Siapa yang gak tahu mobil APV. Mobil ini sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 2004. Suzuki APV Arena dirakit dan dipasarkan di bawah pengawasan PT Indomobil Suzuki International. APV Type II atau yang kita kenal dengan sebutan mobil APV ini mengalami banyak pembaruan dan perubahan sejak pertama kali kehadirannya.

Suzuki melakukan facelift pada APV Arena pertama kali di tahun 2007, kemudian 2 tahun kemudian di tahun 2009 varian mobil MPV baru diciptakan yakni APV Luxury. Dengan perubahan tersebut, APV jadi mobil primadona saingannya Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max MB untuk meraih pasar keluarga atau pasar mobil berkapasitas besar.

Mobil APV muat berapa orang? Apa saja facelift yang dilakukan Suzuki pada mobil APV terbaru? Berapa harga tipe mobil APV terendah sampai tertinggi? Temukan jawabannya pada artikel otomotif berikut ini.

Baca juga: 15 Mobil MPV Terbaik Lengkap dengan Harganya

Harga Suzuki APV 2023

Mengutip dari website resminya Suzuki, berikut ini harga mobil APV Luxury dan APV Arena varian lainnya. Harga berikut ini merupakan harga On The Road Jakarta yang berlaku per Agustus 2023.

Tipe Suzuki APV ArenaHarga Suzuki APV Arena
Suzuki APV Blind Van 1.5 MTRp178,6 juta
Suzuki APV GA Rp218,4 juta
Suzuki APV Arena GLRp226,5 juta
Suzuki APV Arena GXRp240,5 juta
Suzuki APV Arena SGXRp243,7 juta
Suzuki APV New Luxury SGX LUX2 R15 MTRp260,3 juta
Suzuki APV New Luxury SGX LUX2 R17 MTRp264,3 juta

Spesifikasi Mobil APV

Mobil MPV menjadi salah pesaing mobil Luxio yang cukup berat karena sudah terkenal lebih dulu menjadi mobil keluarga berkapasitas besar. Berikut ini rincian tentang performa mesin, fitur yang disematkan Suzuki hingga desain eksterior dan interiornya.

1. Performa Mesin

Suzuki membekali mobil APV generasi terbaru dengan mesin G15A berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder inline, 16 katup yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 Ps pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 126 Nm pada 3.000 rpm.

Untuk menyempurnakan mesinnya, Suzuki menambahkan teknologi khusus untuk mengontrol bahan bakarnya yakni sistem Multipoint Injection sehingga mobil dapat menampung bensin dalam jumlah banyak hingga 46 liter. Gak heran bila mobil APV terkenal sebagai mobil minivan MPV irit.

2. Fitur Keselamatan dan Keamanan

Struktur kerangka APV Arena menggunakan kerangka Total Effective Control Technology (TECT) yang mampu meredam saat terjadi benturan. Teknologi Side Impact Beams juga disematkan Suzuki untuk menghindari terjadinya engsel pintu terkunci jika terjadi benturan atau kecelakaan.

Masih berbicara tentang benturan dan kecelakaan, gak ketinggalan fitur Seat Belt yang dilengkapi dengan teknologi Emergency Lock Retractor (ELR) yang berperan untuk memberikan proteksi tambahan bagi pengemudi saat terjadi benturan keras di bagian depan mobil.

Fitur dan teknologi lainnya yang dibekali Suzuki, antara lain:

  • Engine Check Warning
  • Child Safety Locks
  • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian
  • Sabuk Pengaman Belakang
  • Airbag Penumpang Depan
  • Pengingat Pintu Terbuka dan Sabuk Pengaman
  • Pelindung Benturan Samping
  • Engine Immobilizer
  • Anti Theft Device
  • AC Mobil
  • Ventilasi AC Belakang
  • Cup Holder Depan
  • Power Window Depan

Baca juga: Intip Kisaran Biaya Ganti Oli Mobil Suzuki APV

3. Desain Eksterior

Sementara itu, untuk desain eksteriornya sendiri, konsep boxy masih digunakan oleh Suzuki namun dengan tampilan luar yang jauh lebih elegan, khususnya dengan penggunaan headlamp berukuran besar dan Multi Reflector. Dengan 2 penyegaran tersebut maka kita bisa lebih tenang saat berkendara di malam hari.

Lanjut lagi pada bagian bumpernya, Suzuki membekali mobil APV terbaru dengan Front Bumper dan Grille desain terbaru yang elegan yang dikawinkan dengan Foglamp di bagian bumper.

Facelift yang cukup mencolok adalah desain modern pada lampu sein, adanya rear spoiler dibagian belakang untuk mempertegas kesan sporty. Mobil APV terdiri dari 3 pilihan warna antara lain Burgundy Pearl, Cool Black Metalic, dan Silky Silver Metallic.

4. Desain Interior

Di bagian desain interiornya sendiri, kita langsung terpana dengan perpaduan dual warna yakni aksen kayu dan warna monokrom seperti warna hitam atau silver. Mobil APV tipe GL memiliki desain panel speedometer berwarna hitam sedangkan tipe GX berwarna silver.

Sayangnya Suzuki belum membekali mobil APV dengan layar infotainment, sehingga kita hanya bisa menikmati hiburan dari radio atau pemutar CD/DVD. Namun, fitur hiburan lain yang dibekali Suzuki seperti soket USB dan speaker depan bisa kita temukan di mobil Suzuki APV 2023.

Bergerak ke bagian kursinya, desain kursi mobil APV berkonsep “Captain Seat” sehingga kita dapat merasakan kenyamanan dan kelapangan ruang kabin. Hal ini cukup berpengaruh khususnya saat kita melakukan perjalanan jauh lintas kota. Penumpang memiliki ruang khusus untuk kepala dan kaki yang begitu luas.

Baca juga: Oli Mobil Suzuki Terbaik dan Tips Pentingnya

Itulah informasi tentang mobil APV terbaru 2023 terlengkap mulai dari performa mesin, fitur, desain eksterior dan interior hingga harganya. OtoFriends yang sedang mencari mobil berkapasitas besar atau mencari mobil keluarga bisa menjadikan Suzuki APV 2023 sebagai pilihannya.

Selain mobil APV baru, mobil bekasnya pun masih jadi incaran para kolektor atau pecinta otomotif. Mobil berkapasitas maksimal 7 penumpang ini dijual dengan harga cukup murah mulai dari Rp50 jutaan. Melihat harga mobil APV bekas yang cukup murah, gak heran bila mobil bekasnya masih dicari banyak orang.

Gak perlu khawatir mengenai performa dan kondisi kesehatan mobil bekas. Sebab OtoFriends bisa membawanya ke bengkel body repair atau bengkel detailing untuk memperbaiki dan merawat mobil secara mendetail.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Performa mobil akan lebih optimal bila kita memperhatikan kondisi kesehatannya seperti waktu rutin ganti oli mobil, memeriksa kondisi aki mobil, memastikan seluruh fitur yang ada dalam kondisi baik hingga memastikan tekanan angin ban mobil sesuai standarnya. Bersama Otoklix, mari kita rawat mobil kesayangan OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Mobil APV


Mobil Suzuki APV 2023 dijual mulai dari Rp178,6 juta sampai tipe tertingginya yang dijual sebesar Rp264,3 juta. APV tipe Blind Van merupakan tipe terendah yang dijual sebesar Rp178,6 juta, APV GA sebesar Rp218,4 juta, APV Arena SGX Rp243,7 juta hingga tipe tertinggi APV New Luxury SGX LUX2 R17 MT seharga Rp264,3 juta.


Kapasitas penumpang mobil APV bisa mencapai 7-8 penumpang.


Suzuki menambahkan teknologi khusus untuk mengontrol bahan bakarnya yakni sistem Multipoint Injection sehingga mobil dapat menampung bensin dalam jumlah banyak hingga 46 liter. Gak heran bila mobil APV terkenal sebagai mobil minivan MPV irit.