Mobil LCGC (low-cost green car) disebut-sebut dapat mengurangi polusi, terutama di kota-kota besar. Apa perbedaan mobil LCGC dengan mobil biasa? Benarkah mobil LCGC bisa mengurangi polusi?

LCGC adalah program yang dibuat Pemerintah Indonesia untuk menekan peningkatan gas emisi karbon yang berlebihan. Dengan kata lain, LCGC mengembangkan mobil ramah lingkungan yang hemat bahan bakar dan berbiaya rendah. Program ini diatur dalam PP No.33 dan 41 Tahun 2013.

Masyarakat membutuhkan mobil untuk bepergian. Namun, bertambahnya jumlah mobil turut menaikkan tingkat polusi. Maka itu, pemerintah menciptakan program LCGC ini. Karena banyak pengguna mobil terdapat di kota-kota besar, maka LCGC difokuskan pada city car.

Menurut peraturan Kementerian Perindustrian Pasal 1 (e), green car disiapkan dengan harga Rp95 juta. Saat ini, kisaran harga mobil LCGC adalah Rp100 jutaan.

Selain faktor ramah lingkungan, apa lagi perbedaan mobil LCGC dengan mobil biasa? Yuk, intip kelebihan mobil LCGC berikut!

 

  1. Harganya murah

Harga mobil LCGC lebih murah dibandingkan mobil biasa karena mendapat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah. Kisaran harganya sudah pasti di bawah Rp200 juta.

 

  1. Hemat bahan bakar

Sebagai mobil ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar LCGC haruslah seefisien mungkin. LCGC dirancang dengan penggunaan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak minimal 20 km.

 

  1. Perawatannya mudah dan murah

Sama seperti mobil lain, kalau OtoFriends merawat mobil LCGC dengan baik, seperti rutin mengganti oli dan disiplin memeriksakan mesin mobil ke bengkel, maka usia pakainya pun bisa panjang. Ditambah lagi, suku cadang mobil LCGC banyak tersedia di pasaran dan harganya terjangkau.

 

  1. Lincah di jalanan

Mobil LCGC umumnya memiliki body yang compact alias berukuran mini. Hal ini membuat mobil LCGC cukup lincah untuk dipakai sehari-hari, baik di jalanan kota yang umumnya padat dan macet maupun saat melewati jalanan atau gang sempit.

 

  1. Pajaknya murah

Karena mobil LCGC memiliki isi silinder yang tidak terlalu besar, maka besaran pajak tahunannya pun sangat terjangkau.

 

  1. Harga resale-nya cukup stabil

Karena harga jualnya yang terjangkau, mobil LCGC dapat diakses oleh banyak orang, termasuk pembeli dengan anggaran terbatas. Banyak mobil LCGC bekas yang laku kembali dengan harga jual yang tidak jauh berbeda dari harga belinya.

 

  1. Mudah dimodifikasi

Karena dirancang sebagai kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan, fitur mobil LCGC cukup sederhana. Kondisi ini membuatnya mudah dimodifikasi sesuai preferensi pemiliknya.

 

Jenis-jenis Mobil LCGC

perbedaan mobil lcgc dengan mobil biasa

Sebenarnya jenis mobil LCGC ada dua, yakni yang compact dan yang lebih besar, yaitu MPV:

  1. LCGC Compact pas buat mereka yang ingin kepraktisan dalam merawat mobil dan tidak memerlukan kapasitas bagasi yang luas.
  2. LCGC MPV tidak sebesar MPV biasa karena harus efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun, jenis mobil ini dapat memuat penumpang lebih banyak dan memiliki bagasi yang lebih luas. Mobil ini cocok bagi keluarga kecil yang mencari kenyamanan dengan harga murah.

Berikut rekomendasi merek mobil LCGC yang bisa Anda pilih:

  • Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Sigra
  • Suzuki Karimun
  • Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Nissan March
  • Toyota Calya
  • Nissan Datsun Go Panca
  • Datsun Go+
  • Honda Brio Satya
  • Toyota Agya

Dengan menggunakan mobil LCGC, OtoFriends turut mendukung upaya pengurangan polusi. Di sisi lain, skema mobil LCGC juga ikut mendongkrak industri otomotif Tanah Air.

Buat OtoFriends yang berencana membeli kendaraan namun budget terbatas, bisa mempertimbangkan opsi mobil LCGC yang ramah di kantong ini.

Apa pun jenis mobilmu, jangan lupa untuk mengecek kondisinya secara rutin di bengkel Otoklix, ya! Kamu bisa melakukan booking online di aplikasi Otoklix jadi tak perlu antre lama.

Bawa mobil LCGC-mu ke bengkel Otoklix untuk rutin cek mesin dan tune-up. Dapatkan juga penawaran harga bersaing seperti diskon 15% serta layanan servis terbaik!

 

Pertanyaan Seputar Mobil LCGC (Low-Cost Green Car)

Apa yg dimaksud LCGC mobil?

LCGC atau low-cost green car adalah mobil ramah lingkungan yang hemat bahan bakar dan berbiaya rendah.

 

Mobil apa saja yang masuk LCGC?

Mobil yang termasuk LCGC yaitu mobil listrik, hybrid biodiesel, dan low carbon emission. Dari jenisnya, ada LCGC compact berukuran mini dan LCGC MPV dengan body yang lebih besar.

 

Kenapa mobil LCGC bisa murah?

Harga mobil LCGC bisa murah karena diberi insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah.

 

References:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/apa-itu-lcgc

https://oto.detik.com/mobil/d-6963155/low-cost-green-car-lcgc-arti-contoh-kelemahan-dan-keunggulannya

https://www.news.olx.co.id/jenis-mobil-lcgc/

https://www.carsome.id/news/item/mobil-lcgc-pilihan-rekomendasi