Apa yang menjadi pertimbangan OtoFriends saat membeli mobil? Apakah memilih transmisi manual atau otomatis menjadi bahan pertimbangan utama? Selain tipe transmisinya, rupanya masih ada perbedaan mobil matic dan manual lainnya. Salah satunya adalah konsumsi bahan bakar mobil matic lebih boros dibanding manual.

Pada dasarnya, kedua jenis mobil ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk memilihnya tergantung selera dan kemampuan pemilik mobil. Namun, terlepas dari perbedaan bagaimana cara mesin mobil bekerja, ada 6 perbedaan mobil matic dan manual lainnya.

Baca juga: Apa Itu Transmisi Mobil Manual dan Otomatis? Kenali Perbedaannya Berikut Ini

Perbedaan mobil matic dan manual

Selain perbedaan sistem transmisi mobil, ada 5 perbedaan antara mobil matic dan mobil manual, di antaranya konsumsi bahan bakar, sistem pengereman mobil, sistem operasi dan kenyamanan, cara merawat mobil dan fitur yang disematkannya. Berikut ini ulasan lebih lanjutnya.

Perbedaan sistem transmisi

Secara sederhana, sistem transmisi mobil bisa diartikan sebagai sistem yang mengonversi kecepatan dan tenaga putar dari mesin menuju roda untuk menggerakkan mobil supaya dapat melaju. Ada dua jenis transmisi yakni transmisi otomatis dan manual.

Apabila OtoFriends belajar mobil manual pasti mengetahui bahwa untuk memindahkan gigi pada mobil manual kita perlu menginjak kopling dan menggeser persneling mobil manual untuk menaikkan atau menurunkan gigi transmisi.

Sedangkan pada mobil matic telah dilengkapi dengan komponen gearbox sehingga perpindahan gigi dapat dilakukan secara otomatis tergantung tekanan pedal gas dan kecepatan mobil. 

Ada 6 jenis transmisi otomatis yang biasa digunakan oleh pabrik mobil sebagai pelengkap sistem transmisi mobil, diantaranya transmisi otomatis, transmisi semi otomatis, transmisi otomatis elektronik, double clutch gearbox, sequential manual, dan continuously variable transmission.

Perbedaan sistem operasi dan kenyamanan

Sejalan dengan sistem transmisi yang berbeda, cara menggunakan mobil matic jauh lebih mudah dan praktis ketimbang mobil manual. Sebab, untuk mengoperasikan mobil manual kita perlu fokus untuk mengoperasikan pedal kopling, rem dan pedal gas. Sedangkan mobil matic cukup mengoperasikan dua pedal, yakni pedal rem dan gas saja.

Selain itu, saat melakukan perpindahan gigi, tangan kita harus berada di tuas transmisi untuk memindahkan gigi. Lain halnya dengan mobil matic di mana perpindahan gigi transmisinya akan bekerja otomatis mengikuti RPM mesin dan beban mobil.

Baca juga: Mobil Transmisi Otomatis, Kenali Cara Kerja dan Jenisnya

Perbedaan konsumsi bahan bakar

Perbedaan mobil matic dan manual yang paling jelas terlihat lagi adalah konsumsi bahan bakarnya. 

Mobil yang dibekali transmisi mesin otomatis terkenal cukup banyak mengonsumsi bahan bakar ketimbang mobil manual sehingga penggunaannya cuku boros. Hal tersebut terjadi karena rotasi per menit (RPM) pada mobil matic lebih tinggi dibandingkan mobil manual.

Namun, kelemahan mobil matic tersebut tidak menjadikan mobil matic sepi peminat. Justru, lebih banyak konsumen yang tertarik untuk membeli mobil matic dibandingkan mobil manual. Selain mengendarai mobil matic cukup mudah, harga mobil matic murah dan cukup terjangkau.

Kabar bahagianya, pabrik mobil saat ini telah menyematkan teknologi khusus pada mobil matic sebagai solusi borosnya konsumsi bahan bakar sehingga jadi lebih irit.

Perbedaan sistem pengereman mobil

Perbedaan lainnya yang cukup signifikan terdapat pada sistem pengereman mobil. Mobil manual mengandalkan engine brake pada sistem pengeremannya. Berbeda dengan mobil matic yang tidak dibekali engine brake.

Apalagi saat kita sering membawa mobil matic di medan jalan menurun sehingga penggunaan rem mobil sering terjadi. Kalau sudah begitu, rem mobil akan semakin menipis dan kehilangan daya cengkeramnya akibat kampas rem yang cepat aus.

Perbedaan cara merawatnya

Dari segi perawatan, biaya perawatan mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Hal ini disebabkan oleh mahalnya harga spare part untuk mobil matic dan sulit mencarinya.

Selain itu, sistem mekanikal dan komponen transmisi otomatis lebih rumit, sebut saja ada komponen elektrikal, pompa, sistem mekanisme pendingin, hingga fitur-fitur yang disematkan pabrik mobil.

Sedangkan perawatan mobil manual cukup dengan rutin ganti oli mobil, lakukan pemeriksaan aki mobil, servis tune up, hingga kaki-kaki mobil.

Perbedan fitur yang disematkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa demi meningkatkan rasa nyaman dan aman pengendaranya, mobil matic dibekali dengan berbagai fitur pendukung untuk menjaga stabilitas kendaraan dan menjamin keamanan pengemudi dan penumpang.

Umumnya, fitur-fitur yang dibekali pabrik mobil untuk mobil transmisi otomatis, di antaranya:

  • Paddle shift, yang membantu simulasi perpindahan gigi secara manual pada mobil transmisi otomatis.
  • Tiptronic, memiliki fungsi yang sama dengan paddle shift hanya saja kita perlu menggeser tuas transmisi saat mengoperasikannya.
  • Adaptive cruise control, memberikan kemudahan kepada pengemudi saat melaju di jalan bebas hambatan di mana kita tidak perlu repot menginjak pedal rem dan gas. Fitur ini bekerja secara otomatis tergantung kecepatan kendaraan yang ada di depan mobil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Cuci Mobil Otomatis vs Manual

Kelebihan dan Kekurangan mobil matic dan manual

Untuk memperlengkap pertimbangan OtoFriends saat memilih mobil manual atau mobil matic, berikut ini rincian kelebihan dan kekurangan untuk tiap-tiap transmisi mobil.

Transmisi mobil matic

Kelebihan mobil transmisi otomatis, di antaranya:

  • Sistem pengoperasian mobil lebih mudah dan nyaman.
  • Terhindar dari kelelahan akibat berkendara.
  • Belajar mobil matic lebih mudah.
  • Mobil bisa diandalkan saat melintasi jalanan macet.
  • Harga juga mobil matic murah.

Kekurangan mobil transmisi otomatis, sebagai berikut:

  • Saat melintasi medan jalan menanjak, mobil akan kesulitan melakukan akselerasi.
  • Diperlukan kehati-hatian yang ekstra saat melintas medan menurun.
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros.
  • Biaya servis mobil mahal.

Transmisi mobil manual

Kelebihan mobil manual adalah:

  • Konsumsi bahan bakar lebih irit.
  • Akselerasi mobil lebih baik.
  • Biaya servis lebih murah.
  • Spare part mudah didapat.
  • Sistem pengereman dilengkapi dengan engine brake.

Sedangkan kekurangan mobil manual adalah:

  • Belajar mobil manual lebih rumit.
  • Mengemudikan mobil manual lebih rumit.
  • Pengemudi cepat lelah saat berkendara.

Memilih mobil memang bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, perhatikan betul seluruh spesifikasi, estimasi harga, serta kelebihan dan kekurangan mobil. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Tidak kalah penting, lakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel terdekat. Agar tidak memakan waktu lama, OtoFriends dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking online. Dengan demikian, OtoFriends tidak perlu mengantri di bengkel.

Pertanyaan Seputar Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Kelemahan mobil matic di antaranya konsumsi bahan bakar lebih boros, biaya servis lebih mahal, tidak ada engine brake pada sistem pengereman dan sulit saat melakukan akselerasi di medan yang menanjak.

Mobil yang dibekali transmisi mesin otomatis terkenal cukup banyak mengonsumsi bahan bakar ketimbang mobil manual sehingga penggunaannya cuku boros. Hal tersebut terjadi karena rotasi per menit (RPM) pada mobil matic lebih tinggi dibandingkan mobil manual.

Kelebihan mobil manual di antaranya konsumsi bahan bakar lebih irit, biaya servis lebih murah, sparepart mudah didapatkan, terdapat engine brake pada sistem pengereman dan akselerasi mobil cukup baik.