Banyak pengguna mobil sering mencari jenis lampu mobil yang memiliki kecerahan maksimum. Bisa jadi mereka belum puas dengan tingkat pencahayaan kendaraan yang ada. Belum lagi keberadaan lampu mobil sangat penting dalam meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Tanpa pencahayaan yang memadai, sulit untuk melihat jalan dan kondisi sekitar saat berkendara di malam hari. Lantas, apa saja jenis lampu mobil yang banyak dijual dipasaran? Bagaimana tips tepat memilih lampu mobil? Ini penjelasannya!

Fungsi Penting Lampu Mobil

Di bawah ini terdapat fungsi-fungsi penting lampu mobil, yaitu:

  • Sebagai Penerangan saat Minim Cahaya

Fungsi utama lampu pada mobil adalah untuk memberikan penerangan saat kondisi cahaya minim, seperti malam hari atau saat jalanan berkabut. Dengan menyalakan lampu, visibilitas tetap terjaga sehingga OtoFriends dapat berkendara dengan aman.

  • Menjadi Penanda Posisi Mobil

Lampu mobil berfungsi sebagai penanda posisi kendaraan bagi pengguna jalan lainnya, terutama saat kondisi pencahayaan redup seperti pada saat petang atau ketika hujan deras.

  • Membantu Memperjelas Area yang Jauh

Kondisi jalan yang terlalu gelap akan membuat pengendara kesulitan untuk melihat area sekitar. Apalagi jika jalan yang dilalui cukup sempit dan membahayakan. Untuk itu, OtoFriends harus mempunyai lampu dengan jarak pandang yang cukup jauh atau high beam.

Apa Saja Jenis Lampu Mobil?

Lampu mobil terbagi menjadi dua varian, yaitu berdasarkan intensitas cahayanya dan berdasarkan fungsinya. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Tingkat Intensitas Cahaya

Berikut beberapa jenis lampu mobil berdasarkan tingkat intensitas cahayanya:

  • LED

Jenis lampu mobil ini umumnya digunakan sebagai sumber penerangan di dalam ruangan. Selain itu, lampu LED juga banyak digunakan untuk mobil dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya, termasuk konsumsi daya yang jauh lebih rendah. Lampu ini juga terbagi dalam tiga macam, yaitu Limeted, Cree dan COB (Chip and Board).

  • Halogen

Lampu halogen adalah jenis lampu paling umum digunakan pada mobil. Biasanya, lampu ini dipasang pada bagian depan kendaraan sehingga dikenal sebagai headlamp. Lampu halogen mampu menghasilkan kekuatan cahaya berkisar 35 hingga 55 Watt.

  • HID

Cahaya lampu jenis HID dihasilkan dari gas xenon yang terdapat dalam tabung lampunya. Meskipun tidak menggunakan filamen, cahayanya akan lebih terang daripada lampu halogen. Tidak hanya itu, lampu HID memiliki umur pakai lebih panjang dan membutuhkan daya yang lebih rendah.

Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

Jenis lampu juga dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu:

  • Lampu Dekat (Low Beam)

Lampu ini berfungsi untuk memberikan penerangan di depan mobil dalam rentang jarak sekitar 5 meter. Biasanya, lampu jenis ini dinyalakan ketika malam hari saat lalu lintas padat atau dalam kondisi jalanan terang.

  • Lampu Jauh (High Beam)

Lampu High Beam digunakan ketika malam hari dengan kondisi jalanan yang sepi dan gelap. Jarak penerangannya bisa sampai 10 meter.

  • Lampu Senja (Lampu Kota)

Lampu senja merupakan jenis lampu yang harus tetap menyala saat kendaraan berjalan meskipun ketika siang hari atau kondisi cuaca sedang terang. Banyak orang memilih lampu LED untuk digunakan sebagai lampu kota karena konsumsi energinya yang lebih efisien.

  • Lampu Tail (Stop Lamp)

Lampu tail terletak di bagian belakang mobil dan dikendalikan oleh satu saklar bersama dengan lampu senja. Lampu tail berfungsi sebagai lampu isyarat berwarna merah yang menandakan bahwa mobil akan berhenti.

 

Tips Memilih Lampu Mobil

Setiap jenis lampu mobil memiliki peran yang berbeda-beda sehingga OtoFriends harus memilih mana lampu yang tepat untuk meningkatkan visibilitas, terutama ketika malam hari atau kondisi jalan yang buruk. Nah, untuk memilih lampu mobil yang tepat, yuk perhatikan tips ini:

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Preferensi

Sebelum memilih lampu mobil, OtoFriends harus pertimbangkan kebutuhan mobil serta preferensi kecerahan, daya tahan, dan efisiensi energi pada setiap jenis lampu mobil.

  • Perhatikan Kualitas

Memilih lampu mobil berkualitas dari produsen yang terpercaya merupakan salah satu investasi menguntungkan untuk mobil OtoFriends. Lampu mobil dengan kualitas tinggi bisa memberikan pencahayaan yang baik dan tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrim.

  • Konsultasikan dengan Profesional

Jika OtoFriends ragu mana jenis lampu mobil yang harus dipilih, segera berkonsultasi dengan teknisi otomotif terpercaya dan berpengalaman.

Selain memerhatikan jenis lampu mobil dan cara memilih yang tepat, OtoFriends juga perlu cek lagi apakah lampu mobilmu masih menyala dengan terang. Jika sudah mulai redup, lekas perbaiki di bengkel Otoklix. Bengkelnya nyaman, servisnya luar biasa, mekaniknya ahli dan berpengalaman!

Pertanyaan Seputar Lampu Mobil

Lampu apa saja yang ada di mobil?

Lampu utama (headlamp), lampu hazard, lampu rem (brake light), lampu belakang (tail light), lampu dalam (interior light), lampu plat, lampu dashboard, dan lampu samping.

Apa jenis lampu utama yang paling umum digunakan pada mobil?

Jenis lampu utama yang paling umum digunakan pada mobil adalah lampu halogen.

Jenis lampu apa aja?

Halogen, HID, dan LED.

H4 untuk mobil apa saja?

Lampu H4 biasanya digunakan pada mobil sedan, Hatchback, SUV, truk, dan sepeda motor.

 

Referensi:

https://lifepal.co.id/media/lampu-mobil/

Jenis Lampu Mobil Paling Terang, Ini Pilihannya

Tips Memilih Bohlam Lampu Mobil yang Sesuai Aturan