Jangan biarkan mesin mobil kamu kotor terlalu lama! Sebab, banyak sekali dampak negatif yang bisa dirasakan bila mesin mobil dibiarkan kotor, penuh kerak. Bila tidak punya pembersih mesin mobil, manfaatkan saja sabun pencuci piring seperti Sunlight yang ada di rumah. Namun, jangan asal membersihkan ya! 

Begini cara aman membersihkan mesin mobil dengan Sunlight:

1. Siapkan Alat dan Bahan Pembersih Mesin Mobil

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membersihkan mesin mobil. Selain Sunlight, berikut hal-hal lain yang perlu disiapkan:

  • Asam sitrat (sitrun)
  • Air bersih
  • Wadah
  • Botol semprot bekas
  • Kuas atau sikat gigi bekas
  • Batang pengaduk
  • 2-3 kain microfiber

2. Campur Sunlight dengan Sitrun

Selanjutkan, membuat ramuan pembersih mesin mobil menggunakan bahan dasar Sunlight dan sitrun. Begini caranya:

  • Siapkan air bersih, Sunlight, dan sitrun
  • Teteskan sekitar 4 sendok makan sunlight ke dalam wadah berisi air bersih
  • Campurkan sekitar 2 sendok makan sitrun ke campuran air dan Sunlight tadi
  • Aduk merata
  • Masukkan ke dalam botol semprot bekas

3. Hindari Membersihkan Mobil dari Sinar Matahari Langsung

Sebelum mulai membersihkan mesin mobil, pastikan mobil diparkir jauh dari paparan sinar matahari langsung. Lokasi yang disarankan adalah garasi mobil. Sebab, ada beberapa komponen di mesin mobil yang terbuat dari plastik dan karet yang gampang memuai bila terpapar sinar matahari langsung. Bila komponen tersebut rusak tentu akan memengaruhi kinerjanya.

Bila garasi agak sempit dan gelap, kamu bisa memajukan sedikit posisi mobil keluar garasi. Pastikan kap mesin yang menghadap keluar garasi. 

4. Panaskan Mesin Mobil

Sebelum mulai membersihkan mesin mobil, ada baiknya OtoFriends panaskan dahulu mesin mobil kurang lebih 15 menit. Tujuannya, untuk memudahkan proses pembersihan kerak membandel yang menempel pada mesin mobil. 

Setelah itu, jangan langsung dibersihkan dulu ya! Diamkan mesin mobil selama 30-45 sampai kembali dalam kondisi dingin. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan diri OtoFriends sendiri. Sebab, mesin mobil yang habis dipanaskan biasanya masih menyisakan arus listrik, yang bila terkena ya bisa kesetrum.

5. Bersihkan debu dan kotoran di permukaan mesin

Awali proses pembersihan mesin mobil dengan mengibas debu dan kotoran ringan dari permukaan luar mesin mobil. Gunakan sikat atau kuas untuk membersihkan debu dan kotoran ringan tersebut. Lalu, pakai kain microfiber untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya yang ada di sela-sela mesin. Lebih baik lagi menggunakan blower untuk hasil lebih maksimal.

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

6. Lepaskan aki mobil

Tahap selanjutnya adalah melepaskan aki mobil. Tujuannya untuk memutus aliran listrik penyebab korsleting. Lantaran pada tahap ini dan seterusnya, proses pembersihan mesin mobil bakal menggunakan air. Selain itu, pelepasan aki mobil juga penting, agar kamu bisa membersihkan mesin mobil sampai ke bagian bawah penyimpanan aki yang biasanya menjadi salah satu sarang kotoran. 

Simpan aki bersama baut-baut dan komponen lainnya di tempat yang kering dan aman. Agar tidak rusak dan memudahkan proses pemasangan kembali, saat proses membersihkan mesin mobil telah selesai.

Untuk komponen elektronik lainnya yang tidak bisa diangkat dari ruang dapur pacu mobil harus dibungkus dengan pembungkus anti air seperti aluminium foil, plastik, dsb.

7. Mulai bersihkan mesin mobil

Usai mengangkat dan menyimpan aki mobil di tempat yang aman, mesin mobil pun bisa mulai dibersihkan dengan air dan cairan pembersih lainnya. Bagian pertama yang bisa dibersihkan dengan air adalah bagian bawah kap mesin mobil. Lantaran, letaknya yang mudah dijangkau dan dibersihkan.

Begini cara membersihkan bagian bawah kap mesin mobil:

  • Semprotkan seluruh bagian bawah kap mesin dengan cairan pembersih yang sudah dibuat sebelumnya 
  • Sikat dengan sikat pembersih atau kuas
  • Keringkan dengan kain microfiber

Selanjutnya membersihkan mesin dan bagian depan mesin mobil. Bersihkan permukaan mesin dengan menyemprotkan sedikit-sedikit cairan pembersih dari sunlight dan sitrus tadi. Lalu disikat dengan kuas, sehingga minyak dan kerak membandel bisa rontok. Setelah itu, bersihkan dengan kain microfiber. Lap sampai benar-benar kering. Lakukan secara berulang pada bagian yang terdapat kerak membandel.

Setelah merasa cukup bersih, pastikan sekali lagi semua komponen mesin benar-benar kering dan bebas dari residu cairan pembersih mesin mobil.

8. Pasang kembali aki dan nyalakan mesin

Terakhir, pastikan OtoFriends memasang kembali aki dengan benar, lalu nyalakan mesin mobil. Menyalakan kembali mesin mobil penting untuk menghangatkan bagian-bagian mesin yang lembab karena dibersihkan dengan air atau cairan pembersih.

Namun, perlu dicatat, hindari menyemprotkan terlalu banyak air/cairan pembersih ke arah kabel dan saklar yang ada di dapur pacu mobil. Hal itu bertujuan untuk menghindari korsleting. Bila tak sengaja mengenai bagian kabel, langsung bersihkan dengan kain sampai benar-benar kering.

Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

OtoCrew juga tak menyarankan kamu terlalu sering mencuci mesin mobil dengan Sunlight. Ada baiknya, menggunakan cairan khusus pembersih mesin mobil seperti cairan engine degreaser, atau sabun khusus mobil yang mengandung pelembab seperti Wax Carnauba, Polymers dan lain sebagainya. Pelembab ini nantinya akan melapisi permukaan dapur pacu mobil yang sudah dicuci. 

Lain ceritanya dengan Sunlight yang tidak memiliki kandungan pelembab. Bila keseringan dipakai malah bisa memberi efek kusam pada permukaan mesin mobil. Ingat, membersihkan mesin mobil dengan Sunlight cukup digunakan saat darurat saja, ya!

Bila OtoFriends tak punya waktu untuk membersihkan mesin mobil sendiri, ada baiknya bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk perawatan lebih profesional. Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis seperti membersihkan mesin mobil dan banyak lagi.