Bepergian bersama keluarga besar tentu lebih nyaman menggunakan mobil pribadi. Apalagi kalau mobil itu bisa memuat banyak penumpang. Sayangnya, ada beberapa mobil dengan kabin luas, banderolnya cukup tinggi. Tentu, OtoFriends akan mencari kendaraan yang harganya terjangkau yakni mobil bekas.  Jangan khawatir, berikut adalah sejumlah mobil keluarga murah yang harganya di bawah Rp100 jutaan. Mari kita simak!

Mobil Keluarga Murah Harga Rp100 Jutaan

Mobil-mobil di bawah ini bisa didapat dengan harga Rp100 jutaan, dibekali mesin mumpuni dan kabin yang luas, cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Mari simak selengkapnya.

1. Toyota Avanza/Daihatsu Xenia

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mungkin menjadi mobil pertama yang terlintas di pikiran saat mendengar tentang mobil keluarga. Ada berbagai tipe Toyota Avanza, mulai tipe E, tipe G, dan tipe S untuk tipe tertingginya. Sementara tipe mobil Daihatsu Xenia di antaranya adalah tipe MI, LI, dan XI.

Mobil ini dibekali dengan mesin 1.0L, 1.3L atau 1.5L. Harga barunya memang masih mahal. Akan tetapi, OtoFriends bisa dapat mobil Avanza atau Xenia bekas dengan harga murah, sekitar Rp60 juta – Rp100 jutaan. Misalnya untuk Xenia keluaran 2004, bisa dibeli dengan harga Rp70 juta dan Toyota Avanza keluaran 2009 – 2012 dihargai sekitar Rp100 jutaan.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mobil Avanza 2022, Gagah dan Canggih!

2. Renault KWID

Renault KWID adalah mobil LCGC berjenis hatchback. Mobil ini punya kapasitas 5 penumpang dan dibekali mesin 1.000 cc. Renault KWID dalam kondisi baru harganya mencapai Rp134 jutaan. Sementara untuk unit bekasnya bisa didapat dengan harga Rp85 juta – Rp95 jutaan.

3. Honda Mobilio 

Honda Mobilio adalah mobil keluarga murah 7-seater dengan kapasitas mesin yang besar, yaitu 1.500 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 hp pada 6.600 rpm dan nilai torsinya 145 Nm. Hanya saja, harga barunya masih cukup mahal. Jadi, alternatifnya adalah beli mobil seken dengan harga mulai dari Rp120 jutaan.

4. Daihatsu Sigra /Toyota Calya

Meskipun termasuk baru keluar, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bisa langsung menarik perhatian pengguna mobil. Pasalnya, mobil yang termasuk LCGC ini punya harga yang murah, tetapi bisa menampung 7 penumpang.

Mari kita mulai dari mobil Daihatsu Sigra terlebih dahulu. Sigra dibekali dengan pilihan mesin 1.000 cc, 1.200 cc, dan 1.500 cc. Mobil ini punya fitur hiburan dan keselamatan yang cukup lengkap, sehingga bisa meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Mobil keluarga murah bekas ini bisa didapat dengan harga Rp90 juta – Rp109 jutaan.

Sementara itu, saudara kembarnya yaitu Toyota Calya juga punya spesifikasi yang tidak berbeda jauh. Mobil yang termasuk low MPV ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp100 jutaan untuk unit bekas keluaran tahun 2017. Sedangkan mobil barunya masih punya harga yang agak tinggi, yaitu Rp147 jutaan.

Baca Juga: Pilihan Oli Mobil Calya, Harganya Mulai Rp50 Ribuan

5. Datsun GO+

Hampir mirip dengan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya, Datsun Go+ juga termasuk ke dalam mobil low MPV. Mobil ini bisa menjadi alternatif pilihan di segmen low MPV dengan harga murah. Kelebihan mobil Datsun Go+ adalah hemat bahan bakar. Hanya dengan satu liter bahan bakar bisa menempuh jarak sampai 22 km. 

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memiliki sebuah mobil Datsun Go+. Unit barunya hanya Rp120 juta – Rp157 jutaan. Kalau mau lebih murah, bisa beli mobil seken Datsun Go+ produksi 2015 dengan harga Rp70 jutaan.

6. Suzuki Karimun Wagon R

Mobil keluarga murah berikutnya adalah Suzuki Karimun Wagon R bisa menjadi pilihan bagi OtoFriends yang ingin punya mobil keluarga yang bodinya ramping. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini dibekali mesin 1.2L. Harga mobil barunya sekitar Rp120 juta – Rp151 jutaan. Akan tetapi, Karimun Wagon R produksi 2014 bisa menjadi pilihan mobil keluarga murah Rp50 jutaan.

7. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis memiliki dimensi panjang 3.700 mm dan lebar 1.690 mm. Suzuki Ignis termasuk mobil jenis hatchback dengan kapasitas 5 penumpang. Dapur pacunya didukung dengan mesin Petrol 1.977 cc. Dalam kondisi baru, Suzuki Ignis dihargai sekitar Rp170 juta, tetapi unit bekas tahun 2017 bisa dibeli dengan harga di bawah Rp100 jutaan.

8. Wuling New Confero S

Wuling New Confero S adalah mobil MPV dengan kapasitas 7 – 8 penumpang. Baris ketiganya cukup luas, sehingga cocok membawa banyak penumpang. Selain itu, bagasinya juga luas. Dari segi dapur pacu, mobil keluarga murah ini dilengkapi dengan mesin 1.5L. Harga barunya masih tinggi, yaitu Rp146 juta – Rp191 jutaan. Namun, harga bekasnya untuk Wuling Confero tahun 2018 masih bisa didapat dengan harga 95 jutaan.

9. Suzuki Ertiga

Sejak awal Suzuki Ertiga sudah di-branding menjadi mobil keluarga murah. Tidak heran, mobil besutan Suzuki ini laris manis di pasaran. Kapasitas mesinnya 1.500 cc. Beragam fitur canggih juga disematkan di mobil ini. Harga Suzuki Ertiga bekas produksi tahun 2013 hanya Rp108 jutaan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Mobil Ertiga Tahun 2022

10. Suzuki APV

Suzuki APV menjadi mobil keluarga andalan yang bisa menampung banyak penumpang. Kabinnya sangat luas dan lega, jok yang cukup banyak dan juga tinggi. Suzuki APV menjadi mobil keluarga murah yang paling banyak diminati beberapa tahun yang lalu. Pasalnya, untuk unit produksi tahun 2004 saja bisa didapat dengan harga Rp60 jutaan saja.

11. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina juga menjadi mobil keluarga favorit. Tidak hanya terkenal dengan mobil sedannya, mobil-mobil SUV dan MPV dari Nissan perlu diakui kualitasnya. Harga mobil Nissan Grand Livina bekas keluaran tahun 2008 bisa didapat dengan harga mulai dari Rp65 jutaan. Sedangkan untuk produksi 2010 bisa didapat dengan harga mulai dari Rp73 jutaan.

Itu dia 11 mobil keluarga murah yang mesti masuk daftar anggaran dana. Bepergian atau bertamasya dengan keluarga akan lebih nyaman kalau semua anggota keluarga bisa bersama di dalam satu mobil. Jangan lupa selalu membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan servis rutin.

Mobil perlu rajin di servis agar performanya terjaga. Jadi, ketika dijual kembali harganya juga tidak jatuh. Servis rutin mobil melalui aplikasi Otoklix. Ada berbagai jasa layanan bengkel, misalnya ganti aki, ganti oli, servis AC, dan lainnya. Cek sekarang dan booking langsung via aplikasi.