Oli mobil perlu diganti secara berkala. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan anggaran untuk biaya ganti oli mobil Suzuki APV. Biaya mengganti oli di rumah dan di bengkel juga tentu berbeda.

Yuk, simak informasi lengkap tentang ganti oli mobil Suzuki APV.

Biaya Ganti Oli Mobil Suzuki APV

Biaya ganti oli mobil Suzuki APV sama dengan ganti oli mobil lainnya, yaitu tergantung oli yang digunakan. Suzuki APV memiliki kapasitas oli sebanyak 3,75 liter tanpa penggantian filter oli dan 4 liter dengan filter oli. Maka, butuh 4 liter oli untuk ganti oli mobil Suzuki APV.

Misalnya menggunakan oli Ecstar 5W-30 untuk ganti oli mesin Suzuki APV, harganya sekitar Rp390 ribuan per 4 liter. Kemudian harga filter oli sekitar Rp50-80 ribuan. Ditambah dengan biaya jasa bengkel, biasanya antara Rp50 ribuan. Jadi, total biaya ganti oli mobil Suzuki APV adalah Rp500 ribuan

Servis Berkala Suzuki APV

Ganti oli adalah salah satu servis yang dilakukan ketika servis berkala mobil. Servis berkala adalah kegiatan pengecekan dan penggantian komponen pada jadwal waktu tertentu atau ketika angka di odometer mencapai jarak tertentu. Misalnya, setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km sekali mobil wajib ganti oli.

Selain ganti oli mesin, akan dilakukan juga beberapa hal lain ketika servis berkala. Misalnya, membersihkan busi dan filter udara. Kemudian, ada pula istilah tune up. Tune up memang bisa dilakukan saat servis berkala, tetapi pengerjaan tune up jelas berbeda dengan servis rutin biasa.

Ketika tune up, mobil akan dilakukan pengecekan lebih banyak komponen. Ketika ada spare part yang sudah rusak, maka harus langsung diganti. Jadi, biaya yang dikeluarkan saat tune up pasti lebih besar dibandingkan hanya biaya ganti oli mobil Suzuki APV.

Memangnya berapa biaya servis berkala Suzuki APV?

Biaya service berkala Suzuki APV

Biaya servis Suzuki APV termasuk terjangkau untuk sekelas kendaraan niaga. Ketika mobil sudah memasuki jarak tempuh 5.000 km, biaya servisnya hanya Rp430 ribuan. Selanjutnya, mari kita bahas lebih rinci di bawah ini ya.

  • 10.000 km, 30.000 km, 50.000 km

Biaya servis berkala pada interval ini sedikit lebih mahal, yaitu Rp700 ribuan. Ganti oli mobil APV disarankan setiap memasuki 10.000 km dan kelipatannya. Oleh karena itu, pada interval ini, akan dilakukan ganti oli mesin, filter oli, dan gasket.

  • 20.000 km, 60.000 km, 100.000 km

Pada interval ini, biasanya akan dilakukan penggantian oli mesin, oli gasket, filter oli, oli transmisi, serta busi. Penggantian komponen yang cukup banyak ini membuat biaya yang dikeluarkan juga lebih besar, yaitu Rp1,1 jutaan.

  • 40.000 km, 80.000 km, 120.000 km

Biaya ganti oli mobil Suzuki APV pada interval ini juga lebih mahal daripada interval sebelumnya. Pasalnya, selain ganti oli, mobil APV juga akan melakukan penggantian oli gasket, filter oli, oli transmisi, busi, filter udara, minyak rem, sampai dengan engine coolant. Tidak heran jika kamu perlu menyiapkan dana sekitar Ro1,5 jutaan.

Ganti Oli Transmisi Suzuki APV

Selain ganti oli mesin, jangan luput untuk ganti oli transmisi juga ya. Banyak pengguna APV yang mengeluhkan sistem transmisi manual 5 percepatan ini. Biasanya masalahnya adalah susah memindahkan gigi padahal oli baru diganti.

Solusinya adalah menggunakan oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrik. Kapasitas oli transmisi Suzuki APV adalah sekitar 2,7 liter. Sebaiknya menggunakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 90. Sayangnya, banyak pengguna APV yang salah dengan menggunakan oli SAE 50 atau SAE 75.

Biaya ganti oli mobil Suzuki APV untuk sistem transmisi biasanya sekitar Rp150 – 200 ribuan.

Dampak Negatif Oli Jarang Diganti

Ganti oli menjadi agenda wajib setiap mobil melakukan servis. Hal ini bukan tanpa arti. Oli mobil memang wajib diganti secara rutin agar kinerja komponen menjadi maksimal. Kalau tidak rajin diganti, sela antar komponen akan bergesekan sehingga kinerja komponen pun menjadi terhambat.

Oli yang sudah lama tidak diganti akan kotor dan mengental karena kotoran. Selain menghambat kerja komponen, kotoran pada oli tersebut juga bisa membuat komponen tergores dan menjadi cepat rusak. 

Komponen yang bergesekan terlalu keras akan membuat mesin mobil menjadi overheat. Kondisi yang terlalu panas untuk waktu yang lama akan membuat komponen meleleh dan berubah bentuk. Padahal, salah satu fungsi oli adalah sebagai pendingin. Jadi, fungsi oli tidak lagi maksimal.

Solusi jika terjadi kerusakan ini adalah membongkar mesin dan mengganti seluruh komponennya. Proses ini bernama turun mesin (overhaul). Biaya turun mesin ini tidak murah, bisa di atas Rp5-7 jutaan karena banyaknya komponen yang diganti dan biaya jasa yang juga tidak murah.

Jadi, daripada mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, lebih baik gunakan anggaran dana untuk biaya ganti oli mobil Suzuki APV yang hanya Rp500 ribuan saja.

Apalagi kamu juga bisa mendapatkan promo ganti oli kalau melakukan booking servis melalui aplikasi Otoklix. Gratis biaya jasa dan garansi 30 hari setelah pengerjaan!