Memodifikasi mobil memang hal yang menyenangkan. Mobil akan terasa lebih istimewa karena memiliki desain atau fitur yang berbeda dari mobil-mobil lainnya yang masih berstandar pabrik. Lantas, bagaimana cara memilih bengkel modifikasi mobil yang baik? Dan juga bagaimana cara memodifikasi mobil secara tepat bagi pemula?

Simak artikelnya berikut ini ya.

Tips Memilih Bengkel Modifikasi Mobil

Seiring dengan kegemaran pengguna mobil modifikasi, banyak pula bengkel-bengkel modifikasi yang menawarkan jasanya. Tetapi, kamu perlu memilih yang terbaik dan tepercaya agar tidak kecewa dengan hasil yang didapatkan. Di bawah ini adalah beberapa poin tips memilih bengkel modifikasi mobil.

1. Teknisi berpengalaman

Salah satu yang tidak bisa dilepaskan dari bengkel modifikasi terbaik adalah memiliki teknisi yang berpengalaman dan bekerja secara profesional. Bengkel modifikasi yang baik biasanya sudah memiliki reputasi di kalangan pecinta mobil modifikasi. Teknisi di bengkel ini sebaiknya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendetail tentang mobil modifikasi.

Cara melihatnya adalah memilih bengkel dengan usia yang sudah cukup lama, memiliki teknisi yang bersertifikat, memiliki penghargaan modifikasi, dan lainnya. Teknisi yang baik juga biasanya mengajak pelanggan berkomunikasi mengenai modif mobil agar pelanggan merasa nyaman menyampaikan pendapat untuk memodifikasi mobil sesuai keinginan.

2. SOP yang jelas

Tips kedua adalah bengkel tersebut memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas.. Misalnya, struktur keorganisasian yang jelas mulai dari Body Designer yang bertanggung jawab atas desain bodi mobil secara keseluruhan, Exterior dan Interior Designer, dan sebagainya. Semua pekerjaan dilakukan sesuai SOP yang berlaku.

Setelah pengerjaan juga sebaiknya dilakukan quality control agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari karena ada kesalahan pada bagian yang dimodifikasi. Apalagi jika modifikasi yang menyangkut mesin.

3. Mengikuti tren

Penggemar mobil modifikasi biasanya ingin memiliki mobil dengan gaya kekinian. Tren modifikasi mobil bisa saja berubah setiap tahun. Maka dari itu, bengkel modifikasi mobil yang bagus biasanya mengikuti perkembangan dan tren yang sedang terjadi. Jadi, modifikasi mobil tidak terkesan norak atau ketinggalan zaman. Tetapi hal ini biasanya tidak berlaku bagi mobil dengan gaya modifikasi ekstrem yang tidak terikat tren.

4. Memberikan harga yang transparan.

Modifikasi mobil biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tetapi sebaiknya pihak bengkel transparan soal harga, tidak memberikan harga yang tidak masuk akal. Pihak bengkel sebaiknya memberikan rincian, mulai dari harga komponen dan biaya jasa. Di awal juga sebaiknya diberitahukan estimasi biaya, sehingga kamu tidak kaget ketika melihat harga akhirnya.

5. Mudah diakses

Bengkel modifikasi mobil yang recommended sebaiknya memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanannya. Misalnya berada di lokasi yang terjangkau, memiliki jam operasional panjang, dan buka di hari libur. Bengkel juga bisa menyediakan layanan CS yang bisa dihubungi saat jam kerja.

Nah itu tadi 5 tips dalam memilih bengkel untuk modifikasi mobil.

Tips Modifikasi Mobil

Bagi kamu yang masih tergolong pemula dalam dunia modifikasi mobil, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut agar hasil modifikasi mobilmu tidak lebay dan norak.

Menentukan tema modifikasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengonsep bagian mana saja yang akan dimodif. Bisa hanya bagian interior saja, eksterior saja, atau keduanya secara menyeluruh. Kemudian, tentukan tema yang menjadi referensi modifikasi mobil. Hal ini bertujuan agar modifikasi lebih terarah dan bujet tidak membengkak. 

Kamu bisa mencari gaya modifikasi di sosial media atau di pameran otomotif. Beberapa tema yang bisa dijadikan pilihan adalah racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau cute.

Menentukan tujuan modifikasi

Apa tujuan kamu memodifikasi mobil? Ada yang memodifikasi mobil untuk diikutkan pada kontes, atau sekadar hobi untuk keseharian. Hal ini berpengaruh terhadap kebutuhan mesin dan keamanan. Misalnya jika ingin modifikasi sport, akan berbeda kebutuhannya dengan mobil untuk kontes.

Estimasi biaya pengeluaran

Hal ketiga ini sangat penting, yaitu estimasi pengeluaran. Modifikasi mobil biasanya membutuhkan biaya yang banyak, apalagi jika tidak terkonsep dengan baik. Biaya ini meliputi pembelian sparepart, aksesori, dna juga biaya jasa untuk bengkel modifikasi mobil. Jangan membeli part secara impulsif padahal tidak dibutuhkan di mobil.

Kamu bisa melakukan riset sebelum membeli barang-barang tersebut. Kamu juga bisa melakukan modifikasi secara bertahap jika memang dananya belum mencukupi.

Siapkan daftar komponen yang dibutuhkan

Menyiapkan daftar komponen yang dibutuhkan juga salah satu upaya untuk menekan bujet. Selain itu, kamu juga mungkin melakukan pemesanan suku cadang di luar kota apabila komponen tersebut tidak tersedia di daerahmu. Disarankan untuk menggunakan komponen yang mudah didapat sehingga harga pun bisa lebih murah.

Mulai dari mesin

Langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi mesin terlebih dahulu jika dibutuhkan. Salah satu tips modifikasi mobil bekas adalah mengganti busi atau koil terlebih dahulu. Bisa juga melapisi mesin dengan karbon atau krom supaya lebih mengilap.

Modifikasi velg

Tampilan velg ini sangat berpengaruh ketika melakukan modifikasi. Bagian velg ini akan sangat terlihat ketika mobil berjalan. Pilih velg dengan warna netral dan perhatikan ukuran velg. Selain tampil keren, juga tetap mengedepankan fungsi velg agar berkendara lebih nyaman.

Bergabung dengan komunitas

Tips terakhir adalah dengan bergabung bersama komunitas. Biasanya anggota komunitas tidak segan untuk berbagi dan saling memberi masukan.

Sebelum melakukan memodifikasi di bengkel modifikasi mobil terdekat, kamu juga bisa memperbaiki mobil terlebih dahulu di body repair agar hasil modifikasi lebih maksimal. Untuk menjaga hasil modifikasi juga bisa dilakukan perawatan detailing.

Dapatkan bengkel untuk body repair dan detailing di aplikasi Otoklix. Kamu bisa dapat harga garansi 30 hari setelah pengerjaan lho.