Mobil memiliki berbagai komponen yang berperan penting untuk menjaga keawetan baik kebersihannya. Salah satu bagian yang berguna untuk menjaga kebersihan dan keawetan kabin mobil adalah karpet tambahan. 

Benda yang diletakkan di bawah ini terbuat dari berbagai bahan, seperti karet, PVC, Beludru, hingga campuran yang dapat mencegah kotoran supaya tidak langsung menyentuh karpet asli bawaan pabrik. Selain itu, terdapat pula fungsi lainnya dari karpet mobil.  

Fungsi Karpet Mobil

1. Melindungi Karpet Bawaan

Fungsi pertama dari karpet mobil tambahan adalah melindungi karpet bawaan pabrik. Jadi, kotoran, seperti debu tidak langsung mengenai karpet bawaan. 

2. Menambah Kenyamanan

Selain melindungi karpet bawaan, karpet mobil tambahan memiliki fungsi untuk menambah kenyamanan saat berada di dalam kabin. Karpet mobil bisa meredam suara dan getaran dalam kabin.

3. Mempertahankan Nilai Jual

Tentunya, mobil yang menggunakan karpet tambahan dapat mempertahankan nilai jual. Sebab, karpet tambahan meminimalisir menempelnya kotoran yang dapat menyebabkan bodi di dalam kabin atau karpet bawaan tergores. 

4. Memperindah Interior Mobil

Selain itu, jika memilih corak dan warna yang tepat, karpet mobil tambahan dapat memanjakan mata saat berada di dalam kabin. Apalagi jika OtoFriends memilih karpet mobil premium. 

Sebelum OtoFriends memutuskan membeli karpet mobil tambahan, berikut sejumlah tipsnya agar tak salah memilih karpet. 

Baca Juga: Peredam Lantai Mobil: Rekomendasi, Manfaat dan Cara Pasang

Tips Memilih Karpet Mobil

1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Saat memilih karpet, pastikan ukurannya sesuai atau pas dengan kabin mobil. Jika terlalu besar, maka akan terkesan sumpek. Lalu apabila terlalu kecil, karpet tambahan tidak melindungi karpet bawaan. 

2. Pilih Warna dan Motif yang Sesuai

Pemilihan warna dan motif yang sesuai keinginan dapat memperindah mobil. Saran dari Otoklix, pilih warna yang netral, seperti hitam, cokelat, atau warna gelap lainnya. 

3. Gunakan Karpet Dua Lapis

Lebih baik jika menggunakan karpet mobil dua lapis agar jika ada kemungkinan air tumpah tidak langsung kena ke bagian kabin mobil. Ini memudahkan Anda untuk membersihkan mobil. 

Selanjutnya, berikut rekomendasi Otoklix untuk karpet mobil dengan berbagai bahan dengan merek DNY, Ion Mat hingga Comfort.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merek Audio Mobil Berkualitas dengan Suara Ngebass

Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik

1. Karpet Mobil Beludru DNY

Karpet mobil terbaik ini dibuat dengan bahan tebal dan berkualitas. Karpet mobil beludru DNY juga mampu menyerap debu dan sangat mudah dibersihkan. 

Ada tiga varian warna dari karpet mobil beludru DNY ini, yaitu hitam, abu-abu, dan beige. Harganya juga cukup terjangkau yakni Rp72.000 hingga Rp150.000.

2. Ion Mat

Merk karpet mobil terbaik selanjutnya adalah Ion Mat. Karpet mobil premium ini dilengkapi fitur yang mampu mencegah karpet dari kotoran. 

Selain itu Ion Mat juga memiliki sirkulasi udara yang baik dalam mobil sehingga lebih sehat. Karpet ini memiliki tipe universal sehingga mudah digunakan pada banyak tipe mobil. 

Karena memiliki kualitas premium, karpet ini dibanderol pada kisaran mulai dari Rp850.000 – Rp1.100.000.

3. Trapo Classic Karpet

Karpet mobil Trapo Classic adalah karpet yang terbuat dari 50 persen bahan daur ulang dan 50 persen dari bahan virgin polymer. Karpet ini terbilang mudah dibersihkan jika terkena kotoran dan cepat kering usai dicuci. 

Trapo Classic dilengkapi dengan EVA foam dan waterproof, sehingga awet dan tahan lama. OtoFriends bisa mendapatkan karpet mobil ini dengan harga mulai dari Rp250.000 – Rp900.000.

4. Comfort Mat

Bukan hanya sebagai pelindung kotoran, produk satu ini mampu meredam kebisingan sehingga perjalanan lebih nyaman. Comfort Mat dibuat dari bahan PVC berkualitas. 

Karpet ini dilengkapi fitur anti selip, anti bakteri dan heel pad. Comfort Mat merupakan karpet mobil premium yang akan membuat bagian kabin lebih eksklusif. 

Untuk mendapatkannya, OtoFriends bisa mendapatkan Comfort Mat mulai dari harga Rp1.200.000 – Rp1.500.000.

5. Pro Master Honeycomb

Karpet mobil Pro Master Honeycomb dilengkapi dengan fitur penyerapan yang baik sehingga debu tidak akan berterbangan di dalam mobil. Dilengkapi pula fitur anti selip, anti bau, kuat, lentur, dan bobot yang ringan. 

Karpet mobil Pro Master tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan cokelat. Kamu bisa mendapatkan karpet mobil ini mulai dari Rp400.000 – Rp500.000.

6. Carinn Karpet Mobil Beludru JD-202-01

Selanjutnya, ada Carinn Beludru JD-202-01 yang memiliki tampilan elegan karena bahannya terbuat dari beludru. Karpet mobil ini dilengkapi fitur anti selip, anti bakteri dan tidak mengandung material toksik berbahaya dan dijual harga terjangkau, mulai dari Rp100.000 – Rp250.000.

Baca Juga: Peredam Lantai Mobil: Rekomendasi, Manfaat dan Cara Pasang

7. Durable PVC Universal 

Durable PVC Universal merupakan karpet mobil dengan material PVC rubber atau olahan getah karet berkualitas tebal, sehingga tahan lama. Karpet mobil ini cocok digunakan untuk mobil dengan tiga baris tempat duduk atau kapasitas di atas 5 orang. 

OtoFriends bisa mendapatkan Durable PVC Universal dengan harga terjangkau, mulai dari Rp150.000 hingga Rp350.000.

8. Hercules Karpet Mobil

Hercules menyajikan karpet mobil dengan harga yang relatif murah terjangkau. Meski murah, karpet ini terbuat dari bahan karet berkualitas yang kuat, tak mudah sobek, dan dapat menyaring kotoran. 

Karpet mobil Hercules juga cukup tebal sebagai bantalan kaki.

OtoFriends bisa mendapatkannya dengan harga hanya Rp30.000 hingga Rp100.000. 

9. Galva Karpet Mobil 

Galva dirancang untuk segala jenis mobil. Dalam paket penjualannya, OtoFriends bisa mendapatkan satu set yang terdiri dari dua buah karpet untuk bagian depan dan satu di bagian belakang. 

Untuk harganya dibanderol cukup terjangkau, mulai dari Rp500.000 hingga Rp700.000.

10. Comfort Deluxe

Berbeda dengan karpet mobil lainnya yang hanya berfungsi memberikan perlindungan dari kotoran, Comfort Deluxe memiliki fitur meredam suara bising karena menggunakan bahan 100 persen PVC berkualitas. 

OtoFriends bisa mendapatkan suasana mobil yang nyaman, bersih, dan terbebas dari suara hantaman roda dengan Comfort Deluxe seharga Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000.

11. Karpet Mobil Avatar

Karpet mobil Avatar memiliki material berkualitas dengan bahan PVC dan anti selip. Selain itu, karpet mobil ini juga bisa dicuci dengan mudah dan cepat. 

OtoFriends bisa mendapatkannya dengan harga sangat murah, yakni mulai dari Rp100.000 hingga Rp150.000. 

12. Karpet Mobil Adventure

Seperti fungsi karpet mobil pada umumnya yang memakai material PVC anti bakteri, karpet mobil Adventure juga anti odor, dan non toxic, sehingga memberikan kenyamanan di kabin. 

Anda dapat menggunakan karpet mobil ini untuk membersihkan alas kaki. Karpet mobil Adventure ini elastis dan kuat karena dilengkapi dengan fitur anti slip. Karpet ini dibanderol dengan harga Rp200.000 mencapai Rp500.000.

Pertanyaan Seputar Karpet Mobil Terbaik

Selanjutnya, berikut rekomendasi Otoklix untuk karpet mobil dengan berbagai bahan dengan merek DNY, Ion Mat hingga Comfort.

Benda yang diletakkan di bawah ini terbuat dari berbagai bahan, seperti karet, PVC, Beludru, hingga campuran yang dapat mencegah kotoran supaya tidak langsung menyentuh karpet asli bawaan pabrik.

Karpet mobil Trapo Classic adalah karpet yang terbuat dari 50 persen bahan daur ulang dan 50 persen dari bahan virgin polymer.