Salah satu cara membeli mobil bekas adalah dengan membelinya di showroom atau dealer mobil bekas. Namun, agar tidak rugi dan menyesal di kemudian hari, kita perlu tahu bagaimana tips membeli mobil bekas di showroom

Selain mengecek kondisi mobil, test drive, dan tips lainnya saat membeli mobil bekas, ada beberapa tips membeli mobil bekas di showroom. Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Membeli mobil bekas memang harus pandai memilih unit mobilnya. Akan tetapi, yang tidak kalah penting adalah memilih membeli mobil bekas di showroom yang terpercaya. Tips membeli mobil bekas di showroom adalah sebagai berikut.

1. Cek harga pasar

Pertama, pastikan untuk melakukan riset tentang harga pasar mobil bekas yang menjadi incaranmu. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, OtoFriends bisa membandingkan harga mobil bekas di showroom dan di internet atau sumber lainnya. Harga mobil bekas bisa jadi menunjukkan kondisi mobil.

Selain mengecek harga pasar, perhatikan juga spesifikasinya. Dengan melakukan riset tentang mobil incaran dan juga harganya, kita bisa membandingkan dan berkonsultasi dengan pihak showroom.

2. Memilih showroom terpercaya

Selain riset harga pasar, kita juga perlu riset showroom mana yang terpercaya dan punya reputasi baik. Showroom yang terpercaya biasanya memberikan harga yang wajar sesuai dengan kualitas mobil. Selain itu, showroom terpercaya juga mungkin bakal memberikan garansi atau jaminan mobil. 

3. Pilih showroom yang cukup besar

Salah satu cara memilih showroom ternama adalah dengan memilih showroom yang besar. Selain itu, dengan mendatangi showroom yang bekas, OtoFriends bisa lebih leluasa memilih mobil yang diinginkan. 

Misalnya ada mobil A yang menjadi incaran, tetapi bodinya terlihat kurang bagus. Di showroom yang besar mungkin menyediakan pilihan mobil A dengan unit lainnya dengan kondisi yang lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

4. Pilih showroom ternama

Biasanya showroom yang cukup besar dan dipercaya oleh masyarakat punya nama yang cukup terkenal. Jika memungkinkan memiliki cabang di seluruh Indonesia.

5. Jangan tergoda harga murah

Tentu kita ingin beli mobil bekas dengan harga murah. Terkadang showroom juga memberikan promosi harga super murah. Namun, jangan langsung tergoda dengan promo tersebut. Cek dulu kebenaran promo tersebut, apakah hanya iming-iming agar showroom ramai pelanggan? Selain itu, kita patut curiga kepada mobil yang ditawarkan lebih murah dengan harga yang jauh di bawah pasaran.

6. Jangan terburu-buru

Tips membeli mobil bekas di showroom yang terakhir adalah tidak terburu-buru atau tergesa-gesa membelinya. Lakukan pemeriksaan secara mendetail, membandingkan harga, dan informasi lainnya. Kalau ada hal yang kurang cocok, sebaiknya bersabar terlebih dahulu dan mencari model lain dengan harga serupa.

7. Mengecek dokumen kendaraan

Tips membeli mobil bekas di showroom yang tidak kalah penting adalah mengecek dokumen kendaraan. Tidak semua showroom memiliki reputasi yang baik. Ada juga pihak showroom yang nakal, yaitu memalsukan dokumen mobil bekas. 

Jadi, sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Cocokkan nomor mesin pada mobil dan nomor mesin yang tertera di dokumen asli mobil. Di samping itu, perhatikan juga kapan waktunya pajak habis. Informasi ini terdapat di balik STNK. OtoFriends bisa minta turun harga kalau pajaknya sudah hampir habis.

Baca juga: Daftar 9 Mobil Bekas Taxi, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Membeli Mobil Bekas

Selain tips membeli mobil bekas di showroom, perhatikan juga tips membeli mobil bekas secara umum. Mulai dari mengecek kondisi mobil, mengecek riwayat servis, dan lainnya.

1. Cek kondisi mobil

Saat ingin beli mobil bekas, salah satu hal utama adalah memeriksa secara detail dan menyeluruh tentang kondisi mobil. Mulai dari mengecek bodi mobil, mesin, AC, rem, kaki-kaki, dan lainnya. Kalau tidak terlalu paham tentang mobil, OtoFriends bisa mengajak teman yang mengerti mobil atau bahkan membawa mekanik profesional.

2. Cek riwayat servis mobil

Kita boleh meminta kepada pihak showroom untuk memeriksa riwayat servis mobil. Dengan mengetahui riwayat servisnya, kita bisa tahu apakah mobil incaran ini pernah mengalami kerusakan serius atau tidak. Selain itu, kita juga bisa tahu apakah pemilik sebelumnya rajin merawat mobil atau tidak.

3. Memeriksa kelengkapan dokumen

Tips membeli mobil bekas di showroom adalah memastikan dokumen mobil lengkap dan juga sesuai kondisi mobil. Kita juga bisa memeriksa apakah STNK, BPKB, dan surat lainnya asli atau tidak. Selain itu, melalui berkas-berkas tersebut juga kita bisa tahu apakah mobil itu terlibat kasus hukum atau lainnya.

Baca juga: Beli Mobil Tua? Ini 9 Tips dan Hal yang Perlu Diperhatikan

4. Memeriksa kilometer mobil

Kemudian, periksa juga jarak tempuh atau kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut. Mobil dengan jumlah kilometer yang sedikit biasanya memiliki kondisi yang lebih baik. Namun, pastikan bahwa angka yang tertera di panel tersebut benar-benar sesuai dengan kondisi mobil. Sebab, kita memang bisa melakukan reset untuk jumlah kilometer kendaraan.

5. Memeriksa ketersediaan suku cadang

Ada lagi yang perlu dipertimbangkan sebelum beli mobil bekas, yaitu mengecek apakah suku cadang tersedia dan mudah didapat atau tidak. Mobil dengan suku cadang yang sulit didapat akan membuat kita sulit merawat mobil di kemudian hari.

6. Menggunakan jasa inspektor profesional

Membawa inspektor profesional bisa menjadi trik untuk mendapat mobil dengan kondisi terbaik. Saat ini terdapat jasa inspektor profesional yang berdiri secara independen. Inspektor bakal melakukan pemeriksaan di semua bagian kendaraan. 

Namun, kita memang harus keluar dana yang lebih untuk jasa inspeksi. Sebelum membawa inspektor ke showroom, sebaiknya OtoFriends memberi tahu pihak showroom bahwa akan datang bersama inspektor.

Itu dia sejumlah tips membeli mobil bekas di showroom.

Download aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis mobil bekas. Servisnya lengkap, harganya transparan.

Bengkel flagship Otoklix tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Layanan servis mobil lengkap, mulai dari ganti oli, ganti aki, servis AC, servis rem, dan lainnya. Booking servis lebih mudah melalui WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom :

Mobil bekas bisa dibeli langsung dari tangan pertama, mengunjungi dealer/showroom, atau menggunakan aplikasi atau website jual beli mobil secara online.

Ketika membeli mobil bekas, pastikan hal-hal berikut: 1) Mobil bukan bekas tabrakan, 2) Mobil tidak bekas banjir, 3) Cek kondisi mesin, interior, dan eksterior, 4) Teliti kelengkapan dan keaslian berkas-berkas atau surat-suratnya seperti STNK dan BPKB.

Merek-merek mobil di Indonesia dengan penjualan ulang yang baik ada Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.