Salah satu masalah sepele namun sering jadi kepikiran jika memiliki mobil adalah saat kita menempel stiker dan ingin mencabutnya lagi. Kadang kita menemukan stiker yang jika dicabut meninggalkan sisa-sisa yang merusak keindahan kendaraan. Jika kita memaksa untuk membersihkan maka akan semakin kotor kelihatannya. Nah, ini dia cara untuk membersihkan stiker di kaca mobil, 

Alat dan Bahan Pembersih Bekas Stiker di Kaca Mobil

Tentu sebelum melakukan proses pembersihan stiker yang menempel di body atau kaca mobil, perlu disiapkan alat dan bahan. 

Baca juga: Cara membersihkan Jamur di Kaca Mobil Tanpa Ribet

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa jadi salah satu cairan yang dapat membersihkan stiker di kaca mobil. Untuk penggunaannya, cukup oleskan bagian kaca yang masih tersisa dari lem stiker. Untuk mengelapnya, kamu harus menggunakan lap yang bersih dan halus agar tidak ada bekas saat kamu membersihkannya.

Hair Dryer

Selain dipakai untuk mengeringkan rambut, hair dryer bisa dipakai untuk melepas stiker pada kaca mobil. Ini bertujuan memanaskan stiker agar perekatnya lumer dan mudah dilepas. 

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dipakai untuk membersihkan sisa-sisa stiker yang sudah dikelupas.  Caranya, larutkan sabun cuci piring dengan air hangat kemudian celupkan lap kain atau kanebo dan gunakan untuk menggosok sisa stiker.

Cairan Pembersih Kaca

Cairan pembersih kaca juga bisa membersihkan stiker di kaca atau bodi mobil. Caranya, langsung semprotkan cairan pembersih kaca pada stiker mobil yang sudah lama. Kemudian, diamkan beberapa menit, lalu tarik stiker secara perlahan. Jika masih sulit dikupas, semprot lagi dan tarik hingga terlepas. Cara ini cukup efektif untuk mengelupas stiker mobil tanpa meninggalkan bekas. Kalaupun ada bekas stiker yang tertinggal, kamu bisa menyemprotkan cairan ini lagi dan gosok dengan lap atau kanebo sampai bersih.

Sampo Bayi

Sampo bayi ternyata bisa digunakan untuk melepas stiker di kaca mobil. Caranya mirip seperti cara melepas stiker di kaca mobil dengan sabun cuci piring. Kupas stiker secara perlahan kemudian bersihkan sisanya menggunakan sampo bayi yang telah dilarutkan dengan air hangat. 

Alkohol

Alkohol juga ampuh dalam membersihkan stiker dari bodi dan kaca mobil. Caranya mirip saat melepas stiker menggunakan cairan pembersih kaca. Bisa langsung mengoleskan alkohol pada stiker dan tunggu beberapa menit sebelum mengelupasnya dari kaca. Setelah beberapa menit, stiker akan menjadi lunak sehingga mudah dilepas. Kalau ada bekas yang tertinggal, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap yang telah dibasahi alkohol.

Soda Kue 

Menggunakan soda kue juga bisa jadi cara ampuh untuk membersihkan stiker mobil yang sudah lama. Selain itu, penggunaan soda kue juga sama sekali tidak berbahaya karena tidak beracun. Caranya, campurkan soda kue dengan sedikit minyak goreng. Penggunaan minyak goreng juga bisa diganti dengan jenis lain, seperti minyak zaitun atau baby oil.  Gunakan campuran tersebut untuk memolesi stiker mobil. Kemudian, biarkan larutan tadi meresap selama beberapa menit. Selanjutnya, lepaskan stiker dari bagian ujung.

Body Lotion, Mayones, dan Selai Kacang

Tiga bahan ini yaitu body lotion, mayones, dan selai kacang bisa menjadi cara alternatif melepas stiker di kaca mobil. Walau sepertinya terdengar tidak masuk akal, namun trik ini cukup efektif. Cara penggunaan lotion sama seperti minyak goreng, yaitu dengan mengoleskan lotion pada stiker. Diamkan beberapa menit, kemudian kupas stiker dari ujungnya. 

Adapun penggunaan mayones dan selai kacang bertujuan untuk membersihkan sisa stiker yang masih menempel. Jadi harus mengelupas stiker dulu.

Pembersih Perekat

Penggunaan pembersih lem bertujuan untuk menghilangkan noda bekas perekat yang masih menempel. Kupas stiker lebih dulu secara perlahan kemudian semprotkan cairan pembersih lem dan biarkan meresap selama beberapa menit. Lalu gunakan kain lembap untuk mengelap sisa stiker.

Langkah-langkah Membersihkan Bekas Stiker di Kaca Mobil

Setelah alat dan bahan disiapkan, maka proses pembersihan bisa segera dilakukan. Berikut langkah-langkah membersihkan bekas stiker di kaca mobil versi OtoKlix. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Parkir mobil di tempat sejuk

Sebelum melakukan proses pembersihan pastikan mobil diparkir di area yang aman. Yang paling penting, usahakan mobil diparkir di area sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini agar proses pembersihan bisa berjalan lebih maksimal.

Panaskan area stiker

Jika menggunakan hair dryer maka panaskan dulu area stiker. Karena, stiker yang sudah dipanaskan biasanya akan lebih mudah terkelupas. 

Cabut pinggiran stiker

Jika stiker sudah panas dan terlihat mulai terkelupas, maka bisa dilakukan pengikisan mulai dari sisi pinggiran stiker. Gunakan benda yang tidak tajam agar tidak merusak bodi atau kaca mobil. Biasanya bisa menggunakan kartu ATM dan sejenisnya yang tidak terpakai.

Oleskan atau semprotkan bahan pembersih bekas stiker

Nah, penggunaan bahan pembersih bisa dilakukan jika memang proses pengikisan tidak berhasil. Gunakan bahan-bahan seperti yang sudah dibahas di atas. 

Bersihkan dan keringkan kaca mobil

Setelah proses selesai jangan lupa cuci kembali kaca atau bagian mobil bekas stiker agar mendapatkan hasil yang bersih. 

Baca juga: Wajib Tau Cara Memilih Tempat Cuci Mesin Mobil yang Tepat

Nah, selain membersihkan mobil dari stiker, perawatan mesin juga alangkah baiknya dilakukan. Buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.