Oli mobil memiliki pernah penting bagi sebuah mobil. Bagi OtoFriends yang memiliki mobil Suzuki, maka sangat penting bagi OtoFriends mengetahui oli mobil Suzuki terbaik yang cocok untuk mobil Suzuki OtoFriends.

Oli mobil Suzuki yang cocok untuk mobil Suzuki OtoFriends tersebut adalah oli mobil Suzuki ECSTAR. Untuk lebih mengenal tentang oli yang satu ini, maka simak dahulu beberapa informasi mengenai oli mobil Suzuki ECSTAR berikut ini.

Oli Mobil Suzuki ECSTAR

Oli mobil Suzuki ECSTAR adalah oli mobil yang pertama kali diluncurkan pada Februari 2020 oleh PT. Suzuki Indomobil Sales untuk menggantikan oli mobil SGO. Nama ECSTAR sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu ECSTATIC yang berarti menyenangkan, dan STAR yang berarti bintang. 

Oli mobil Suzuki ECSTAR ini adalah oli mobil yang memang direkomendasikan untuk beberapa mobil Suzuki baik itu mobil Suzuki keluaran baru maupun mobil Suzuki keluaran lama. 

Oli mobil Suzuki ECSTAR ini adalah oli mobil dengan teknologi tinggi yang telah dikembangkan dalam waktu yang lama oleh tim engineering Suzuki dan mereka berhasil membuat sebuah oli mobil yang dapat memberikan perlindungan terhadap mesin dengan daya tahan yang optimal.

Oli mobil Suzuki ECSTAR ini terdiri dari dua ukuran yaitu 1 liter dan 4 liter dengan harga yang terjangkau. Untuk ukuran 1 liter, maka dijual seharga Rp95 Ribu, dan untuk ukuran 4 liter dijual dengan harga Rp380 Ribu. Biaya oli tersebut tentunya belum termasuk jasa penggantian oli saat OtoFriends melakukan pergantian oli di bengkel oli mobil.

Baca Juga: Terlengkap! 80 Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Berbagai Merek

Keunggulan Oli Mobil Suzuki ECSTAR

Setelah mengenal tentang oli mobil Suzuki ECSTAR ini, oli mobil yang satu ini memiliki beberapa keunggulan, beberapa keunggulannya tersebut adalah seperti berikut ini. 

  1. Hemat bahan bakar.
  2. Dapat membuat mesin mobil Suzuki bekerja dengan lebih optimal dan efisien.
  3. Memberikan perlindungan terhadap komponen mesin seperti piston dari kondisi dingin atau panas dengan menjaga kestabilan suhu mesin.
  4. Meningkatkan perlindungan mesin pada kondisi putaran rendah.
  5. Membersihkan mesin mobil.
  6. Mencegah pembentukan lumpur atau endapan yang dapat menjadi masalah bagi mesin mobil.
  7. Memiliki teknologi molybdenum yang dapat membuat lapisan keras dan rata pada permukaan metal mesin.
  8. Menjaga usia mesin mobil.
  9. Ramah lingkungan.

Jenis Oli Mobil Suzuki ECSTAR

Setelah mengetahui apa itu mobil Suzuki ECSTAR dan juga keunggulannya, oli mobil Suzuki ECSTAR ini sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu F7000 dan F9000. Diantara kedua jenis tersebut, OtoFriends dapat memilih salah satunya sesuai tahun keluaran mobil tersebut dan mobil Suzuki apa yang OtoFriends gunakan.

Oli mobil Suzuki ECSTAR F7000 cocok bagi OtoFriends yang memiliki mobil Suzuki keluaran tahun lama seperti Suzuki Escudo, Suzuki APV, Karimun Estilo, Suzuki Baleno, Suzuki Caribian, Suzuki Katana dan Suzuki Carry keluaran tahun lama.

Sementara untuk oli mobil Suzuki F9000 cocok bagi OtoFriends yang memiliki mobil Suzuki keluaran tahun terbaru seperti Suzuki All New Ertiga, Suzuki All New Swift, Suzuki Ignis, dan Suzuki Karimun Wagon R.

Baca Juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik?

Tips Memilih Oli Mobil Suzuki ECSTAR

Dengan mengetahui beberapa hal tentang oli mobil Suzuki ECSTAR tersebut ada juga beberapa tips untuk memilih oli mobil ECSTAR yang harus OtoFriends ketahui. Beberapa tips tersebut adalah seperti berikut ini.

Pertama OtoFriends dapat menyesuaikan dengan tahun dan mobil Suzuki serta kondisi mobil tersebut. Hal ini karena setiap mobil termasuk mobil Suzuki memiliki karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Karena hal tersebut, maka akan membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan dan jenis yang berbeda antara satu mesin mobil Suzuki dengan yang lainnya.

Tips yang kedua adalah berkonsultasi dengan ahli atau mekanik yang dapat mengetahui oli seperti apa yang dibutuhkan oleh mobil Suzuki OtoFriends. Hal ini bisa OtoFriends lakukan jika masih ragu atau baru pertama kali menggunakan oli mobil Suzuki ECSTAR untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti.

OtoFriends dapat melakukan hal tersebut dengan berkunjung ke bengkel oli mobil terpercaya dari Otoklix.

Tips yang terakhir tentunya adalah menggunakan oli mobil Suzuki ECSTAR tersebut untuk mobil Suzuki OtoFriends. Hal ini karena oli mobil tersebut adalah oli resmi yang direkomendasi oleh Suzuki untuk semua jenis kendaraan Suzuki baik itu mobil maupun motor.

Akibat Tidak Mengganti Ganti Oli Mobil

Setelah mengetahui banyak hal tentang oli mobil Suzuki ECSTAR, bagi OtoFriends yang tidak rutin dan berkala mengganti oli mobil, tentunya akan ada beberapa hal yang merugikan bagi mesin mobil OtoFriends. Berikut ini adalah beberapa akibat apabila tidak mengganti oli mobil secara rutin dan berkala.

1. Boros BBM

Akibat yang pertama adalah mobil menjadi lebih boros BBM. Oli mobil memiliki peran penting agar mesin mobil bekerja lebih efisien dan juga dapat membuat tarikan mobil menjadi lebih enteng.

Apabila OtoFriends tidak mengganti oli mobil, maka sudah bisa dipastikan mesin mobil akan bekerja lebih keras dan membuat tarikan mobil menjadi berat. Kedua hal tersebut akan berdampak pada peningkatan konsumsi BBM dan membuat mobil lebih boros BBM.

2. Mesin Cepat Panas

Akibat yang kedua adalah mesin menjadi cepat panas. Dengan mesin yang bekerja lebih keras apabila mesin oli mobil tidak diganti, maka hal ini juga akan berdampak pada mesin mobil yang menjadi cepat panas. 

Perlu OtoFriends ketahui juga, bahwa oli mobil memiliki peran untuk meredam panas yang dapat timbul akibat gesekan pada komponen logam dalam mesin mobil. Kondisi mesin yang cepat panas ini dapat berakibat menimbulkan overheating yang akan sangat berbahaya bagi mesin mobil.

3. Performa Mesin Menurun

Akibat yang terakhir adalah menurunnya performa mesin. Dengan sering terjadinya mesin mobil yang menjadi panas, maka hal ini akan mengakibatkan performa mesin menjadi menurun saat oli mobil tidak OtoFriends ganti. 

Performa mesin yang menurun ini tentunya akan sangat mengganggu OtoFriends yang menggunakan mobil tersebut untuk keperluan sehari-hari. Karena hal tersebut tetaplah rutin dan berkala untuk mengganti oli mobil.

Tanda Mesin Harus Ganti Oli

Setelah mengetahui beberapa akibat apabila tidak mengganti oli mobil, untuk mencegah hal tersebut selain mengganti oli mobil secara rutin dan berkala, ada juga beberapa tanda yang perlu OtoFriends ketahui apabila oli mobil sudah waktunya untuk diganti. Berikut ini adalah beberapa tanda mesin harus diganti olinya.

1. Bunyi Mesin Kasar

Tanda yang pertama apabila sudah waktunya untuk mengganti oli mobil adalah munculnya bunyi kasar pada mesin mobil. Apabil OtoFriends sudah merasakan hal ini, maka segeralah membawa mobil ke bengkel oli mobil terdekat untuk dilakukan pemeriksaan kondisi mesin dan pergantian oli.

Bunyi mesin yang kasar ini adalah akibat menurunnya performa oli mobil untuk meredam bunyi kasar yang bisa muncul akibat gesekan komponen dalam mesin mobil. Bunyi mesin yang ksara ini tentunya juga akan sangat mengganggu OtoFriends saat menggunakan mobil tersebut.

Baca Juga: ​​Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat: Rekomendasi dan Jenis Oli

2. Warna Oli Berubah

Tanda yang kedua yang bisa menjadi tanda waktunya untuk mengganti oli mobil adalah warna oli yang berubah menjadi hitam kepekatan. Oli mobil yang masih bagus dan dapat bekerja dengan baik adalah oli mobil yang memiliki warna seperti kuning transparan. 

Hal yang perlu OtoFriends perhatikan saat akan mengecek warna oli adalah pastikan untuk melakukannya saat kondisi mesin mobil tidak menyala dan tidak panas.

3. Lampu Indikator Oli Menyala

Tanya yang berikutnya adalah tanda yang paling mudah untuk OtoFriends lakukan. Tanda tersebut adalah menyalanya indikator oli pada bagian speedometer. Ikon oli ini berbentuk seperti corong dengan tetesan oli.

Jika indikator ini sudah menyala, maka sangat penting bagi OtoFriends untuk segera mengganti oli mobil OtoFriends.

4. Tarikan Mesin Menjadi Berat

Tanda yang berikut ini adalah hal yang akan sangat mengganggu keseharian OtoFriends saat berkendara, tanda tersebut adalah tarikan mesin menjadi berat. Tarikan mesin mobil bisa menjadi berat adalah karena oli sudah kehilangan performanya untuk menjaga mesin tetap maksimal dan sudah waktunya untuk diganti.

Selain tarikan terasa berat, bisa juga muncul tanda munculnya getaran berlebih saat mobil digunakan terutama pada bagian depan dimana bagian tersebut adalah tempat mesin mobil berada.

5. Munculnya Asap Hitam dari Knalpot Mobil

Tanda yang terakhir adalah munculnya asap hitam dari knalpot mobil. Tanda ini merupakan tanda yang paling parah jika membandingkannya dengan beberapa tanda sebelumnya. Jika tanda ini sudah muncul pada mobil OtoFriends, maka mobil tersebut harus segera dibawa ke bengkel yang terpercaya untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Asap hitam yang muncul pada knalpot mobil ini adalah akibat dari oli yang sudah tidak bekerja dengan baik dan terbuang ke saluran pembuangan mobil pada bagian knalpot.

Itulah beberapa informasi mengenai oli mobil Suzuki ECSTAR, beberapa akibat apabila OtoFriends tidak mengganti oli dengan dan berkala, serta beberapa tanda yang dapat OtoFriends perhatikan apabila mobil sudah waktunya untuk mengganti oli dari Otoklix

Semoga informasi mengenai oli mobil dari Otoklix tersebut dapat bermanfaat bagi OtoFriends dalam menjaga mobil kesayangan. Simak juga berbagai informasi otomotif menarik lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Suzuki

Rekomendasi oli mobil Suzuki yang terbaik adalah oli mobil Suzuki ECSTAR

Harga oli mobil Suzuki ECSTAR adalah Rp95 Ribu untuk ukuran 1 liter dan Rp380 Ribu untuk ukuran 4 liter

Oli mobil Suzuki yang cocok untuk mobil lawas Suzuki adalah oli mobil Suzuki ECSTAR F7000