Kini ada cara baru untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina, yaitu menggunakan barcode Pertamina. Buat OtoFriends yang sehari-hari menggunakan BBM keluaran perusahaan negara ini, wajib tahu cara daftar barcode Pertamina.

Penggunaan barcode Pertamina ini mulai diberlakukan pada 1 Juni 2023. Barcode ini digunakan untuk pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar di seluruh SPBU Pertamina. Tujuan adanya barcode ini untuk mengoptimalkan penerima BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

    Subsidi BBM menciptakan beban besar bagi anggaran pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengelola penyaluran BBM bersubsidi dengan bijaksana agar manfaatnya tepat sasaran, tepat waktu, dan efisien, serta tidak mengganggu stabilitas keuangan negara.

    Saat ini, pembelian BBM menggunakan barcode ini hanya berlaku untuk kendaraan roda 4. Selain untuk pembelian BBM Pertalite dan Solar bersubsidi, barcode Pertamina ini juga bisa digunakan untuk membeli produk Pertamina lainnya di SPBU Pertamina, seperti perlengkapan kendaraan, makanan dan minuman, serta produk-produk lain yang tersedia di toko SPBU.

     

    Cara Daftar Barcode Pertamina

    Nah, kini saatnya mendaftarkan diri untuk memiliki barcode Pertamina.

    1. Siapkan dokumen yang diperlukan:

    • Foto STNK, depan dan belakang
    • Foto KTP pemilik STNK
    • Foto kendaraan, tampak depan, belakang dan salah satu sisi yang terlihat roda
    • Foto nomor polisi kendaraan

    2. Buka Website MyPertamina: https://subsiditepat.mypertamina.id/

    3. Centang informasi “memahami persyaratan”

    4. Klik “Daftar sekarang”

    5. Isi formulir pendaftaran, ikuti instruksi yang diberikan

    6. Tunggu pencocokan data maksimal 14 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan

    7. Selama menunggu, kamu bisa cek status pendaftaran di website MyPertamina secara berkala

    8. Setelah terkonfirmasi, kamu akan mendapatkan barcode atau QR code Pertamina yang bisa diunduh dan disimpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

     

    Cara Menggunakan Barcode Pertamina

    Setelah memiliki barcode Pertamina, kamu bisa melakukan pembelian BBM Pertalite dan Solar bersubsidi di SPBU Pertamina. Berikut caranya:

    1. Siapkan barcode atau QR Code yang sudah kamu dapatkan dari MyPertamina dan sudah kamu unduh di handphone.
    2. Tunjukkan barcode Pertamina kepada petugas SPBU sebelum melakukan pengisian BBM subsidi.
    3. Petugas memindai barcode dan melakukan verifikasi transaksi secara otomatis.
    4. Petugas mengisi kendaraanmu dengan BBM subsidi Pertalite atau Solar.
    5. Setelah pengisian BBM selesai, lakukan pembayaran dengan tunai (cash) atau non-tunai (menggunakan kredit atau debit).

    Transaksi BBM bersubsidi dengan menggunakan barcode ini juga memudahkan pembeli. OtoFriends tidak perlu khawatir tak bisa membeli BBM saat sedang tidak mengantongi uang tunai. Cukup gunakan barcode Pertamina untuk melakukan transaksi dan mobil pun bisa tetap diisi BBM.

    Pemilik kendaraan yang cerdas tentu memahami jenis bensin terbaik untuk mobilnya. Supaya tidak salah pilih, OtoFriends bisa memilih jenis bensin yang sesuai dengan kompresi mesin untuk menjaga keawetan komponennya.

    Selain itu, untuk menjaga kinerja mesin kendaraan, kamu perlu merawat mobil secara berkala. Pastikan untuk membawa mobil ke bengkel agar diservis secara rutin.

    Buat kamu yang nggak mau ribet, cek rutin mobil dengan para ahli di bengkel Otoklix. Cukup daftar lewat aplikasi Otoklix, lalu kamu tinggal datang ke bengkel sesuai jadwal yang telah ditentukan. Anti-ribet!

     

    Pertanyaan Seputar Barcode Pertamina

    Bagaimana cara pendaftaran barcode Pertamina?

    Siapkan persyaratan (foto STNK, foto KTP pemilik STNK, foto kendaraan, Foto nomor polisi kendaraan), lalu daftar lewat website MyPertamina: https://subsiditepat.mypertamina.id/.

    Bagaimana cara mendapat barcode Pertamina?

    Setelah melakukan pendaftaran di https://subsiditepat.mypertamina.id/ dan terkonfirmasi, kamu akan mendapat barcode Pertamina yang bisa digunakan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

    Bagaimana Cara Daftar MyPertamina?

    Daftar melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/.

    Apakah bisa daftar barcode Pertamina untuk beli solar?

    Barcode Pertamina bisa digunakan untuk membeli BBM Pertalite dan Solar bersubsidi.