Kejadian kunci mobil hilang tentunya membuat kita merasa kesal. Terlebih hal ini kita alami saat kita menggunakan mobil untuk bepergian ke luar.

Terlebih jika kalian sedang terburu-buru. Sudah dicari ke mana-mana ujung-ujungnya tetap tidak ketemu. Dengan bentuknya yang kecil, tak heran pemilik mobil sering kehilangannya. 

Bagaimanapun, kehilangan kunci mobil memang bisa bikin panik dan bingung. Ditambah lagi kalau tidak punya cadangannya. 

Apalagi kalau kunci mobilnya sudah menggunakan model immobilizer, yaitu sistem keamanan mobil yang didesain dengan kode khusus. Namun, OtoFriends tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan bila mendapati kasus serupa, berikut tipsnya.

Mencari dan Menggunakan Kunci Cadangan

Hal pertama yang bisa dilakukan saat kunci mobil hilang adalah dengan mencari kunci cadangan. Sebab, pada setiap pembelian mobil baru akan mendapatkan lebih dari satu kunci. 

Bahkan ada beberapa merek mobil yang menyediakan tiga kunci mobil. Hal itu bertujuan agar para pemilik mobil mempunyai kunci cadangan.

Dengan begitu, OtoFriends bisa menggunakan kunci cadangan tersebut saat kunci utama mobil kalian hilang. Sehingga tidak perlu pergi ke tukang kunci untuk menyalakan mobil.

Baca Juga: Syarat dan Cara Duplikat Kunci Mobil Immobilizer Agar Aman

Hubungi Ahli Kunci

Jika kunci serep atau cadangan tidak ditemukan juga, OtoFriends bisa pergi ke tukang kunci. Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak dan membuat kendaraan kembali menyala dengan kunci baru.

Meskipun kalian tidak memiliki kunci cadangan, ahli kunci bisa membuat kunci pengganti. Mereka biasanya akan mengidentifikasi jenis kunci mobil sehingga bisa membuatkan kunci yang cocok dengan kendaraan yang dimilikinya. 

Sebaiknya, kalian memanggil ahli kunci dari dealer. Anda tidak hanya mendapatkan kunci mobil yang baru, tapi juga kode immobilizer yang diperbarui sehingga menjadi lebih aman. Orang yang menemukan kunci mobil kalian pun tidak bisa menyalahgunakannya dan Anda aman dari rawan pencurian.

Buat Kunci Duplikat

Cara selanjutnya saat kunci mobil kalian hilang bisa dengan melakukan duplikat kunci serep. Umumnya banyak orang yang manfaatkan kunci serep mobil untuk dilakukan duplikat menjadi kunci cadangan baru.

Cara tersebut dapat menjadi solusi tepat supaya apabila terjadi kembali kunci hilang, maka kalian tidak perlu khawatir karena Anda memiliki  kunci cadangan.

Hubungi Pihak Asuransi 

Apabila mobil OtoFriends terdaftar oleh asuransi maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan cara ini. Pasalnya kunci mobil yang hilang masuk ke dalam data perlindungan kendaraan.

Biasanya biaya yang dikeluarkan terlampau sedikit ketimbang mobil kalian tidak tercover oleh asuransi. Oleh sebab itu, asuransi bisa menjadi jalan keluar saat kejadian tidak terduga menimpa.

Baca Juga: 6 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci. Jangan Panik Ya!

Manfaatkan Garansi yang Ada

Cara terakhir yang dapat dilakukan saat kunci mobil hilang adalah dengan memanfaatkan garansi. Namun, harus digarisbawahi ya, cara ini berlaku untuk mobil yang masih baru dan mendapatkan garansi.

Sebab, pada pembelian mobil baru terdapat banyak garansi yang dapat dimanfaatkan jika kalian kesulitan dan terjebak dalam bahaya. Untuk mobil lama sayangnya cara tersebut tidak bisa diimplementasikan.

Untuk itu bagi pengguna lama yang mengalami kehilangan kunci, kalian bisa pergi ke bengkel mobil terdekat. Bagaimana caranya ? OtoFriends cukup mencari bengkel terpercaya menggunakan aplikasi dari Otoklix, dan tentu biayanya bisa disesuaikan dengan budget kalian semua ya.