistic protection.

7. Lincoln Navigator L

Mobil anti peluru bongsor lainnya adalah Lincoln Navigator L. Mobil ini dimodifikasi oleh perusahaan Inkas di Toronto, Kanada. Lincoln Navigator L diklaim bisa menahan ledakan dua granat sekaligus. Mesin yang digunakan pada mobil ini adalah EcoBoost V6 3,5 liter dengan twin turbo yang bisa menghasilkan tenaga 450 hp dan 691 Nm.

8. Volvo XC90

Mobil ini mengantongi peringkat perlindungan VPAM VR8. Instansi ini meneliti, menguji, dan mengembangkan bahan anti peluru. VR8 menunjukan resistensi balistik 360 derajat di mobil Volvo. Mobil ini bisa mencapai bobot 4,5 ton saat diisi 5 penumpang.

9. Jeep Cherokee Trackhawk Besutan Armormax

SUV lain yang berlapis baja adalah Armormax Cherokee Trailhawk dari Jeep. Mobil ini juga punya penahan ledakan bom dan perlengkapan lain yang mengingatkan kita kepada James Bond. Mesin yang dibenamkan pada mobil ini adalah Hellcat dengan daya 707 tenaga kuda.

10. Audi A8 L

Audi A8 L adalah mobil eksklusif dengan fitur keamanan tingkat tinggi dengan dua pilihan mesin, yaitu 4.0 TFSI dan W12. Kabinnya menggunakan lapisan baja tahan panas, kain aramid, aluminium khusus, kaca laminasi ganda, serta keramik. Alumunium ini sudah diuji balistik di kusen samping, memberikan perlindungan dari senjata peledak.

Baca juga: 15 Mobil Limousine Mewah, Tunggangan Para Miliarder

11. BMW X5 VR6

Dengan tampilannya mewahnya, BMW X5 ternyata punya fitur perlindungan anti peluru dan ledakan bom. Mobil anti peluru ini bisa menahan peluru berkaliber 7.62 dan ledakan bom TNT 15 kg dengan jarak 4 meter.

Kaca mobilnya punya ketebalan 30 mm yang bisa menahan tembakan pistol. Kacanya juga dilengkapi teknologi Post Blast Protective. Kaca ini bisa tetap pada tempatnya meskipun terkena ledakan TNT.

12. Alpineco Land Cruiser 78 Series

Alpineco Land Cruiser 78 Series adalah salah satu mobil anti peluru terbaru. Mobil ini punya teknologi anti peluru, anti ranjau, serta granat.

13. Dartz Kombat T98 SUV

Mobil SUV yang dibuat Rusia ini digunakan untuk keperluan pemerintahan. Tampilannya gagah dan sangar. Kacanya setebal 3 inchi. Mobil ini bisa dipacu sampai 177 km/jam. Harganya sekitar Rp2 miliar.

14. Knight XV

Mobil anti peluru dengan tampilan sangar berikutnya adalah Knight XV. Harganya mencapai Rp4,4 miliar. Material anti peluru disematkan pada mobil ini. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sampai 400 hp.

15. Obama’s The Beast

The Beast masih setia digunakan sejak zaman pemerintahan Obama sampai dengan Joe Biden saat ini. Mobil tahan peluru ini punya teknologi pada bannya yang membuat ban bisa mengisi angin kembali meskipun sudah tertembak peluru. Atapnya juga dilengkapi suplai oksigen sehingga bisa bertahan dari serangan kimia.

Baca juga: Mengenal The Beast, Mobil Presiden Amerika Joe Biden di KTT G20

16. Gurkha LAPV

Gurkha LAPV menggunakan lapisan baja sebagai anti peluru, ledakan, dan bom tanam. Mobil produksi Ford ini dibanderol dengan harga Rp3 miliar.

17. Range Rover Vogue

Harga mobil ini mencapai Rp6 miliar. Range Rover Vogue ini diklaim bisa menahan peluru panas dan granat tangan. Bannya juga dibuat bisa tetap berjalan meskipun kondisinya pecah.

18. Chevrolet Suburban

Harganya mungkin tidak sefantastis mobil anti peluru lainnya, yakni Rp1 miliar. Namun, mobil ini punya desain eksterior yang mewah dan elegan. Sehingga kita bahkan tidak menyangka bahwa mobil ini menggunakan lapisan anti peluru yang bisa menahan peluru berkaliber 39 mm.

Itu dia pembahasan tentang teknologi mobil anti peluru dan daftar 18 mobil anti peluru yang ada di dunia. Mengesankan, bukan?

Otoklix adalah jaringan bengkel terbesar yang sudah bermitra dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Servis mobil sekarang dan booking melalui aplikasinya. OtoFriends bisa dapat harga hingga 50% lebih murah!

Pertanyaan Seputar Mobil Anti Peluru

Salah satu mobil anti peluru kepresidenan Indonesia yang dipakai oleh Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S-Class Guard. Mobil ini dibekali dengan mesin V12 berkapasitas 6.000 cc.

Beberapa mobil sedan yang menggunakan teknologi anti peluru adalah Mercedes-Benz S-Class Guard, Audi RS7, dan Audi A8 L Security.

Toyota Land Cruiser punya mobil anti peluru yang bisa diandalkan, yaitu Alpineco Land Cruiser 78 Series. Mobil ini punya lapisan yang bisa melindungi dari peluru berkaliber 7.62.