Segera cek penerima BLT BBM 600 ribu untuk mengetahui apakah OtoFriends termasuk ke dalam golongan masyarakat penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM).

BLT BBM merupakan salah satu program bantuan pemerintah selain bantuan sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). Sebanyak 20,65 juta masyarakat Indonesia yang berhak menerima bantuan BBM tersebut.

Kendati demikian, bila kita telah memenuhi kriteria dan syarat sebagai penerima manfaat bantuan pemerintah, segera lakukan cek BLT 2023 dengan artikel Otoklix berikut ini.

Baca juga: Update Harga BBM September 2023, Banyak Yang Naik!

Cek Penerima BLT BBM

Cara mengecek daftar penerima BLT BBM ada 2 yakni melalui website Kementerian Sosial (Kemensos) di situs http //cek bansos.siks.kemsos.go id atau melalui aplikasi Cek Bansos.

1. Website http //cek bansos.siks.kemsos.go id

Cara cek BLT BBM lewat HP dengan mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Mengakses website https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Menginput informasi data diri seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan sesuai KTP
  • Menuliskan nama penerima manfaat yang benar sesuai KTP pada kolom yang tersedia
  • Menginput kode verifikasi atau kode captcha sesuai kolom yang tersedia, bila kodenya kurang jelas maka kita bisa meminta kode verifikasi baru dengan klik button di sebelah kotak kode verifikasi
  • Kemudian klik tombol “Cari Data”
  • Menunggu beberapa saat hingga informasi mengenai nama penerima manfaat yang dicari jelas apakah sebagai salah satu penerima manfaat bantuan dari Kemensos atau sebaliknya.

Bila OtoFriends termasuk penerima manfaat maka akan tertera informasi tentang usia penerima manfaat, jenis bantuan pemerintah yang berhak diterima, periode, dan keterangan proses pencairan bantuan misalnya seperti melalui PT Pos Indonesia atau melalui Bank Himbara.

2. Aplikasi Cek Bansos

Cara kedua untuk memeriksa daftar BLT BBM melalui aplikasi Cek Bansos. Berikut ini cara cek penerima BLT BBM, antara lain sebagai berikut:

  • Mengunduh dan menginstal aplikasi Cek Bansos di smartphone atau gadget
  • Membuat akun terlebih dulu bila belum memiliki akun
  • Melakukan Login berdasarkan data terdaftar pada aplikasi Cek Bansos
  • Memilih menu “Cek Bansos” pada halaman Dashboard
  • Menginput data wilayah penerima manfaat yang meliputi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan
  • Menginput nama penerima manfaat sesuai KTP pada kolom yang tersedia lalu klik tombol “Cari Data”
  • Menunggu beberapa saat hingga muncul informasi tentang penerima manfaat seperti usia penerima manfaat, jenis bantuan, periode dan keterangan proses pencairan

Baca juga: Cara Daftar dan Transaksi di Aplikasi My Pertamina

Cara Daftar BLT BBM di Aplikasi Cek Bansos

Setiap bulannya data penerima manfaat bantuan atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (STKS) selalu diperbarui berdasarkan permintaan pemerintah daerah dan masyarakat. Sebagai masyarakat, kita dapat mengajukan calon nama penerima manfaat melalui aplikasi Cek Bansos.

1. Melalui Fitur Usul

Apabila ada masyarakat yang dinilai berhak menerima bantuan pemerintah atau diri sendiri dan anggota keluarga yang dinilai berhak menerima bantuan pemerintah, OtoFriends bisa mendaftarkannya melalui aplikasi Cek Bansos. 

Berikut ini cara mendaftarkan calon penerima manfaat bantuan pemerintah, antara lain:

  • Melakukan Login pada aplikasi Cek Bansos sesuai dengan data yang telah terdaftar dan terverifikasi
  • Memilih menu “Daftar Usulan” pada halaman dashboard, lalu pilih tombol “Tambah Usulan”
  • Mengisi formulir yang tersedia berdasarkan data atau identitas kependudukan calon penerima manfaat yang benar sesuai KTP
  • Memilih jenis bantuan yang tersedia, antara lain BPNT atau PKH
  • Mengunggah KTP dan rumah tampak depan dari calon penerima manfaat
  • Memilih tombol “Tambah Usulan” dan proses pendaftaran telah selesai
  • Kita hanya perlu menunggu proses verifikasi yang dilakukan tim verifikasi khusus dari Kemensos.

2. Melalui  Fitur Sanggah

Selain mendaftarkan diri sendiri atau orang lain, masyarakat bisa menjadi bagian dari proses verifikasi untuk memastikan apakah daftar penerima BLT BBM yang tertera memang layak menerima bantuan pemerintah tersebut.

Melalui fitur Sanggah kita dapat memberikan penilaian kelayakan terhadap penerima manfaat yang telah terdaftar. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Login pada aplikasi Cek Bansos
  • Memilih menu “Tanggapan Kelayakan” di halaman dashboard
  • Halaman dashboard akan menampilkan informasi tentang data penerima BLT di sekitar wilayah kita tinggal
  • Memberi tanggapan melalui ikon tombol yang telah tersedia. Ikon tombol jempol ke atas mengartikan penerima tersebut layak, sedangkan jempol menghadap ke bawah mengartikan penerima bantuan tersebut tidak layak
  • Menuliskan alasan dari mengapa penerima manfaat tersebut tidak layak menerima bantuan
  • Terakhir, klik tombol “Kirimkan Tanggapan”

Baca juga: Program Subsidi Mobil Listrik, Solusi Tepat Mengurangi Emisi?

Demikianlah informasi tentang cara cek penerima BLT BBM 2023. BLT BBM merupakan program bantuan khusus yang diberikan pemerintah sejak tahun 2022 dengan tujuan untuk meringankan beban biaya hidup masyarakat atas kenaikan harga BBM.

Jika OtoFriends belum lolos verifikasi dan bukan termasuk bagian dari penerima manfaat bantuan pemerintah tersebut gak perlu berkecil hati. Kita tetap bisa menghemat biaya operasional kendaraan dengan rutin melakukan servis mobil.

Mengapa demikian? Sebab dengan rutin mengganti oli mobil, memeriksa kondisi aki mobil atau AC mobil dan aktivitas perawatan mobil lainnya, kita bisa terhindar dari servis mobil tingkat berat seperti servis tune up. Pasalnya servis tune up membutuhkan biaya besar.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Autoclix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Segra download aplikasi Otoklix sekarang, temukan bengkel mobil terbaik dan lakukan booking service secara online.

Pertanyaan Seputar Cek Penerima BLT BBM :


Cara mengecek daftar penerima BLT BBM ada 2 yakni melalui website Kementerian Sosial (Kemensos) di situs http //cek bansos.siks.kemsos.go id atau melalui aplikasi Cek Bansos.


Cara cek apakah kita terdaftar sebagai penerima BLT secara online melalui aplikasi Cek Bansos atau website cekbansos Kemensos. Kedua platform tersebut membutuhkan wilayah lokasi kita dan nama jelas sesuai dengan KTP.


Cara cek bantuan apa saja yang akan kita terima melalui aplikasi Cek Bansos. Cukup masukkan informasi wilayah tempat tinggal dan nama sesuai KTP melalui aplikasi tersebut.