Ketika mobil Hybrid belum terlalu marak di Indonesia, Toyota sudah mengawalinya dengan Toyota Prius HEV Gen-2 pada tahun 2009 silam. Hingga kini, mobil hybrid Toyota mulai bervariasi, diciptakan dari model-model sebelumnya yang diperbarui dengan mesin hybrid.

Sebagai informasi, HEV adalah singkatan dari Hybrid Electric Vehicle. Artinya adalah kendaraan elektrifikasi yang memakai penggerak motor bakar dan motor listrik.

Lantas, apa saja mobil hybrid Toyota yang sudah beredar di pasaran? Simak 7 mobil hybrid Toyota beserta spesifikasi singkatnya.

Daftar Mobil Hybrid Toyota

Hingga kini, Toyota punya beberapa model pilihan untuk mobil hybrid, antara lain Prius HEV, Camry HEV, Alphard HEV, C-HR HEV, Corolla Altis HEV, Corolla Cross HEV, dan yang paling baru adalah Kijang Innova Zenix HEV.

Mobil-mobil ini bisa mengisi listrik mandiri selayaknya mobil listrik. Mobil hybrid dianggap sebagai kendaraan masa depan yang pas dipakai di Indonesia saat ini. Sebab, mobil ini punya Hybrid Sinergy Drive (HSD) yang mampu mengatur kinerja mobil tanpa perlu repot dengan kapasitas baterai.

Sehingga, mobil hybrid dirasa pas untuk kondisi Indonesia yang mana belum meratanya infrastruktur untuk pengisian listrik di seluruh wilayah tanah air. Berikut ini adalah daftar mobil hybrid Toyota terbaru 2023.

1. Toyota Camry HEV

Sejak dulu Camry dikenal dengan tampilannya yang mewah. Termasuk juga ketika meluncur versi hybridnya. Tampilan luarnya mewah dengan interior berkelas sehingga menawarkan kenyamanan yang paripurna.

Mesin A25A-FXS yang merupakan teknologi hibrida generasi keempat disematkan pada sedang mewah ini. Toyota Camry HEV dibekali dengan mesin berkapasitas besar, yakni 2.494 cc empat silinder. Mesin ini mirip dengan Alphard HEV, tetapi lebih canggih.

Disematkannya mesin ini membuat tenaga yang dihasilkan Camry HEV cukup besar, yaitu 178 PS pada 5.700 rpm. Torsinya pun termasuk tinggi untuk ukuran mobil sedan, yaitu 22,5 kgm pada 3.500 – 5.200 rpm. Di sisi lain, sudah ada teknologi seperti Head Up Display (HUD) yang merupakan salah satu model hybrid paling laris di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023

2. Toyota Alphard HEV

Selanjutnya ada MPV bongsor yang terkenal dengan kemewahannya. Hampir sama dengan versi Alphard sebelumnya, Toyota Alphard HEV juga menawarkan kemewahan dan kenyamanan yang istimewa.

Mesin yang disematkan adalah tipe 2AR-FXE, empat silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i. Kapasitas mesinnya berkubikasi 2.494 cc. Dengan mesin ini, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 152 PS pada 5.700 rpm. Torsinya 21 kgm di 4.400 rpm hingga 4.800 rpm.

Mobil ini punya dua pasang motor listrik pada roda depan dan belakang. Tenaga dan torsi motor listrik secara maksimal berada pada roda depan, yaitu sebesar 143 PS dan 27,5 kgm. Sementara di roda belakangnya sebesar 68 ps dan 14,2 kgm. 

Prinsip kerja gerak 4 roda juga sangat bermanfaat saat mobil baru beroperasi atau membutuhkan tambahan daya. Distribusi tenaganya diatur supaya bisa mendorong MPV besar ini dengan daya yang paling efisien.

3. Toyota Prius Gen-4

Kalau pada 2009 muncul generasi kedua dari Toyota Prius, generasi keempatnya diluncurkan pada tahun 2015. Namun, Pris Gen-4 ini dijual by order.

Toyota Prius Gen-4 ini dibekali dengan mesin 1.797 cc 4 silinder, DUal VVT-i, DOHC. mobil berjenis liftback ini bisa menghasilkan tenaga hingga 98 PS pada 5.200 rpm. Sementara itu, motor listrik yang disematkan bisa menghasilkan tenaga sampai 72 ps dan torsi 16,6 kgm.

Prius juga sudah memakai sasis TNGA sehingga menawarkan kenyamanan, keamanan, dan kenikmatan berkendara seperti mobil ramah lingkungan khas Toyota lainnya.

4. Toyota C-HR HEV

Bagi penggemar mobil-mobil sporty, Toyota CH-R HEV pasti langsung menarik perhatian. Sebab, crossover ini memang memiliki tampilan yang keren. Selain keren, mobil ini juga punya kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Toyota C-HR HEV menggunakan mesin 2ZR-FXE. Tenaganya memang tidak sebesar mobil-mobil yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni hanya 100 PS yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 36 PS.

C-HR mengklaim bahwa emisi CO2-nya lebih rendah sekitar 60% daripada mobil standar serta lebih efisien 62%. Mobil ini juga sudah memakai sasis TNGA dan dibekali dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap untuk berkendara.

Baca juga: Lengkap! Spesifikasi Toyota Camry Hybrid dan Harganya

5. Toyota Corolla Altis HEV

Corolla Altis juga dikenal sebagai sedan mewah. Mobil ini dibekali dengan mesin 2ZR-FXE seperti CH-R, dengan kapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i.

Dengan mesin ini, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 95 PS pada 5.200 rpm dengan torsi sebesar 14,47 kgm di 4.000 rpm. Sedangkan motor listriknya berdaya 72 PS dengan torsi 16,62 kgm.

Kemudian, teknologi Hybrid Synergi Drive (HSD) yang disematkan pada Corolla Altis HEV juga direkayasa agar bisa menghasilkan kombinasi kontrol yang intuitif dan halus, performa yang tangguh, tetapi konsumsi bensin yang tetap irit.

Semua mobil hybrid Toyota telah dilengkapi dengan 4 mode berkendara, yaitu Normal, Eco, Sport, dan EV mode.

6. Toyota Corolla Cross HEV

Mobil hybrid Toyota berikutnya adalah Toyota Corolla Cross HEV. Mobil ini dibekali mesin dengan kapasitas mesin 1.798 cc 4 silinder DOHC, Dual VVT-i. Semburan tenaganua bisa mencapai 98 PS. Mesin hybrid mobil ini diberi kode 2ZR-FXE.

Sementara itu, motor listriknya bisa menghasilkan power sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 kgm. Teknologinya bikin lebih efisien dan menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah dari model gasoline.

Sehingga, keuntungan yang bisa didapat adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, tetapi performanya tetap juara.

7. Toyota Prius PHEV Gen-2

Toyota Prius PHEV Gen-2 ini memakai sistem HSD (Hybrid Synergy Drive) II sebagai pengatur kinerjanya. Meskipun begitu, Toyota Prius PHEV Gen-2 ini memakai mesin yang serupa dengan pendahulunya, yakni 2ZR-FXE 1.797 cc. 

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 98 PS pada 5.200 rpm dengan torsi 14,5 kgm pada 3.600 rpm. Dibandingkan dengan generasi pendahulunya, tenaganya memang turun 1 PS. Namun, torsi yang dihasilkan pada putaran mesin lebih rendah, sehingga efisiensi meningkat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2023, Hybrid 300 Juta

Uniknya, Prius PHEV Gen-2 disematkan teknologi dual motor drive system. Sehingga, tidak cuma motor listrik yang menyumbang tenaga ke roda depan, tetapi ada juga generator yang tugas utamanya untuk mengisi baterai dan menyumbang tenaga saat melakukan akselerasi.

Sehingga, performa motor listriknya meningkat, tenaganya bisa mencapai 72 PS pada motor listrik dan 31 PS pada generator. Di sisi lain, torsinya mencapai 16,6 kgm dan 4,1 kgm pada motor listrik dan generatornya. 

Bisa dikatakan bahwa Prius PHEV punya charger listrik mandiri sehingga bisa mengisi baterai di rumah atau sumber pengisian listrik publik.

8. Toyota All New Kijang Innova Zenix

Mobil hybrid Toyota terakhir dan teranyar adalah All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Mesin yang disematkan pada mobil ini adalah Toyota Hybrid System generasi kelima. Sistem terbaru ini membuat kontrol produksi tenaga pada motor bakar maupun motor listrik lebih optimal.

Sehingga, performa yang dihasilkan tetap superior, dengan efisiensi yang lebih baik dan tentunya rendah emisi gas buang. Jadi, lebih ramah lingkungan, tetapi mesinnya tetap mumpuni dan konsumsi BBM tetap irit.

Kijang Innova Zenix memakai mesin TNGA 2.0L dengan tenaga M20A-FXS. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm.

Kapasitas mesinnya yaitu 1.987 cc 4 silinder dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini diperkuat dengan adanya motor listrik dengan daya 113 PS dan torsi 21 Kgm. Sehingga, tenaga gabungannya mencapai 186 PS.

Motor listrik Innova Zenix juga dibuat compact, sehingga komponen di dalamnya bisa meningkatkan power output. Termasuk adanya downsized transaxle yang berfungsi menyalurkan tenaga ke roda depan yang bisa menghasilkan efisiensi optimal dan juga lebih senyap saat beroperasi.

Masih ada lagi keunggulan dari mobill hybrid Toyota ini, yaitu baterai hybrid Ni-MH yang dibikin kompak sehingga bisa disimpan pada ruang di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang area kabin.

Ada filter pada tutup saluran udara pendingin baterai. Jadi, usia pakai baterai bisa lebih lama karena tidak adanya penumpukan debu di jalur pendinginan yang bisa meningkatkan suhu baterai.

Itu dia 8 mobil hybrid Toyota yang makin diminati di pasar otomotif Indonesia. Mobil hybrid tidak terlepas dari perawatan berkala, sebab masih membutuhkan mesin bakar untuk beroperasi.

Sehingga, pastikan untuk melakukan servis rutin mobil. Bengkel flagship Otoklix bisa memenuhi kebutuhan servis mobil pelanggan. Sebab, servisnya lengkap, berkualitas, harganya transparan, hingga dapat garansi 14 hari.

Kunjungi bengkel flagship Otoklix yang tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil Hybrid Toyota


Dari segi performa maupun efisiensi, mobil hybrid Toyota memang sangat unggul. Namun, harganya yang masih lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional dianggap sebagai salah satu kelemahan mobil hybrid.


Mobil hybrid adalah mobil yang memakai sistem penggerak dari dua sumber energi, yaitu bahan bakar seperti mobil konvensional, dan juga listrik yang berasal dari baterai yang diproses oleh motor listrik. Kombinasi keduanya menghasilkan efisiensi dan tenaga yang tinggi, tetapi tetap ramah lingkungan.


Kelebihan mesin hybrid adalah emisi gas buang yang rendah sebab pembakaran berjalan dengan lebih baik. Selain itu, suara mesin juga terdengar lebih halus. Performa dan akselerasi meningkat juga jadi salah satu kelebihan mesin hybrid.