Mobil matic tidak bisa mundur kerap jadi masalah serius bagi para pengendara, terlebih bagi pengguna mobil matic pemula. Mobil matic tidak bisa mundur menjadi penanda bahwa ada salah satu komponen mesin mobil yang tidak berfungsi. Berikut Otoklix rangkum informasi lengkap terkait mobil matic tidak bisa mundur yang harus OtoFriends ketahui:

Baca juga: Cara Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Perlu diketahui, OtoFriends harus merogoh kocek hingga belasan juta jika sampai masalah mobil matic tidak bisa mundur menghampiri mobil OtoFriends. Oleh sebab itu, OtoFriends harus memastikan kondisi mobil matic OtoFriends dengan baik agar tidak merugi saat membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Ada beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur yang harus OtoFriends ketahui, antara lain:

  1. Kerusakan Transmisi

Sekedar informasi, mobil matic memiliki  perbedaan sistem transmisi dengan mobil manual. Salah satu penyebab mobil matic tidak bisa mundur adalah adanya masalah pada transmisi mobil matic OtoFriends. 

Baca juga: 6 Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Transmisi yang rusak akan mengganggu kinerja otomatis mesin mobil, alhasil masalah mobil matic tidak bisa mundur akan terjadi. Mengatasi masalah ini, OtoFriends harus segera membawa mobil matic OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan. Karena masalah kerusakan transmisi tidak bisa dikerjakan sendiri dan butuh tenaga profesional untuk perbaikan maksimal.

  1. Kabel Selenoid Putus

Selain rusaknya transmisi, putusnya kabel selenoid juga bisa menjadi penyebab mobil masalah mobil matic tidak bisa mundur. Kabel selenoid berfungsi untuk memindahkan transmisi ketika mobil di rem. Mengatasi hal ini, tidak ada cara lain selain mengganti kabel selenoid yang rusak dengan yang baru. 

  1. Jarang Mengganti Oli Transmisi

Penyebab lainnya adalah jarang mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang kotor akan mengganggu kinerja transmisi mobil. Oleh sebab itu, pastikan OtoFriends selalu mengganti oli transmisi mobil rutin setidaknya 3 atau 6 bulan sekali. Tanda penggantian oli adalah ketika oli transmisi berubah warna kecoklatan dan banyak serbuk besi atau kotoran yang menempel di dalamnya. 

  1. Rusaknya Reverse Gear Ratio

Penyebab mobil matic tidak bisa mundur yang terakhir adalah adanya kerusakan pada reverse gear ratio. Sekedar informasi, reverse gear ratio ini berfungsi untuk mengubah putaran output shaft. Putaran output shaft inilah yang membuat mobil matic OtoFriends bisa bergerak atau berjalan mundur.

Tanda Kerusakan Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Sebelum sampai pada kerusakan yang serius, ada beberapa tanda kerusakan komponen mobil matic tidak bisa mundur yang bisa OtoFriends waspadai, antara lain:

  1. Ada bau terbakar

Mencium bau terbakar dari arah mobil matic OtoFriends, sudah bisa dipastikan bahwa ada salah satu komponen mesin mobil yang bermasalah. Bau terbakar biasanya muncul akibat mesin overheat. Gesekan komponen dalam mesin terjadi dengan tidak normal. Mengatasi hal ini, OtoFriends bisa melakukan pengecekkan dan memberikan oli pelumas ke berbagai komponen, sehingga kinerja mesin mobil dapat kembali optimal.

  1. Muncul suara aneh

Suara aneh seperti mendengung dari transmisi mobil menandakan bahwa transmisi mobil  bermasalah. Jika suara ini diiringi dengan dorongan transmisi yang lambat, segera bawa mobil matic OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix untuk melakukan perbaikan dan pengecekan lebih lanjut.

  1. Cairan transmisi bocor

Cairan transmisi mobil yang bocor akan mengganggu kinerja komponen mesin mobil lainnya. Mengantisipasi masalah ini terjadi, satu-satunya cara adalah dengan rutin melakukan pengecekan, sehingga OtoFriends bisa memastikan bahwa tidak ada cairan transmisi yang bocor merembes masuk ke komponen mesin mobil lainnya.

  1. Respon mobil lambat

Respon mobil yang lambat menjadi penanda bahwa ada masalah pada transmisi mobil. Demi keamanan dan kenyamanan berkendara, OtoFriends bisa membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

Tips Memperbaiki Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Berbeda kerusakan maka akan berbeda pula harga perbaikan mobil matic tidak bisa mundur. Mengantisipasi  OtoFriends merogoh kocek terlalu banyak, OtoFriends bisa melakukan perbaikan ketika tanda-tanda kerusakan muncul. Apabila masalah mobil matic tidak bisa mundur sudah terjadi dan berada dalam kondisi yang parah, pastikan penyebab kerusakan dengan benar sehingga OtoFriends tahu harus membayar berapa rupiah untuk melakukan perbaikan mobil matic OtoFriends.

Biaya Perbaikan mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Sekedar informasi, terkait biaya perbaikan mobil  matic  untuk kerusakan transmisi mobil biasanya dibanderol dengan harga Rp2-3 juta. Berbeda dengan harga perbaikan mobil matic tidak bisa mundur akibat putusnya kabel selenoid. OtoFriends harus mengeluarkan biaya sekitar Rp4-5 jutaan untuk biaya pembelian kabel dan pemasangan. Namun, biaya ini bukanlah hal yang pasti karena biaya perbaikan biasanya juga tergantung dari jenis dan tipe mobil matic OtoFriends.

Baca juga: Servis Mobil Matic Jika Terjadi 3 Masalah ini dan Tips Merawatnya

Keuntungan menggunakan aplikasi booking servis Otoklix adalah, OtoFriends bisa mengetahui harga servis dan perbaikan di awal pemesanan layanan. Harga transparan karena diberitahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. Download app nya sekarang untuk kemudahan perawatan dan perbaikan mobil OtoFriends!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur antara lain kerusakan transmisi, putusnya kabel selenoid, rusaknya reverse ratio mobil, dan kurangnya cairan oli transmisi.

Tidak. Mendorong mobil matic akan merusak kinerja pompa hidrolik yang memiliki tugas untuk melumasi transmisi saat mobil hidup.

Memundurkan mobil matic bisa dilakukan dengan mengubah tuas P ke posisi R. Itulah sebabnya jika transmisi mobil rusak, bisa dipastikan mobil matic tidak bisa mundur.