Oli mobil Suzuki Ertiga disarankan diganti setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, mana yang lebih dulu tercapai. Pasalnya, jika kamu berkendara di tengah perkotaan dengan kondisi lalu lintas yang macet, mesin akan tetap berputar meskipun jarak tempuhnya pendek.

Jadi, untuk kondisi seperti ini, acuan waktu ganti oli bukan lagi tergantung jarak tempuh, tetapi sesuai usia pakai kendaraan.

Selanjutnya, mari kita bahas oli apa yang direkomendasikan untuk oli mobil Suzuki Ertiga dan info seputar oli lainnya.

Jenis Oli yang Direkomendasikan untuk Suzuki Ertiga

Penggunaan oli mobil sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mobilnya. Misalnya, mobil tahun tua disarankan menggunakan oli yang agak kental. Termasuk juga mobil Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan pada 2012. Oli mobil Suzuki Ertiga keluaran tahun tersebut disarankan menggunakan oli dengan tingkat viskositas 5W-30 atau 10W-40. 

Sementara itu untuk mobil Ertiga keluaran terbaru disarankan menggunakan oli dengan viskositas 0W-20. Di samping itu, kapasitas oli mesin Ertiga adalah 3,1 liter tanpa filter oli dan 3,4 liter dengan filter oli. Jadi kamu butuh kemasan oli 4 liter. Harga untuk 4 liter oli adalah sekitar Rp310 ribuan.

Agar lebih pasti tentang jenis oli yang direkomendasikan, kamu tidak perlu ragu membuka buku manual kendaraan. Suzuki Ertiga yang menggunakan oli 0W-20 disarankan menggunakan oli full sintetis yang berstandar SAE.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Suzuki Ertiga Berbagai Tipe

Mesin Berkerak karena Jarang Ganti Oli

Seperti yang sudah disebutkan di atas, oli mobil Suzuki Ertiga wajib rutin diganti. Pasalnya, jika tidak rajin diganti, mesin bisa berkerak. Kondisi terlalu lama tidak ganti oli bahkan bisa menyebabkan mesin lengket sampai dinding carter, berlumpur, bahkan bisa sampai mengental seperti jeli. 

Kondisi mesin mengental seperti jeli ini dapat menyumbat saluran-saluran, misalnya saluran sirkulasi, saluran ke filter maupun ke pompa oli. Jadi, oli tidak bisa dipompa dan tidak bisa didistribusikan ke komponen yang mesti diberi pelumas. Apalagi, kotoran dalam oli juga ikut bersirkulasi karena filter oli yang sudah tidak berfungsi optimal.

Selain jarang ganti oli, sering mengganti merek setiap ganti oli mesin mobil juga bisa membuat mesin berkerak. Terkadang, berbeda merek oli memiliki zat aditif yang berbeda pula. Ada kalanya kita tidak tahu manfaat zat aditif tersebut. Sehingga, penggunaan material oli yang berbeda, spesifikasi yang tidak sesuai, dan telat ganti oli bisa membuat mesin berkerak.

Baca Juga: Teliti Saat Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik, Ini Tipsnya!

Cara Memilih Oli Suzuki Ertiga yang Bagus

Maka dari itu, kamu perlu memilih oli mobil Suzuki Ertiga yang bagus. Bagaimana caranya? Pertama, sesuaikan penggunaan oli dengan yang direkomendasikan pada buku manual. Pada buku manual terdapat informasi spesifikasi viskositas dan batas aman oli yang digunakan. 

Contohnya adalah Suzuki Ertiga 2017 dianjurkan menggunakan oli SGO 0W-20 yang sudah tertulis dalam buku manual. Tetapi, dibandingkan cara memilih oli mobil Suzuki Ertiga yang bagus, yang terpenting adalah cara merawat mobil yang tepat.

Rutin melakukan servis, mengikuti rekomendasi dan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik. Disarankan untuk tidak menggunakan oli dengan spesifikasi yang berlebihan. Menggunakan oli yang paling bagus dan paling mahal sekalipun tidak akan membuat mobil awet jika tidak dirawat dengan rutin.

Merek Oli yang Direkomendasikan untuk Suzuki Ertiga

Berikut beberapa pilihan merek oli yang direkomendasikan untuk Suzuki Ertiga. Selain merek, viskositas, Otoklix juga akan memberikan informasi kisaran harga olinya.

1. Oli SGO (Suzuki Genuine Oil)

Beberapa oli SGO (Suzuki Genuine Oil) yang bisa digunakan sebagai oli mesin Suzuki Ertiga adalah sebagai berikut. 

NoTipe OliHarga
1SUZUKI GENUINE OIL 10W40 24X1LTRp60 ribuan
2SUZUKI GENUINE OIL 10W40 6X4LTRp300 ribuan
3SUZUKI GENUINE OIL 5W30 24X1LTRp75 ribuan
4SUZUKI GENUINE OIL 5W30 6X4LTRp300 ribuan
5SUZUKI GENUINE OIL FULL SYNTHETIC 5W30 24X1LTRp100 ribuan
6SUZUKI OLI WAGON R 0W-20 ORIGINAL SGORp225 ribuan

2. Oli ECSTAR

Selain SGO, saat ini Suzuki juga sudah meluncurkan ECSTAR. ECSTAR adalah oli Suzuki yang sudah dikembangkan dari formulasi SGO. Sehingga, dapat dikatakan ECSTAR memiliki formulasi yang lebih baik sebagai oli mobil Suzuki Ertiga.

Oli ECSTAR memiliki jenis semi sintetis maupun full sintetis. Untuk viskositas 0W-20, oli ECSTAR telah melampaui sertifikasi API SN. Perlu diketahui bahwa oli yang sudah berstandar API SN dapat melindungi piston, pengendalian endapan, ramah lingkungan, dan lebih kompatibel terhadap seal-seal dalam komponen mesin dan katalis konverter. Oli ini merupakan varian tertinggi dari ECSTAR.

Selain itu, penggunaan teknologi molybdenum juga dapat membentuk lapisan yang menempel pada permukaan komponen. Sehingga gesekan menjadi lebih kecil dan bahan bakar lebih hemat.

Sejumlah kelebihan oli ECSTAR dipaparkan di bawah ini:

1. Hemat bahan bakar

Formula pada oli ECSTAR telah memenuhi standar penggunaan bahan bakar yang efisien. Otomatis, artinya oli ini juga menghasilkan performa yang tinggi.

2. Perlindungan luar biasa pada mesin

Teknologi yang digunakan pada ECSTAR juga inovatif, mampu mempertahankan temperatur secara stabil, sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin meskipun kondisi masih dingin.

3. Menjaga kebersihan mesin

Mesin yang bersih dan terawat dapat memperpanjang usia pakai komponen mesin. Lumpur menjadi tidak terbentuk dan tidak ada endapan sehingga mesin lebih awet.

Baca Juga: Oli Mobil Suzuki Ecstar, Pilihan Terbaik Mobil Suzuki

3. TOP 1 HP Sport 0W-20

Selain oli SGO dan ECSTAR, oli lain yang bisa menjadi pilihan adalah oli-oli dengan viskositas 0W-20 lainnya. Salah satunya adalah TOP 1 HP Sport 0W-20. Oli ini juga sudah memenuhi standar OEM dan cocok digunakan pada mobil-mobil LCGC.

Oli ini juga sudah terstandarisasi API SN (American Petroleum Institute) dan ILSAC GF-5 (International Lubricant Standardization and Approval Committee). Oli ini sudah menggunakan bahan dasar sintetik dengan tambahan zat aditif. Sehingga mampu mengefisiensikan penggunaan bahan bakar.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi jenis dan spesifikasi oli mobil Suzuki Ertiga serta merek-merek yang direkomendasikan. Jadi, sudah tahu pentingnya ganti oli secara berkala kan?

Jadwalkan ganti oli secara rutin melalui aplikasi Otoklix. Harga servisnya bersaing, lokasi bengkel mudah dijangkau, bahkan ada garansi 30 hari juga lho!

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Ertiga

Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan pada 2012. Oli mobil Suzuki Ertiga keluaran tahun tersebut disarankan menggunakan oli dengan tingkat viskositas 5W-30 atau 10W-40.

Pada interval servis 40.000 km atau 24 bulan, pada Suzuki Ertiga M/T dilakukan penggantian oli mesin (4 liter), filter oli, gasket, filter udara, minyak rem (2 botol), engine coolant, busi (4 buah), dan oli transmisi manual (3 liter=Rp 285.000).

Oli resmi yang digunakan untuk Ertiga dengan transmisi manual adalah Suzuki Genuine Oil SGO Manual Transmission SAE 75E-80 GL-4.