Honda memperkenalkan mobil Brio pertama kali di tahun 2012 dengan status Completely Built Up (CBU) dari Thailand. Secara resmi Honda Brio dirakit di Indonesia satu tahun kemudian. Hingga saat ini, Brio masih menjadi mobil pilihan untuk mendukung mobilitas di dalam kota.

Terdapat 2 varian tipe mobil Brio yakni Honda Brio Satya yang berada di kelas mobil LCGC dan Honda Brio RS di segmen city car. 

Kabarnya di tahun 2023 Honda kembali memproduksi generasi terbaru mobil Brio. Berapa harga Honda Brio 2023? Honda menyematkan apa saja pada mobil Brio generasi terbaru ini? Simak uraian selengkapnya.

Baca juga: Intip Biaya Service Mobil Honda Brio Sampai 100.000 KM

Desain Eksterior

Tampilan depan mobil Brio mendapat ubahan yang cukup signifikan yakni dengan mengadopsi bumper Honda Mobilio. Bagian kap mesin mobil, grille, lampu hingga fender depan pun mengalami facelift. 

Sedangkan body bagian pilar B masih mempertahankan karakter mobil Brio generasi sebelumnya. Dimensi Honda Brio sendiri memiliki panjang 3795 – 3810 mm, lebar 1680 mm, dan tinggi 1485 mm.

Kemudian desain pilar B ke belakang terlihat lebih panjang karena jarak antar ban mobil sengaja dibuat lebih panjang. Bagian bagasinya, Honda menggunakan panel kaca besar untuk pintu belakang atau pintu bagasi Brio.

Honda meninggalkan desain headlamp segitiga ciri khas Brio dan beralih dengan desain kotak untuk mempertegas kesan luwes dan simple sebagai mobil city car.

Kembali lagi ke bagian depan di mana desain grille dibuat lebih tipis dan dikawinkan dengan grille model sarang lebah dan lampu LED serta Daytime Running Light. 

Tampak sekilas Honda Brio menyerupai Honda Mobilio, namun khusus tipe Brio Satya Honda mengurangi beberapa komponen. Misalnya saja seperti desain Brio Satya S bagian depan gak ada lampu kabutnya.

Untuk membedakan Honda Brio Satya dengan RS terletak di bagian headlamp projector, side skirt, dan kaca belakang mobil Brio RS yang memiliki garnish beraksen diffuser sehingga lebih sporty.

Belum lagi velg yang digunakan Brio Satya S hanya velg berbahan kaleng, sedangkan Brio Satya varian E hingga RS menggunakan velg alloy kelir silver. Velg mobil Brio RS memiliki ukuran lebih besar daripada Satya. Velg Brio RS berukuran 185/55 R15 sedangkan tipe Satya hanya 175/65 R14.

Adapun pilihan warna yang tersedia antara lain warna Crystal Black Pearl, Electric Lime Metallic, Meteroid Gray Metallic, Taffeta White dan Rallye Red untuk tipe Satya, Phoenix Orange Pearl Two Tone dan Stellar Diamond Pearl (RS).

Baca juga: Intip Harga Ban Mobil Brio dan Pilihan Rekomendasinya

Desain Interior

Saat memasuki mobil Brio Satya dan RS, kita langsung merasakan aura yang berbeda di mana kesan mobil Brio RS lebih mewah dan sporty dengan warna dominan hitam sedangkan mobil Brio Satya memiliki perpaduan warna hitam pada bagian dasbor dan jok berwarna beige.

Mobil berkapasitas 5 penumpang ini memiliki desain kabin mobil yang cukup lega untuk pengemudi dan penumpang. 

Mulai dari kepala hingga kaki kita akan terasa nyaman selama berkendara walaupun headrest pada jok pengemudi didesain menyatu akan tetapi posisi tersebut gak terlalu mengganggu posisi bahu, punggung hingga paha. Sayangnya bagasi Brio didesain berkapasitas kecil.

Berbicara tentang fiturnya, Honda telah membekali Brio tipe Satya S dan E 4 speaker tanpa tweeter. Desain head unit didukung dengan teknologi Pioneer FH-S505BT terdapat fitur CD player, bluetooth, USB dan kabel AUX.

Adapun headunit Honda Brio RS berukuran 6,1 inci memiliki layar touchscreen dengan fitur konektivitas bluetooth, USB dan AUX. Menariknya, Honda juga membekali fitur multimedia dengan entry-level yang kompatibel dengan iPod dan tombol audio pada bagian setir kemudi.

Performa Mesin

Sementara itu, bagian mesinnya sendiri Honda gak membedakan seluruh tipe Honda Brio. Mobil Brio generasi terbaru ini dibekali mesin yang sama yakni mesin L12 B 1.2 L i-VTEC 4 silinder segaris Single Over Head Camshaft (SOHC).

Dengan spesifikasi mesin tersebut, Brio mampu menghasilkan capaian tenaga maksimal sebesar 90 PS pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm. Capaian tenaga tersebut cukup bagus untuk pemakaian dalam kota.

Meskipun Honda mempertahankan mesin Brio sama seperti generasi sebelumnya, akan tetapi Honda juga membekali exhaust delay atau rasio bukaan katup dan i-VTEC bukaan katup tunggal untuk putaran mesin rendah.

Belum lagi pilihan transmisi otomatis CVT yang membuat mesin mobil terdengar halus dan membantu efisiensi bahan bakar. Rasio CVT akan berubah-ubah tergantung dari rasio gigi untuk menjamin putaran mesin sehingga saat berpindah gigi biasanya kita gak akan merasakan apapun.

Untuk diketahui bahwa konsumsi bahan bakar Honda Brio generasi terbaru 2023 ini mencapai 13,1 km/liter untuk dalam kota dan 23,8 km/liter untuk pemakaian luar kota.

Baca juga: 12 Merek Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Fitur keselamatan standar seperti sistem pengereman menggunakan anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD) mulai dari Brio Satya tipe E CVT hingga RS, dual front SRS airbag untuk semua tipe, immobilizer dan alarm.

Bagian suspensinya Honda membekali MacPherson Strut di bagian depan dan torsion beam bagian belakang. Selain itu, terdapat teknologi G-CON yang membuat struktur rangkat cukup rigid bila terjadi benturan. 

Teknologi ini akan menyerap benturan tersebut sehingga dapat melindungi pengemudi dan penumpang. Kendati demikian, kita tetap perlu waspada saat melintasi jalanan rusak karena ground clearance Honda Brio pendek sehingga bagian kolong mobil lebih gampang bersentuhan dengan permukaan jalan.

Harga Honda Brio 2023

Mengutip dari situs resminya Honda, berikut ini harga Honda Brio 2023 yang terdiri dari harga Honda Brio Satya dan harga Honda Brio RS terbaru 2023.

Tipe Mobil HondaHarga Mobil Honda Brio
Honda Brio Satya S MTRp165,9 jutaan
Honda Brio Satya E MTRp180,6 jutaan
Honda Brio Satya E CVTRp193,9 jutaan
Honda Brio RS MTRp236,4 jutaan
Honda Brio RS CVTRp246,4 jutaan

Harga di atas merupakan harga mobil Brio untuk nomor rangka tahun 2023 dan harga OTR Jakarta.

Demikian informasi tentang mobil Brio generasi terbaru 2023 yang baru saja rilis. OtoFriends bisa memilih mobil kesayangan kita, mau mobil LCGC atau mobil city car.

Walaupun harganya relatif murah dan terjangkau, kita tetap harus mempersiapkan sejumlah uang untuk mempersiapkan biaya servis mobil. Sebab, baik mobil baru maupun mobil lama berusia tua tetap akan bertenaga maksimal bila rutin melakukan servis mobil secara berkala.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan!

Mulai dari ganti oli mobil, memeriksa tekanan angin ban mobil, melakukan servis tune up hingga servis dengan kerusakan berat bisa dilakukan di Bengkel Otoklix.

Otoklix menjamin kehandalan mekaniknya profesional, menjamin keaslian spare part mobil setara OEM dan transparansi biaya servis bisa segera kita ketahui sebelum kita datang ke bengkel.

Bagi OtoFriends yang memiliki kesibukan padat, gak perlu khawatir karena ada fitur reminder servis mobil sehingga gak ada lagi kata kelupaan melakukan servis. Kita juga bisa melakukan booking service secara online dan membayar biaya secara online. Segera bawa mobil kesayangan ke Bengkel Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil Brio

Harga Honda Brio 2023 mulai dari Rp165 jutaan, harga Honda Brio Satya S MT Rp165,9 jutaan, Honda Brio Satya E MT Rp165,9 jutaan, Honda Brio Satya E CVT Rp193,9 jutaan, harga Honda Brio RS MT Rp236,4 jutaan, dan Honda Brio RS CVT Rp246,4 jutaan.

Harga Honda Brio manual terbaru mulai dari Rp165,9 jutaan untuk tipe Satya S MT, Rp180,6 jutaan untuk tipe Brio Satya E MT, dan Rp236,4 jutaan untuk tipe Honda Brio RS MT.

Mobil Brio tipe tertinggi saat ini adalah mobil Brio RS yang termasuk ke dalam kelas mobil city car. Dua perbedaan yang mencolok pada mobil tipe RS dan Satya adalah warna kabin mobil dan ukuran velg mobil.