Mobil hibrida mulai banyak kita temukan mengaspal di Indonesia. Hal ini lantaran kelebihan mobil hybrid yang paling menggoda yakni irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan gas buangan emisi CO2 yang rendah sehingga dapat mengurangi polusi udara.

Walaupun harga mobil hybrid tergolong mahal, akan tetapi cukup sepadan dengan peran mesin hybrid adalah menyatukan 2 motor penggerak dalam 1 mobil yakni mesin konvensional yang digerakkan dengan bensin dan motor penggerak listrik.

Penggabungan 2 motor penggerak tersebut yang membuat kendaraan ini lebih irit konsumsi BBM daripada mobil konvensional pada umumnya sekaligus dapat mengurangi tingkat polusi udara.

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

Kelebihan Mobil Hybrid

Bukan hanya sekadar irit konsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan, ada banyak keunggulan kendaraan bermotor yang menggunakan mesin hybrid, antara lain sebagai berikut.

1. Efisiensi Konsumsi BBM

Kelebihan yang paling menonjol dari penggunaan 2 motor penggerak ini adalah efisiensi konsumsi BBM jadi lebih irit daripada mobil yang hanya menggunakan mesin konvensional saja.

Sebab motor penggerak listrik mendapatkan sumber energi dari listrik yang tersimpan di dalam baterai. Sedangkan sumber energi listrik yang didapatkan mobil justru saat mobil menggunakan mesin bensin.

Cara kerja mobil hybrid yang membuat irit konsumsi BBM yakni saat mobil melaju dengan kecepatan rendah, maka motor penggerak listrik yang mengambil alih seluruh sistem kerja kendaraan, termasuk memasok aliran listrik yang dibutuhkan komponen listrik seperti AC mobil dan power window.

Sistem kerja tersebut cukup membantu kita yang sering berkendara di tengah padatnya lalu lintas ibu kota dan terjebak macet.

2. Irit Biaya Operasional

Di tengah meningkatnya harga BBM saat ini yang rutin dilakukan secara berkala, tentu kita gak perlu khawatir akan terdampak. Sebab konsumsi bahan bakar mobil hybrid jauh lebih irit daripada mobil konvensional sehingga kita dapat menghemat biaya operasional, khususnya biaya BBM bulanan.

3. Tingkat Emisi Gas Buang Rendah

Untuk mengoperasikan mobil hybrid, terdapat 2 motor penggerak sehingga kebutuhan BBM lebih sedikit. Sejalan dengan itu, limbah pembakaran kendaraan jauh lebih ringan daripada mobil konvensional yang hanya digerakkan oleh mesin bensin. Hasil akhirnya adalah tingkat emisi gas buangan mobil hybrid jauh lebih rendah.

Baca juga: 5 Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional Biasa

4. Kecepatan Akselerasi Lebih Optimal

Umumnya kendaraan bermotor roda 4 yang irit konsumsi BBM memiliki kekurangan lemahnya akselerasi dan kecepatan yang kurang optimal.

Hal sebaliknya gak berlaku pada mobil hybrid. Inilah perbedaan mobil hybrid dan non hybrid yang cukup signifikan, yakni di samping hemat BBM mobil hybrid tetap mampu melakukan akselerasi dan kecepatan yang baik dengan torsi yang maksimal.

Pada beberapa jenis, mobil keoptimalan akselerasi mobil hybrid mampu mengalahkan mobil konvensional di kelas yang sama.

Optimalnya mesin saat melakukan akselerasi dan kecepatan ini karena 2 motor penggerak pada mobil hybrid yang saling mendukung untuk memberikan daya maksimal.

5. Getaran Mesin Mobil Lebih Halus

Kombinasi antara mesin bensin dan motor penggerak listriknya cukup berguna untuk meredam getaran dan suara mesin mobil. 

OtoFriends pasti pernah merasakan kondisi mobil yang kurang nyaman akibat suara bising dari mesin mobil atau getaran yang berasal dari mesin mobil. Apalagi saat kita terjebak macet, hal tersebut lumrah dirasakan.

Lain halnya dengan mobil hybrid, dimana saat kecepatan mobil rendah maka motor penggerak listrik mengambil alih sistem kerja mobil. Motor penggerak listrik berbeda dengan mesin bensin yang dapat menciptakan suara bising dan getaran kasar.

6. Perpindahan Gigi Terasa Lembut

Kelebihan mobil hybrid yang terakhir adalah perpindahan gigi yang halus dan lembut. Hal ini terjadi karena transmisi yang digunakan mobil hybrid adalah transmisi tipe Continuously Variable Transmission (CVT) sehingga perpindahan gigi lebih lembut.

Dampaknya bagi pengemudi dan penumpang adalah kita tetap nyaman selama berkendara walaupun perpindahan gigi sering dilakukan.

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

Demikianlah informasi tentang kelebihan mobil hybrid yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan ini. Untuk melengkapi informasi kita mengenai mobil hybrid, OtoFriends bisa mencari tahu di blog Otoklix.

Selain memberikan informasi terlengkap, Otoklix menawarkan perawatan mobil terbaik dengan jaminan tim mekanik yang ahli di bidangnya, jaminan keaslian spare part setara OEM hingga jaminan garansi servis.

Seluruh aktivitas perawatan mobil bisa OtoFriends temukan di Bengkel Otoklix, mulai dari servis berkala, servis tune up hingga body repair.

Temukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Segera download aplikasi Otoklix sekarang dan lakukan booking service secara online.

Pertanyaan Seputar Kelebihan Mobil Hybrid

Penggabungan 2 motor penggerak tersebut yang membuat kendaraan ini lebih irit konsumsi BBM daripada mobil konvensional pada umumnya sekaligus dapat mengurangi tingkat polusi udara.

Keunggulan mobil yang menggunakan mesin hybrid antara lain efisiensi konsumsi BBM jadi lebih irit, irit biaya operasional kendaraan, lebih ramah lingkungan karena emisi gas buangan rendah, kecepatan akselerasi meningkat, suara dan getaran mesin mobil lebih halus dan lembut hingga perpindahan gigi yang terasa lembut.

Cara kerja mobil hybrid yang membuat irit konsumsi BBM yakni saat mobil melaju dengan kecepatan rendah, maka motor penggerak listrik yang mengambil alih seluruh sistem kerja kendaraan, termasuk memasok aliran listrik yang dibutuhkan komponen listrik seperti AC mobil dan power window.