Bagian interior mobil, adalah bagian dalam mobil yang bisa membuat OtoFriends nyaman dalam berkendara. Bagian ini juga tentunya harus OtoFriends rawat dengan baik. Bagian interior identik dengan warna hitam terutama pada bagian dashboard. Apabila bagian ini terlihat kusam, tentunya terdapat penghitam dashboard mobil yang dapat OtoFriends gunakan.

Beberapa penghitam dashboard mobil berikut ini bisa dengan mudah OtoFriends dapatkan melalui situs jual beli di internet. Bahkan terdapat juga penghitam dashboard mobil dengan bahan alami yang bisa OtoFriends gunakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penghitam dashboard mobil yang bisa OtoFriends gunakan.

Menggunakan Cairan Penghitam Dashboard Mobil

Rekomendasi penghitam dashboard mobil yang pertama adalah dengan menggunakan cairan penghitam dashboard mobil yang OtoFriends bisa dengan mudah temukan melalui situs jual beli di internet. Terdapat beragam pilihan yang OtoFriends bisa gunakan dan disesuaikan dengan biaya yang OtoFriends punya saat ini.

Dalam memilih cairan penghitam dashboard mobil melalui situs jual beli di internet, OtoFriends harus kembali memastikan bahwa tidak ada bahan berbahaya yang bisa merusak dashboard mobil OtoFriends.

Rekomendasi Penghitam Dashboard Mobil

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penghitam dashboard mobil yang OtoFriends bisa pilih.

  1. Black retrim, tersedia dalam ukuran 100ml dengan harga sekitar Rp40 Ribuan. Beberapa keunggulan dari produk ini adalah seperti pengaplikasian yang mudah, hasil tahan lama, dan bahkan memiliki efek daun talas. Setiap pembelian produk ini, OtoFriends juga akan mendapatkan applicator pad atau busa poles yang bisa OtoFriends gunakan.
  2. GOODBLACK adalah produk cairan penghitam dashboard mobil berikutnya yang bisa digunakan dan tersedia dengan harga sekitar Rp60 Ribuan. GOODBLACK mengklaim bahwa hasli hitam dari produknya dapat bertahan dengan jangka waktu yang lebih lama bahkan sampai bertahun-tahun. Setiap Pembelian produk ini OtoFriend juga akan mendapatkan sarung tangan dan applicator pad.
  3. Oxitrade adalah produk cairan penghitam dashboard mobil terbaik dan terlaris saat ini. Produk ini tidak hanya dapat menghitamkan dashboard mobil tetapi juga bisa menghitamkan beberapa bagian mobil lainnya seperti ban mobil. Harga produk ini sekitar Rp60 Ribuan.

Cara Menggunakan Penghitam Dashboard Mobil 

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi cairan penghitam dashboard mobil, berikut ini adalah cara menggunakan cairan penghitam dashboard mobil tersebut. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Lap atau bersihkan terlebih dahulu pada area yang akan diaplikasikan cairan penghitam dashboard mobil tersebut. Pastikan area tersebut sudah bebas dari kotoran dan debu.
  2. Kocok dahulu cairan penghitam. Beberapa cairan penghitam memiliki instruksi untuk dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan, OtoFriends bisa dengan mudah menemukan instruksi ini pada bagian kemasan cairan tersebut
  3. Tuang cairan penghitam ke dalam sebuah wadah, seperti mangkuk. Pastikan mangkuk tersebut sesuai untuk OtoFriends gunakan, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil.
  4. Masukan sebagian applicator pad atau busa poles kedalam wadah yang sudah berisi cairan penghitam tersebut.
  5. Gosok area yang ingin OtoFriends hitamkan.
  6. Diamkan beberapa saat. Lama proses ini tergantung dari produk cairan penghitam dashboard OtoFriends miliki. OtoFriends dapat melihat waktu pada proses ini pada bagian kemasan produk
  7. Bersihkan atau lap kembali area tersebut dengan tisu atau lap kering.
  8. Ulangi kembali pada area lainnya secara merata.

Baca Juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

Menggunakan Minyak Zaitun

Selain menggunakan cairan penghitam dashboard mobil yang tersedia dalam situs jual beli di Indonesia, ternyata ada juga bahan alami yang OtoFriends dapat gunakan. Bahan alami tersebut adalah minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun sebagai cairan penghitam dashboard mobil sama saja seperti menggunakan cairan penghitam yang terdapat pada poin sebelumnya. Perlu menjadi catatan OtoFriends, bila menggunakan minyak zaitun area yang diaplikasikan akan menjadi licin, karena itu perhatikan atau pertimbangkan kembali area yang ingin aplikasikan.

Menggunakan Cairan Semir

Cairan semir umumnya digunakan untuk menghitamkan ban, namun ternyata cairan ini bisa digunakan sebagai penghitam dashboard mobil. Pastikan kembali bahwa cairan semir ini tidak menggunakan bahan berbahaya yang bisa merusak dashboard mobil. 

Cara menggunakan cairan semir ini adalah dengan cara menyemprotkan pada bagian dashboard mobil. Jangan lupa untuk memastikan bahwa area sudah bersih dari kotoran dan debu. Setelah disemprotkan, lap area menggunakan kain atau lap yang lembut seperti lap microfiber. Ulangi kembali proses ini hingga merata pada semua bagian.

Menggunakan Jasa Body Detailing

Rekomendasi penghitam dashboard mobil yang berikutnya adalah dengan menggunakan jasa body detailing. Pada awalnya, jasa ini hanya bisa digunakan untuk memperbaiki body kendaraan saja, namun seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan, jasa ini sudah bisa untuk menghitamkan dashboard mobil seperti baru dalam waktu singkat dengan hasil yang maksimal.

Untuk bisa menggunakan jasa body detailing ini, OtoFriends harus berkunjung ke bengkel detailing mobil. Untuk dapat menemukan bengkel tersebut, kini sangat mudah. OtoFriends bisa menemukan berbagai bengkel detailing mobil terdekat di Otoklix.

Baca Juga: Memahami Auto Detailing Mobil: Proses Pengerjaan dan Biaya

Melakukan Cat Ulang

Pilihan terakhir yang OtoFriends dapat lakukan untuk menghitamkan dashboard mobil OtoFriends adalah dengan melakukan cat ulang. Cara ini bisa OtoFriends pilih jika pada beberapa cara sebelumnya tidak menunjukan hasil yang maksimal dan tentunya ini merupakan penghitam dashboard permanent dengan hasil terbaik.

Untuk melakukan cat ulang pada bagian dashboard mobil OtoFriends harus mempersiapkan dana tambahan untuk melakukan hal ini. Selain dana tambahan, pastikan juga kualitas cat yang akan digunakan pada bagian dashboard mobil OtoFriends.

Itulah beberapa rekomendasi penghitam dashboard mobil yang bisa OtoFriends pilih, mulai dari cairan penghitam yang tersedia dalam situs jual beli di Indonesia, menggunakan minyak zaitun, cairan semir, menggunakan jasa body detailing atau pilihan terakhir melakukan cat ulang pada bagian tersebut.

Untuk dapat menemukan berbagai kebutuhan mulai dari perawatan sampai servis perbaikan, OtoFriends dapat mempercayakannya kepada Otoklix yang akan memberikan OtoFriends banyak sekali rekomendasi bengkel mobil terpercaya.