Mobil BMW X1 adalah salah satu seri SUV compact yang dihasilkan oleh BMW. Pertama kali, konsep ini diperkenalkan di Paris Motor Show, tahun 2008. Lalu lanjut diproduksi pada tahun 2009 di Pabrik BMW Leipzig Jerman.

Hingga saat ini pun, BMW X1 masih terus diproduksi dan dipasarkan ke seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Lantas, seperti apakah detail eksterior dan interior dari mobil BMW X1 ini? Simak penjelasan setelah ini.

Harga Terbaru BMW X1 2022

Untuk harga BMW X1 sendiri mulai 830 juta rupiah hingga 920 juta rupiah. Nah, untuk varian BMW X1 sDrive18i Dynamic dibanderol dengan harga lebih murah yakni Rp 830 juta saja. 

Sedangkan, varian lainnya yaitu BMW X1 sDrive18i M Sport dibanderol Rp 920 juta. Memang mahal, tetapi tentu juga sebanding dengan keunggulan yang ditawarkannya.

Spesifikasi Mobil BMW X1 2022

Berikut adalah spesifikasi dari mobil BMW X1 yang mungkin bisa jadi salah satu pertimbanganmu kenapa harus memilih mobil ini sebagai mobil impian.

  1. Varian Mobil BMW X1

Sangat disayangkan, di Indonesia sendiri hanya dipasarkan 1 dari 2 varian yang ada. Varian tersebtu antara lain BMW X1 sDrive18i xLine dan BMW X1 sDrive18i. Untuk yang tersedia di Indonesia saat ini yang pertama. 

Perbedaan kedua varian terlihat dari eksterior, interior, dan fitur yang disematkan. Untuk eksterior xLine sendiri memiliki bumper bagian bawah, belakang, dan side skirts. Bahkan hingga gril yang berlapiskan silver merupakan tanda eksteriornya xLine.

  1. Mesin Mobil BMW X1

Perlu kamu ketahui, untuk BMW X1 sendiri disematkan mesin silinder 1,5 L yang mempunyai tenaga maksimal sekitar 140 Dk dengan torsi puncaknya 220 Nm.

Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan ke roda depan dan memiliki transmisi otomatis 7 percepatan.

Adanya pengaturan mesin terbaru pada BMW X1, juga membuatnya semakin hemat saat penggunaan BBM.

Khusus pemakaian luar kota, maka dari BMW X1 sendiri sudah mengklaim bahwa mempunyai rataan konsumsi BBM hingga 18,9 km/L. Sementara itu, untuk dalam kota berkisar 9–10 km/L.

  1. Fitur Tersedia Mobil BMW X1

Tak lupa, ada juga fitur canggih yang bisa disaksikan dari BMW X1 ini. Nah, salah satunya fitur Apple CarPlay Wireless yang menyajikan kompatibilitas tanpa kabel melalui iPhone.

Selain itu, juga terdapat fitur suspensi adaptif yang berperan mengatur suspensi secara otomatis. Jadi, saat kamu sedang melintasi jalan yang rusak, suspensinya jadi lebih lembut. Sedangkan, saat kecepatan tinggi, suspensinya akan mengeras otomatis.

Fitur keselamatan seperti air bag serta seatbelt 3 titik juga tersedia pada BMW X1. Kemudian sistem keselamatan lainnya antara lain Multi Collision Brake, DDC (Dynamic Stability Control), DTC (Dynamic Traction Control), DBC (Dynamic Brake Control).

  1. Interior Mobil BMW X1

Untuk bagian interiornya didesain dengan jok yang lebih ergonomis. Adapun bahan material yang digunakan untuk jok mobilnya adalah kulit artificial khas BMW.

Bahan tersebut telah dikenal mampu memberikan kenyamanan kepada penumpang saat mendudukinya. Bahkan, kursi pengemudi pun dapat diatur sesuai kenyamanan pengemudi, seperti penopang paha. 

Di samping itu, ada pula pengaturan elektrik serta fitur memori yang dapat menyimpan data pengaturan kursi saat terakhir kali digunakan. Apabila kamu suka membawa buku banyak, maka tersedia saku di belakang jok mobil. 

  1. Eksterior Mobil BMW X1

Bagian eksterior dapat terlihat dari desain BMW X1 yang sporty dan elegan, terutama di bagian depan yang memiliki desain kidney grille baru, yakni grille one piece yang lebat.

Apalagi lampunya dibuat lebih besar sehingga mampu memberikan desain terbaru dengan fitur visibilitas di malam harinya yang juga lebih baik.

Menariknya, juga dipancarkan dari tuas transmisinya yang telah mengandalkan joystick dan tentu saja berbeda dari model sebelumnya. Adanya tuas transmisi ini, bisa sebagai kendaraan keluarga untuk keseharian.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Kelebihan BMW X1 Tahun 2022

Keistimewaan dari BMW X1 yaitu area kabinnya lebih luas dan elegan. Sehingga, bagian interiornya sangatlah nyaman dengan kapasitas muat 4–5 orang.

Untuk bagian dashboardnya sendiri dipadukan dengan interior berdesain ergonomis serta penumpang akan semakin dimanjakan karena adanya sistem infotainment dengan touchscreen yang berukuran 8,8 inch.

Kelebihan lainnya, steeringnya sudah tilt-telescopic. Dengan multifungsi pada beberapa tombol membuat si pengemudi akan lebih mudah saat mengoperasikan berbagai fitur yang terdapat di kendaraan.

Contohnya, penyesuaian setir agar lebih nyaman bisa diatur menggunakan tilt telescopic ini.

Kekurangan BMW X1 Tahun 2022

Kelemahan BMW X1 sudah terlihat dari harganya yang cukup mahal. Kemudian untuk performa mesinnya sendiri kurang bagus, sebab hanya mengeluarkan 138 hp. 

Nilai tersebut cukup rendah dibandingkan dengan rivalnya. Namun, karena mampu menghasilkan BBM yang irit, makanya mesin pada BMW X1 tetap disukai.

Mungkin, kamu juga akan menemukan masalah pada komponen kaki-kaki mobilnya. Ini dikarenakan roda depannya juga bekerja sebagai penggerak tenaga dari mesin. 

Pajak BMW X1 Tahun 2022

Adapun jika kamu membeli mobil BMW X1, maka siap-siap untuk membayar pajak tahunan sebesar 12,936 juta rupiah. 

Karena mobil ini dibanderol harga tinggi, jadi wajar saja beban pajaknya tinggi. Jangan lupa, untuk selalu lakukan perawatan rutin mobil BMW X1 di bengkel terdekat.

Pertanyaan Seputar BMW X1

Harganya mulai dari Rp 830 juta hingga Rp 920 juta

Mobil BMW X1 muat untuk kapasitas 4–5 orang.

Multi Collision Brake, DDC (Dynamic Stability Control), DTC (Dynamic Traction Control), DBC (Dynamic Brake Control)..