Mobil matic umumnya disukai oleh kaum wanita karena pengoperasiannya yang lebih mudah dan cocok dikendarai di jalanan kota untuk bekerja. Jika OtoFriends berencana membeli mobil matic, pastikan kamu mengikuti beberapa tips belajar mobil matic untuk wanita berikut ini. 

Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang perlu OtoFriends pahami ketika belajar mobil matic. Mulai dari memahami fitur-fitur yang ada pada mobil matic, sistem transmisi, hingga cara untuk melakukan akselerasi dan perlambatan. 

Agar berkendara aman dan nyaman, yuk ikuti beberapa tips belajar mobil matic untuk wanita yang sudah Otoklix rangkum berikut ini. 

Tips Belajar Mobil Matic untuk Wanita yang Mudah

Belajar mobil matic kamu akan semakin mudah dan menyenangkan apabila mengikuti beberapa tips berikut ini. Simak, ya!

1. Mengenali Fitur Mobil Matic

Seperti yang sudah disebutkan di awal, untuk belajar mobil matic, OtoFriends harus memahami beberapa fitur yang ada di dalamnya. Seperti letak pedal gas dan rem karena mobil matic tidak memiliki kopling.

Kemudian, kamu juga harus tahu fitur-fitur lain seperti gigi yang ada pada mobil matic, klakson, rem tangan, lampu sein mobil, lampu indikator, letak airbag, dan lain sebagainya. 

Ketahui juga bagaimana cara menghidupkan mesin mobil dan mengecek apakah posisi mobil dalam keadaan netral atau tidak. Dengan mengenali fitur-fitur ini, akan memudahkan kamu saat berkendara nantinya. 

2. Memahami Sistem Transmisi Mobil Matic

Kemudian, yang tak kalah penting adalah memahami sistem transmisi mobil matic. Apabila mobil manual biasanya terdiri dari gigi 1, 2, 3 dan seterusnya, berbeda dengan mobil matic yang giginya berupa kode huruf seperti P, R, N, dan D. Berikut ini masing-masing fungsinya:

  • Kode P: kode ini berarti parkir, di mana OtoFriends bisa menggunakannya saat mobil dalam keadaan parkir. Pastikan mobil sudah dalam keadaan berhenti ketika akan memindahkan tuas ke kode P, ya. 
  • Kode R: kode ini berarti reverse di mana OtoFriends bisa menggunakan transmisi ini untuk memundurkan mobil.
  • Kode N: kode ini berarti netral, di mana OtoFriends bisa menggunakannya saat mobil dalam keadaan diam atau baru dinyalakan. Pada transmisi N ini, mobil tidak akan bergerak meskipun mesin mobil dalam keadaan hidup.
  • Kode D: kode ini berarti drive, di mana OtoFriends bisa menggunakannya agar mobil bisa berjalan. Pada beberapa mobil matic terbaru, kode D ini ada yang D1, D2, hingga D3 untuk mengatur percepatan.
  • Kode L: kode ini berarti low, di mana OtoFriends bisa menggunakannya saat ingin mengendarai mobil pada kecepatan rendah.

Sebagai informasi, apabila OtoFriends berhenti di lampu merah, sebaiknya posisikan tuas transmisi ke kode N atau netral agar kendaraan berhenti dan mencegah kerusakan pada transmisi.

3. Menentukan Posisi Duduk yang Nyaman

Setelah memahami beberapa fitur dan juga sistem transmisi mobil matic, kini saatnya OtoFriends mulai mempraktikan mengendarai mobil matic.

Pertama, pastikan OtoFriends sudah menentukan posisi duduk yang nyaman, ya. Jika belum sesuai, OtoFriends bisa memundurkan atau memajukan kursi pengemudi. Pastikan kamu bisa melihat dengan jelas kondisi jalanan, ya. 

4. Latihan Akselerasi dan Perlambatan

Selanjutnya, praktikkan akselerasi perlahan dan perlambatan halus untuk membiasakan diri dengan respons kendaraan. Hindari akselerasi yang tiba-tiba atau perlambatan yang kasar.

Latihan ini sangat diperlukan, terutama saat melewati jalanan yang macet atau saat OtoFriends berada di lampu merah. 

5. Cari Tempat yang Aman dan Tenang untuk Belajar

Agar bisa belajar mengemudi dengan aman dan tenang, sebaiknya cari tempat yang sepi dan luas. Seperti lapangan, atau jalanan perumahan yang sepi.

OtoFriends bisa memanfaatkan tempat yang luas ini untuk belajar jalan lurus, belok, dan juga belajar memarkir mobil. Hindari belajar langsung di jalanan besar karena bisa membahayakan orang lain. 

6. Minta Bantuan pada Instruktur

Jika masih kurang percaya diri, kamu bisa loh meminta bantuan pada ahlinya, misal dengan mengikuti kursus setir mobil. 

Dengan belajar pada ahlinya, kamu bisa menanyakan apa saja, sehingga proses belajar mengemudi jadi lebih lancar. Selain itu, biasanya instruktur setir mobil akan memberikan tips-tipsnya agar kamu bisa percaya diri saat menyetir. 

7. Berkendara dengan Fokus dan Tenang

Terakhir, tetap berkendara dengan fokus dan tenang. Apabila kamu masih kesulitan untuk memarkir mobil dan mengendarai mobil, tak perlu berkecil hati. Tetap belajar dan memperbaiki yang belum sempurna.

Jika terus berlatih, maka kemampuan menyetir kamu secara perlahan juga akan terus meningkat. Terpenting adalah untuk terus belajar dan percaya diri. 

Nah, itu dia beberapa tips belajar mobil matic untuk wanita yang bisa kamu aplikasikan, ya! Jika sudah mengikuti beberapa tips di atas, dijamin kamu akan lebih lancar dalam mengemudi. 

Sebagai informasi, mobil matic memiliki perawatan khusus yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, jangan sampai OtoFriends mengabaikan perawatan mobil matic, ya karena bisa mempengaruhi performa mobil. 

Biar gampang, OtoFriends bisa booking perawatan mobil matic di Otoklix biar hemat hingga 50%. Tersedia banyak pilihan servis mobil, mulai dari ganti oli mobil, tune up, ganti aki mobil, servis rem mobil, hingga detailing mobil. 

Selain itu, melalui aplikasi Otoklix, OtoFriends juga bisa memantau langsung kesehatan mobil lewat aplikasi, loh! Jadi, lebih mudah untuk mengetahui riwayat perawatan yang dilakukan. Yuk, booking sekarang.

Booking servis di Otolix lebih murah lewat Aplikasi Otoklix. Hemat bisa sampai 50% dan ada jaminan garansi sampai 14 hari. Download Aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan seputar Tips Belajar Mobil Matic untuk Wanita

Bisa, ketika kamu akan melakukan akselerasi, seperti pindah gigi dari D ke D-3 atau D-2.

Ketika mobil matic mogok, sebaiknya hindari mendorongnya, ya. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi mobil. Sebaiknya tunggu ada bantuan atau menghubungi jasa derek mobil.

Agar mobil matic tidak cepat rusak, sebaiknya tekan pedal rem saat menstarter mobil matic.