Setiap bagian dari mobil perlu dirawat, termasuk pada komponen mesin. Bukan hanya service rutin saja, mesin mobil pun perlu dibersihkan supaya tak ada kotoran yang mengganggu komponen lainnya sehingga menyebabkan kerusakan. 

Meski demikian, tak bisa asal dalam membersihkan mesin mobil karena banyak komponen yang menggunakan listrik. Oleh karena itu, OtoFriends perlu cara membersihkan mesin mobil yang aman dan benar. 

Sebelum Otoklix beri tips membersihkan mobil yang benar, siapkan dulu cairan pembersih supaya mesin kinclong tanpa ada debu atau kotoran menempel. Berikut beberapa rekomendasi cairan pembersih mesin mobil.

Baca Juga: Begini Rincian Biaya Turun Mesin Mobil, Penyebab dan Cirinya

Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Mobil

1. Waxco Anti Rust Engine Degreaser

Pertama ada Waxco Anti Rust Engine Degreaser yang bisa OtoFriends pilih untuk cairan pembersih mesin mobil. Kegunaan dari produk ini dapat menghilangkan karat atau kotoran pada mesin kendaraan dengan cepat dan efisien. 

Setelah diaplikasikan ke mesin mobil yang ingin dibersihkan, OtoFriends cukup mendiamkan cairan ini selama 10 menit. Setelah itu, kotoran hingga karat akan terangkat.

Harga cairan pembersih mesin mobil Waxco Anti Rust Engine Degreaser adalah Rp98 ribu di berbagai e-commerce. 

2. NanoTECH Protection Ultimate Degreaser

Selanjutnya, ada NanoTECH Protection Ultimate Degreaser yang dapat membantu membersihkan mesin mobil. Produk ini mampu membersihkan oli, lemak, atau minyak yang berkerak menempel di sisi-sisi mesin mobil.

Harganya, NanoTECH Protection Ultimate Degreaser dibanderol Rp50 ribuan, di toko offline maupun online (e-commerce. 

3. Prestone Radiator Flush Cleaner

Prestone Radiator Flush Cleaner merupakan produk dengan formula 2-in-1 untuk membersihkan mesin mobil. Berbagai endapan karat dan kerak di mesin mobil bisa bersih secara optimal. 

Harga Prestone Radiator Flush Cleaner beragam. Untuk kemasan 650 ML biasanya dijual seharga Rp113 ribu, di e-commerce maupun toko offline. 

4. Bardahl Special Duty Power Booster 

Bardahl Special Duty Power Booster merupakan produk pembersih mesin yang memiliki harga cukup mahal, Rp200 ribuan. Walaupun mahal, produk ini banyak dipakai karena kualitasnya. 

Bardahl Special Duty Power Booster bisa digunakan untuk membersihkan mesin alat berat, seperti loader, excavator, roller, truk trailer, truk ekspedisi, dan mesin lainnya. Produk ini membantu mesin dalam melindungi oli mesin agar operasi suhu tinggi tidak memecah kandungan bahan aktif pada mesin.

5. Megacools Full Penetrate

Terakhir, ada Megacools Full Penetrate yang merupakan pembersih mobil yang multifungsi. Produk ini digunakan sebagai pelumas karat dan melembabkan mesin.

Pembersih ini juga aman untuk media berbahan vinyl, kulit, plastik, stainless steel, dan karet plastik. Megacools Full Penetrate Megacools Full Penetrate tersedia dalam kemasan 300 ml dan 500 ml dengan harga mulai dari Rp23 ribuan.

Bila OtoFriends sudah menentukan membeli salah satu cairan pembersih mesin mobil, selanjutnya simak cara-cara membersihkan mesin mobil berikut ini. 

Baca Juga: Blok Mesin Mobil: Fungsi, Komponen, dan Cara Membersihkan

Tips Membersihkan mesin 

1. Hindari Lokasi yang Terkena Paparan Matahari Langsung

Hal yang paling penting saat membersihkan mesin mobil adalah menghindari lokasi yang terkena paparan sinar matahari langsung. Lokasi yang paling ideal adalah dalam ruangan seperti garasi. 

Mesin tidak boleh terkena matahari langsung karena terdapat bagian berbahan karet dan plastik yang rapuh jika terkena matahari sehingga kerjanya akan menurun. 

2. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Langkah selanjutnya sebelum bersihkan komponen mesin-mesin adalah membersihkan bagian bawah kap mesin. Jika bagian ini dikerjakan belakangan, kemungkinan kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu.

OtoFriends bisa memanfaatkan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran di bagian bawah kap mesin. Namun sebenarnya, menggunakan air juga sudah cukup. 

3. Bersihkan saat Mesin Mobil Kondisi Dingin

Sebelum membersihkan komponen mesin mobil menggunakan cairan, pastikan dulu mesin sudah dalam kondisi dingin atau belum digunakan. Namun jika mobil baru dijalankan,  tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin. 

4. Hati-hati dengan Komponen yang Memiliki Arus Listrik

Langkah ini merupakan tahapan paling penting. OtoFriends harus memperhatikan komponen yang memiliki arus listrik, sperti aki. 

Guna menghindari korsleting, tutup aki dengan bahan kedap air. Jika ingin lebih aman, OtoFriends juga bisa copot aki agar menghindari kemungkinan adanya cairan yang menetes menyebabkan korsleting kelistrikan mobil. 

Baca Juga: Beda dengan Tune Up, Ini Pengertian dan Ciri-Ciri Overhaul Mesin Mobil

5. Campur Cairan dengan Air 

Selanjutnya, masuk ke tahap pembersihan mesin mobil. Dalam proses ini, lebih baik cairan dicampur dengan air lalu diusap perlahan menggunakan kain harus microfiber. 

Sebab jika disemprot, ada kemungkinan cipratan air menetes ke bagian kelistrikan. Mesin mobil sangat dekat dengan ECU, jadi jangan sampai terkena air supaya tidak rusak atau error. 

6. Gunakan Steamer

Untuk menjangkau bagian yang sempit dan sulit untuk dijangkau, OtoFriends bisa menggunakan steamer dengan lubang yang kecil. Ini supaya kotoran yang dibersihkan tidak melebar ke mana-mana. 

7. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Apabila tahapan tersebut sudah dilewati, jangan lupa untuk mengeringkan bagian mesih mobil setelah dibersihkan. Pastikan setiap sisi dibersihkan benar-benar kering supaya tak cairan menempel bisa menyebabkan malfungsi kelistrikan. 

8. Nyalakan Mesin  

Langkah terakhir untuk memastikan seluruhnya kering dengan sempurna nyalakan mesin. Menyalakan mesin bagus untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab. 

Jangan lupa membuka kap mesin agar air-air yang tersisa mudah menguap. Jika tak menyalakan mesin dan kap mesin mobil langsung ditutup, besar kemungkinan kelembapan menempel dan menimbulkan jamur. 

Selain membersihkan mesin mobil, lakukan pula perawatan komponen mobil lainnya. Alangkah lebih tepat perawatan mobil dilakukan di bengkel terpercaya.

Terdapat lebih dari 1000 bengkel di aplikasi Otoklix yang bisa OtoFriends pilih untuk perawatan, pasang aksesori mobil, hingga service. Berbagai kemudahan juga ditawarkan, termasuk booking online bengkel pilihan melalui aplikasi Otoklix. 

Pertanyaan seputar membersihkan mesin mobil:

Hal yang paling penting saat membersihkan mesin mobil adalah menghindari lokasi yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Harga cairan pembersih mesin mobil Waxco Anti Rust Engine Degreaser adalah Rp98 ribu di berbagai e-commerce.

Lebih baik cairan dicampur dengan air lalu diusap perlahan menggunakan kain harus microfiber.