Turbocharger adalah komponen yang identik dengan mesin mobil berperforma tinggi seperti mobil balap atau mobil sport. Dulu, komponen ini hanya digunakan pada mobil bermesin diesel. Namun, manfaat turbocharger kini juga diaplikasikan pada mobil dengan bahan bakar bensin. 

Turbocharger terdiri dari 2 komponen utama, yaitu kompresor dan turbin. Kedua komponen itu dihubungkan dalam satu batang penghubung. Bagaimana turbocharger mampu meningkatkan performa mesin mobil?  

Turbocharger adalah semacam alat yang bisa membuat mobil jadi lebih bertenaga. Alat ini mendapatkan energi dari gas buang mobil untuk menambah tenaga mesin dengan cara meningkatkan tekanan udara yang masuk ke mesin. Kelebihan turbocharger adalah dapat membuat mesin jadi lebih kuat tanpa menambah berat mobil terlalu banyak. 

 

Jenis-jenis Turbocharger 

  • Turbocharger 

Menggunakan gas buangan mesin sebagai modal untuk menggerakkan turbin. Embusan udara yang didapatkan lebih kuat sehingga putaran akan semakin kencang. Namun, OtoFriends juga perlu menyertakan intercooler di dalam mesin mobil untuk mengontrol temperatur udara yang melewati turbo. 

  • Supercharger 

Memanfaatkan tenaga pulley mesin yang dihubungkan ke kompresor charger menggunakan belt khusus. Output tenaga yang dikeluarkan alat ini tidak memiliki problem temperatur udara.  

  • Electric charger 

Menggunakan motor listrik untuk bergerak. Jenis ini juga bebas masalah temperatur udara intake maupun gangguan pada mesin karena tidak mengganggu aliran gas buangan mesin dan pulley mesin. 

 

Fungsi Turbocharger 

Turbocharger dapat membantu memampatkan udara ke dalam ruang silinder dengan kapasitas tidak terlalu besar. Dengan memaksa sejumlah udara masuk ke dalam ruang silinder melalui proses kompresi, udara di dalam ruang silinder yang kemudian dibakar menjadi lebih padat dan mengandung lebih banyak oksigen. Proses ini yang kemudian menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar setelah pembakaran. 

Teknologi ini membuat udara yang masuk ke dalam mesin menjadi lebih banyak tanpa peningkatan kapasitas mesin. Alhasil, tenaga yang dihasilkan pun turut mengalami peningkatan. Meski begitu, bahan bakar mobil tetap menjadi lebih irit karena sisa pembakarannya dimampatkan dan digunakan kembali. 

 

Manfaat Turbocharger 

OtoFriends, manfaat turbocharger bukan hanya meningkatkan performa mesin mobil. Berikut daftar manfaat lain dari teknologi ini: 

  • Irit bahan bakar karena sisa pembakaran dimampatkan dan dikembalikan ke ruang bakar 
  • Lebih ramah lingkungan karena banyak udara di dalam mesin, sehingga proses pembakaran lebih optimal 
  • Meningkatkan tenaga mesin diesel 
  • Kebisingan mesin berkurang karena saluran pembuangan digunakan untuk memutar turbin 
  • Mengurangi kehilangan daya di ketinggian (karena udara di ketinggian sangat tipis) sehingga jumlah udara yang masuk ke mesin turbocharged stabil 
  • Struktur mesin proses pembakaran optimal (tenaga mobil selalu sangat tinggi, antara 30-60%) 

 

Cara Merawat Turbocharger 

Supaya komponen ini berfungsi optimal, OtoFriends harus merawatnya dengan baik. Ikuti tipsnya berikut. 

  • Matikan mesin mobil saat parkir 

Saat memarkir mobil setelah mengemudi dengan kecepatan tinggi, akan terjadi penumpukan suhu panas di ruang mesin. Penumpukan ini terjadi karena tidak ada lagi udara yang mengalir di ruang mesin. Maka itu, segera matikan mesin mobil saat memarkir mobil agar suhu tinggi tidak menumpuk dan panas terus-menerus. 

  • Kurangi kecepatan sebelum parkir 

Salah satu cara memperpanjang usia mesin turbo adalah dengan mengurangi kecepatan sebelum memarkir mobil. Langkah ini dapat membantu mengurangi penumpukan suhu panas di ruang mesin setelah mobil dikendarai cukup lama, terutama dalam kecepatan tinggi. 

  • Ganti oli secara berkala 

Untuk menjaga daya tahan turbocharger, OtoFriends perlu melakukan penggantian oli mesin secara rutin. Lakukan pengecekan oli mesin secara berkala di bengkel atau tempat servis oli agar kualitasnya tetap terjaga dan filter oli dapat berfungsi dengan normal. 

 

Bagaimana pun tingkat penggunaan mobilnya, OtoFriends harus rajin melakukan perawatan mesin. Apalagi jika tiba-tiba kamu merasa mobil tidak nyaman seperti biasanya dan OtoFriends merasa ada yang tak wajar pada mesin. 

Jangan tunggu sampai mobil benar-benar bermasalah. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. OtoFriends bisa menemukan tempat servis mobil terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang akan memudahkan kamu mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil. Bengkel Otoklix memiliki mekanik berpengalaman yang akan membantumu mengecek kondisi mobil dengan saksama. 

 

Pertanyaan Seputar Turbocharger 

  1. Apa itu turbocharger dan fungsinya? 

Turbocharger adalah teknologi yang meningkatkan tenaga mesin dengan memasukkan lebih banyak udara ke ruang bakar mobil. 

  1. Kapan turbocharger bekerja? 

Saat mesin mencapai rpm tertentu, turbocharger memanfaatkan panas gas buang untuk menambah tekanan dan kepadatan udara di ruang bakar.