Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki tugas untuk  menegakkan kedaulatan negara, dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam menjalankan tugasnya, TNI dibekali berbagai hal termasuk mobil khusus untuk tempur dan pertahanan.

Saat ini, mobil tentara Indonesia disediakan oleh PT Pindad Indonesia, yakni kendaraan Taktis 4×4 “KOMODO” dan Panser 6×6 “ANOA” yang telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian. Secara total ada 13 mobil tentara Indonesia yang digunakan untuk berbagai misi dan pertahanan negara. Berikut ulasannya. 

13 Mobil Tentara Indonesia

1. Kendaraan Taktis Maung 4×4

Kendaraan Maung Pindad ini ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan. Dengan kecepatan aman 120 km per jam, transmisi manual 6 speed Taktis Maung 4×4 mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km sehingga memiliki manuver yang gesit dan handal. 

Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya. Mobil seberat 2.160 kg ini mampu menampung hingga 4 orang di dalamnya. 

Baca Juga: 5 Mobil Polisi Indonesia untuk Patroli dengan Performa Mesin Kencang

2. Anoa 6×6 Mortar

Anoa 6×6 Mortar merupakan mobil tentara Indonesia yang dilengkapi dengan pelontar mortir 81 mm dengan recoil system. Dalam mendukung pengoperasiannya, Anoa 6×6 Mortar juga dilengkapi rak amunisi serta atap yang dapat dibuka dan ditutup otomatis dengan sistem hidrolis. 

Tipe ini memiliki kapasitas 6 orang personel termasuk pengemudi. Pada dapur pacu, Anoa 6×6 Mortar dilengkapi dengan mesin diesel bertenaga 600 HP yang memiliki top speed 80 km per jam di jalan raya.

Lalu untuk kebutuhan komunikasi saat menjalankan misi, Anoa 6×6 Mortar juga sudah dibekali Radio Kendaraan VHF & HF,  Perangkat Interkom, GPS, dan Penglihatan Termal Pengemudi.

3. Komodo 4×4 Missile Launcher

4×4 Missile Launcher merupakan mobil tentara Indonesia tipe Komodo dengan kemampuan untuk meluncurkan rudal Mistral yang terpasang pada bagian belakang kendaraan. 

Pada sektor pacunya, Komodo 4×4 Missile Launcher dibekali mesin Diesel segaris 4 silinder 215 HP dengan Turbocharger Intercooler dipadu transmisi manual untuk perpindahan percepatan. Mesin tersebut mampu menempuh jarak 80 km per jam di jalan raya. 

Varian ini memiliki kapasitas personel 4 orang yang biasa digunakan oleh TNI-AD untuk keperluan pertahanan udara. Komodo Missile Launcher sudah dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi personel yang berada didalamnya. 

4. Anoa 6×6 Command

Selanjutnya, ada Anoa 6×6 Command yang didesain untuk menjadi kendaraan bagi komandan dalam memimpin serta mengarahkan pasukan saat pertempuran. Di dalamnya, Anoa 6×6 Command mampu menampung hingga 7 orang. 

Mesinnya menggunakan diesel segaris 6 silinder 320 HP  menggunakan transmisi otomatis, menghasilkan top speed 80 km/h pada jalan raya dengan daya maksimal 320 Horsepower dan daya jelajah 600 kilometer. 

Tentunya, juga dibekali alat untuk komunikasi, berupa Radio Kendaraan VHF & HF, Interkom, GPS, Penglihatan Termal Pengemudi.

5. Harimau Medium Tank

Harimau Medium Tank Kanon 105 mm merupakan kendaraan tempur produk terbaru dari Pindad Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI sesuai kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot \\lebih ringan dari Main Battle Tank.

6. Water Cannon

Mobil Water Cannon memiliki kemampuan untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi. Mobil berpenggerak 4×4 ini memiliki berat 16 ton dengan kecepatan maksimal mencapai 80 kilometer per jam dan mampu menampung hingga 4 orang.

Di bagian atap, tepatnya di atas pengemudi, terdapat dua alat penyemprot air yang dikendalikan dari dalam kabin. Daya semprot mobil Water Cannon mampu menjangkau hingga 50 meter dengan kapasitas penampungan tangki air 5.000 liter. 

7. Badak 6×6

Panser 6×6 Kanon 90mm “Badak” merupakan varian baru dari keluarga Ranpur 6×6 Pindad Indonesia yang dibuat berdasarkan kebutuhan TNI khususnya satuan kavaleri.

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 90 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal yang dioperasikan oleh 3 orang personel. 

Mesin diesel 340 HP yang dilengkapi Turbo Charger Intercooler mampu membawa kendaraan ini pada top speed 80 km per jam dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer.

8. Anoa 6×6 Amphibious

Panser APC Anoa 6×6 tipe amfibi adalah pengembangan terbaru dari Panser Anoa APC oleh Pindad Indonesia. Sesuai namanya, kendaraan ini mampu melakukan maneuver baik di darat maupun permukaan air. 

Dalam beroperasi di air, Anoa Amphibious dapat mencapai top speed 10 km per jam. Kapasitas tangkinya mampu menampung bahan bakar menjadi 260 liter. 

Kendaraan ini dapat memuat 10 personel dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer menggunakan mesin bertenaga 320 Horsepower. Dilengkapi pula senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk melindungi personel selama proses pergerakan. 

Sebagai kendaraan amfibi, kendaraan ini dilengkapi dengan water propeller, swimming drive system dan sistem hidrolik untuk propulsinya. 

9. Anoa 6×6 APC (Armoured Personnel Carrier)

Anoa 6×6 APC merupakan generasi pertama kendaraan tempur yang memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut. Mobil ini memiliki rasio daya berat 25 HP per ton, serta dilengkapi sistem komunikasi dan transmisi otomatis.

Anoa tipe APC ini memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi. Sektor pacunya, Anoa APC  dibekali mesin Diesel Turbocharger Intercooler, 6 Silinder Inline 320 HP di 2.300 rpm, top speed 80 km per jam pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer.

Anoa 6×6 APC juga memiliki sistem persenjataan, antara lain pelepasan Granat Asap: kal. 66mm; (3 kanan, 3 kiri) Turret, Ketinggian -10 derajat sampai dengan +45 persen, rotasi 360° dengan pengoperasian manual.

Baca Juga: Daftar Harga Oli Transmisi Manual Beserta Kapan Waktu Ganti

10. Anoa 6×6 Recovery

Varian khusus dari keluarga Anoa 6×6 ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan recovery seperti Boom Crane dengan beban maksimal 6 ton, Winch dengan beban maksimal 15 ton, serta Jack Stand hidrolis. 

Anoa tipe recovery memiliki kapasitas 5 orang personel termasuk pengemudi. Tipe ini memiliki mesin serta kelengkapan komunikasi yang sama dengan Anoa tipe yang lainnya.

11. Komodo 4×4 Recon

Varian kendaraan taktis Komodo di desain untuk misi pengintaian. Kendaraan ini dirancang untuk bergerak cepat dan tepat dalam setiap misinya. 

Oleh karena itu, Pindad Indonesia membekali mobil ini dengan mesin diesel 215 HP dengan Turbocharger Intercooler, sehingga mampu mencapai top speed 80 km per jam di jalan raya, dengan daya jelajah sejauh 450 kilometer. 

Kendaraan ini cukup untuk menampung 4 orang personel di dalamnya, yang dapat terhubung dengan pasukan lain lewat alat komunikasi radio VHF dan HF, serta Intercom. Dibekali pula GPS dan Thermal Vision untuk membantu pengemudi mengoperasikan kendaraan dalam gelap di malam hari.

12. Anoa 6×6 Ambulance

Anoa 6×6 Ambulance merupakan varian Anoa yang diperuntukan bagi petugas medis dalam melaksanakan tugas perbantuan di medan pertempuran. Varian ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan medis seperti oksigen serta alat pacu jantung. Tipe ini memiliki kapasitas kru 7 orang. Sama seperti model Anoa lainnya, spesifikasi mesin serta alat komunikasi mobil ini juga serupa.

13. Anoa 6×6 Logistics

Terakhir, ada Anoa yang di desain spesifik untuk kendaraan angkut logistik dalam pertempuran. Kendaraan ini memiliki kemampuan untuk mengangkut bahan bakar, munisi, serta alat-alat perbaikan kendaraan lainnya. 

Penggunaan Anoa sebagai pengangkut logistik guna memastikan keamanan jalur logistik kepada para prajurit dalam berjalannya misi pertempuran. Tipe ini juga memiliki spesifikasi mesin serta alat komunikasi yang sama dengan varian Anoa lainnya.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam mobil tentara Indonesia beserta spesifikasinya. Jangan lupa untuk rutin service mobil dengan memanfaatkan fitur booking online serta temukan bengkel terdekat di aplikasi OtoKlix