Duh, padahal sudah pakai aki kering agar praktis, tapi ternyata cepat soak. Bagaimana cara perbaiki aki kering ya?

Terkadang kita sebagai pengguna mobil tidak sadar telah membebani aki mobil di luar kapasitas atau lupa memanaskan mobil untuk waktu yang lama sehingga aki kering soak. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki aki kering mobil. Yuk, cari tahu infonya.

Baca juga: Penyebab Aki Mobil Soak dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Aki Kering Soak

Sebagai pemilik mobil yang menggunakan aki kering, kita harus mengetahui ciri-ciri aki kering mulai soak dan cara memperbaikinya. Aki memiliki peran yang cukup krusial terhadap seluruh kinerja komponen mobil, khususnya komponen kelistrikan pada mobil. 

Mengenali gejala aki soak bisa memberikan keuntungan agar kita bisa segera memperbaikinya. Berikut ini ciri-ciri aki kering soak.

1. Mesin mobil sulit menyala

Saat aki kering mulai soak, mesin mobil akan sulit menyala. Kondisi seperti ini bisa terjadi pada mobil yang menggunakan kunci kontak dalam bentuk kunci maupun keyless. Kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyalakan mesin mobil, tak jarang juga akan timbul suara tek-tek-tek sesekali saat menyalakan mesin.

Hal ini terjadi lantaran sistem starter mobil dapat bekerja menyalakan mesin mobil bila motor penggerak di dalamnya bergerak menggunakan aliran listrik sehingga menghasilkan percikan api yang dapat menyalakan mesin mobil.

Bila aki mobil melemah, sekalipun aki masih memiliki sedikit tegangan tetapi kurang cukup untuk menggerakkan dinamo mobil dan menciptakan percikan api untuk menyalakan mesin mobil.

2. Tegangan aki kurang

Idealnya batas minimal tegangan aki dalam kondisi normal berkisar antara 12,3 volt sampai dengan 12,6 volt. Bahkan saat mesin mobil menyala maka tegangannya bisa meningkat hingga 14,2 volt. 

Namun bila ternyata tegangan aki kurang dari batas minimalnya yakni 12,3 volt maka kita bisa mengisi daya aki di bengkel mobil terdekat. OtoFriends bisa mengukur tegangan aki menggunakan load tester.

3. Klakson dan lampu mulai redup

Apabila kita baru mengganti lampu mobil dengan yang baru namun cahayanya semakin lama semakin redup, maka hal tersebut bukan karena lampu mobil bermasalah. Kondisi tersebut merupakan ciri-ciri aki kering soak. Redupnya lampu mobil yang diikuti dengan suara klakson yang semakin meredup merupakan tanda aki mulai soak.

Lampu dan klakson mobil merupakan komponen kelistrikan pada mobil yang membutuhkan aliran listrik dari aki. Bila aki mobil bermasalah, maka aliran listrik yang mengalir menuju komponen-komponen kelistrikan tersebut akan ikut bermasalah. Dampaknya adalah sistem kelistrikan pada mobil jadi ikut terganggu dan bekerja tidak normal.

4. Tercium aroma aki saat mesin mobil menyala

Pernahkan OtoFriends mencium aroma yang kurang sedap seperti bau aki saat menyalakan mesin mobil? Jika pernah maka segera periksakan aki mobil. Kondisi tersebut merupakan gejala aki kering mulai soak

Aroma kurang sedang tercipta dari sel-sel pada komponen aki yang sudah mulai rusak sehingga pada saat mesin mobil menyala, air di dalamnya akan mendidih dan mengeluarkan bau tersebut.

5. Aki berusia tua

Setiap komponen mobil memiliki batas maksimal usia pakai, tak terkecuali aki mobil. Idealnya usia maksimal pemakaian aki mencapai 2 tahun sejak pertama kali kita membelinya. Saat membeli aki, kita perlu mencatat tanggal pembelian tersebut dan memperkirakan tanggal expired. Dengan begitu, kita bisa segera mengganti komponen kelistrikan tersebut dengan yang baru.

Baca juga: Catat! Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Cara Perbaiki Aki Kering yang Rusak

Aki kering memang tidak disarankan untuk diperbaiki karena memang aki kering didesain untuk sekali pakai saja. Jika sudah memasuki usia pakai, sebaiknya aki kering diganti baru. Maka dari itu, tidak ada lubang aki atau komponen yang bisa dibuka untuk mengganti air aki.

Tetapi bagaimana jika aki soak padahal belum memasuki usia pakai? Tentu saja kita harus mengeluarkan lebih banyak biaya. Sebelum membeli aki baru, kita bisa mencoba cara ini untuk memperbaiki aki kering.

1. Siapkan alat dan bahan

Ini dia alat dan bahan yang diperlukan untuk memperbaiki aki kering.

  • Obeng minus untuk membuka penutup aki
  • Obeng plus
  • Pisau atau gergaji besi
  • Air aki zuur untuk mengisi aki baru. Bukan menggunakan air accu ya.
  • Lap kering
  • Alat suntik tinta printer. Alat ini opsional, sifatnya hanya untuk memudahkan proses perbaikan aki kering
  • Selotip ukuran besar untuk merekatkan kembali aki

2. Melepaskan aki

Langkah selanjutnya dalam cara perbaiki aki kering adalah melepaskan aki. Sebelum melepas aki dari rangka mobil, kita perlu memastikan mesin mobil mati. Kemudian lepaskan kabel, baut, dan klem pada kutub positif terlebih dahulu.

Setelah itu baru lepas kabel dan baut pada kutub negatif. Urutannya harus sesuai ya agar tidak terjadi hubungan arus pendek. 

3. Membersihkan aki

Tak jarang aki yang telah lama berada di dalam mobil memiliki kotoran yang menempel. Kita bisa membersihkannya terlebih dahulu untuk mempermudah proses selanjutnya. Cara membersihkannya cukup lap dengan kain bersih.

4. Membuka penutup aki

Berbeda dengan aki basah yang terdapat enam lubang aki, pada aki kering semua bagiannya tertutup. Maka dari itu, kita perlu menggunakan pisau atau gergaji untuk membuka penutup aki. Lakukan dengan hati-hati ya.

Bagian yang perlu dibuka adalah bagian dengan tulisan “Do Not Open”. Buka bagian tersebut menggunakan obeng minus. Lakukan juga pada samping dan belakang aki kering.

5. Mengisi dengan cairan aki

Cara perbaiki aki kering selanjutnya adalah mengisi air aki. Cairan aki yang diisikan adalah air zuur ya. Mengingat sifat air zuur yang korosif dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, maka kita perlu melakukan pengisian dengan hati-hati.

Kita bisa menggunakan suntikan printer yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu suntikkan ke lubang aki sekitar 15 ml atau sampai batas yang tepat, kira-kira 1 cm di bawah penutup aki. Jika ada air zuur yang tumpah ke bodi mobil, OtoFriends bisa segera mengelapnya menggunakan lap kering agar tidak merusak logam pada bodi mobil.

6. Menutup kembali aki

Langkah selanjutnya adalah menutup kembali aki secara rapat menggunakan selotip yang telah dipersiapkan. Penutupan yang sempurna bertujuan agar tidak ada udara yang masuk ke aki. Udara yang masuk ke aki bisa menyebabkan korosi.

7. Memasang kembali kabel aki

Kemudian, pasang kembali kabel dan baut-baut aki dengan urutan yang dibalik dari saat melepas kabel aki. Pasang kutub negatif terlebih dahulu, lalu pasang kutub positif. Pastikan semua bagian sudah terpasang sempurna agar listrik bisa mengalir secara maksimal.

8. Mencoba menyalakan mesin mobil

Setelah semua bagian telah terpasang, langkah terakhir dalam cara perbaiki aki kering adalah menyalakan mesin mobil. Pastikan putaran mesin di atas 600 rpm agar pengisian daya aki berjalan maksimal. Jika mesin sudah hidup, berarti cara perbaiki aki kering yang kita lakukan telah berhasil.

Cara Perbaiki Aki Kering dengan Teknik Jumper

Selain membongkar aki, kita juga bisa memperbaiki aki kering dengan teknik jumper. Jumper adalah mengisi daya aki menggunakan aki lain sebagai donor. OtoFriends hanya memerlukan kabel jumper yang bisa dengan mudah didapatkan di toko aksesoris otomotif.

Cari kabel jumper berkualitas baik dan berbahan cukup tebal ya. Berikut ini langkah-langkah cara perbaiki aki kering dengan teknik jumper.

  1. Pastikan mesin mobil pada posisi N (untuk mobil manual), dan posisi P (untuk mobil matik).
  2. Hubungkan kabel jumper bagian positif yang biasanya berwarna merah ke kutub positif masing-masing aki mobil.
  3. Hubungkan kabel jumper bagian negatif yang berwarna hitam ke bodi atau bagian logam lainnya pada mobil yang mogok.
  4. Diamkan beberapa saat agar daya aki yang soak bisa terisi.
  5. Setelah itu, coba nyalakan mesin mobil yang akinya normal di atas 1.000 rpm.
  6. Kemudian, coba starter mesin mobil yang akinya soak.

Jika sudah bisa menyala, artinya daya aki mobil yang soak sudah terisi kembali. Kamu bisa melepaskan kabel-kabel jumper dengan melepas bagian negatif terlebih dahulu lalu bagian positif. Lakukan pelepasan kabel pada aki mobil yang tekor terlebih dahulu ya.

Tetapi perlu diingat bahwa jumper aki hanya bersifat sementara. Sebaiknya segera memeriksakan aki mobil ke bengkel. Kalau memang aki sudah saatnya ganti baru, maka kita bisa membeli aki baru.

Tips Merawat Aki Kering

Perawatan aki kering lebih mudah daripada merawat aki basah, kendati demikian kita tetap harus melengkapi pengetahuan kita tentang bagaimana cara merawat aki yang tepat dan benar supaya aki tidak cepat soak dan dapat bekerja dengan optimal selama masa pakainya.

1. Rutin memanaskan mesin mobil

Tips pertama untuk merawat aki supaya tetap dalam kondisi normal adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil. Walaupun mobil jarang kita gunakan, akan tetapi kita tetap wajib memanaskan mesin mobil selama kurang lebih 10 menit atau sampai aki mobil mencapai suhu kerja mesin. Selain menjaga kondisi aki, rutin memanaskan mobil juga bisa menjaga sistem kelistrikan mobil.

2. Rutin membersihkan permukaan aki

Jarang membersihkan aki mobil akan membuat kotoran dan debu menumpuk pada permukaan aki mobil sehingga menyumbat katup. Saat katup aki tersumbat, proses penguapan aki jadi bermasalah sehingga aki lebih cepat soak. Oleh karena itu, kita juga perlu rutin membersihkan permukaan aki dari kotoran dan debu yang menumpuk.

3. Meninggalkan kebiasaan memasang aksesoris mobil berlebihan

Sah-sah saja bila kita ingin menambahkan beberapa aksesoris mobil untuk meningkatkan performa mobil agar lebih optimal atau sekadar membuat kita nyaman dan aman selama berkendara. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kapasitas kelistrikan mobil khususnya aki mobil.

Pemasangan aksesoris mobil yang berlebihan membutuhkan daya listrik yang lebih juga pada mobil sehingga aki mobil jadi cepat soak. Alternatif lain selain membatas penggunaan aksesoris mobil adalah dengan mengupgrade kapasitas aki kering.

4. Memastikan pengikat aki terikat kencang

Tips merawat aki mobil supaya tidak cepat soak selanjutnya adalah dengan memastikan baut braket pengikat aki telah kencang mengunci aki sehingga aki tidak gampang copot saat mobil melaju. Braket pengikat tersebut berfungsi untuk menjaga posisi aki agar tetap pada kondisi stabil sekalipun mobil berkendara pada medan bergelombang.

5. Jaga kebersihan terminal aki

Selain menjaga permukaan aki agar tetap bersih, terminal aki mobil juga perlu kita rawat supaya terhindar dari kerak yang tercipta dari proses penguapan elektrolit dari panas dan baterai. Bila kondisi terminal aki kotor maka tegangan aki akan sulit mencapai titik maksimalnya.

Cara membersihkan terminal aki cukup mudah yakni menggunakan kain yang telah terendam dalam air panas. Kemudian usapkan terminal menggunakan kain tersebut sampai kerak yang menempel hilang. Terakhir, berikan pelumas seperti gemuk atau grease.

6. Memastikan pemasangan alternator dan regulator benar

Cara merawat aki kering yang terakhir adalah rutin memeriksa kondisi alternator dan regulator secara berkala. Sebab saat kedua komponen ini bermasalah maka kerja aki akan semakin berat dan lebih cepat soak. 

Untuk diketahui bahwa alternator memiliki fungsi untuk mengkonversi putaran mesin menjadi energi listrik, sedangkan regulator berguna sebagai pengatur dan pengontrol stabilitas arus pengisiannya.

Baca juga: Cara Perbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Setrum dan Penyebabnya

Tips Memilih Aki yang Bagus

Supaya tidak sering gonta ganti aki, sebaiknya OtoFriends perlu mempertimbangkan beberapa hal saat membeli aki mobil berkualitas terbaik. Berikut ini tips memilih aki mobil yang bagus.

1. Beli aki di toko terpercaya

Jika OtoFriends memiliki toko langganan untuk membeli komponen mobil maka tak perlu lagi khawatir akan kualitas aki. Namun bila masih mencari produk aki terbaik, maka sebaiknya membeli aki dari toko yang memiliki kredibilitas bagi sehingga barang-barang yang dijual di sana telah terjamin kualitasnya. Sekalipun membeli secara online, tetapi kita tetap harus mencari tahu kredibilitas toko tersebut.

2. Beli aki sesuai spesifikasi mobil

Cari tahu spesifikasi aki yang sesuai dengan mobil kita melalui buku manual mobil. Namun bila kita ingin menambah beberapa aksesoris mobil seperti aksesoris lampu atau sound system, maka ada baiknya konsultasikan terlebih dulu pada bengkel mobil apakah aki mobilnya perlu upgrade atau tidak. OtoFriends bisa menemukan bengkel mobil terbaik di Otoklix.

3. Pilih jenis dan merek aki terbaik

Terdapat dua jenis aki mobil yakni aki kering dan aki basah. Kita bisa menentukan jenis aki mana yang terbaik untuk mobil. Misalnya saja bila kita memiliki waktu yang sedikit untuk merawat aki mobil, maka tak ada salah menggunakan aki kering yang minim perawatan.

Kemudian lakukan riset terhadap merk-merk aki kering untuk mobil. Mana produk yang memiliki kualitas terbaik. Kita bisa mengetahuinya melalui review konsumen yang pernah menggunakan aki tersebut.

4. Pertimbangkan kapasitas aki mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa lebih tepat membeli aki mobil sesuai dengan spesifikasi yang tertulis pada buku manual mobil. 

Akan tetapi, bila kita memutuskan untuk menggunakan aksesoris tertentu dan setelah melakukan konsultasi di bengkel, maka pertimbangkan untuk membeli aki mobil dengan kapasitas yang lebih tinggi dari kapasitas aslinya untuk meminimalisir aki cepat soak.

5. Jangan beli aki bekas atau rekondisi

Tips memilih aki mobil yang cukup penting selanjutnya adalah menghindari membeli aki bekas atau aki rekondisi. Sebab aki rekondisi hanya akan menciptakan masalah baru. Cari tahu juga bagaimana kondisi aki baru dan aki rekondisi supaya kita tidak mudah tertipu. Pasalnya ada beberapa oknum di bengkel yang menjual aki rekondisi sebagai aki baru.

Nah, itu tadi cara perbaiki aki kering, tips merawat aki dan memilih aki mobil yang bagus yang bisa kita lakukan sebelum mengganti aki dengan yang baru atau dilakukan saat darurat.

Temukan aki berkualitas di bengkel yang terdapat pada aplikasi Otoklix. Harganya bersaing dan banyak promonya, lho. Yuk, ganti aki mobil hanya di Otoklix.com!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat


Cara perbaiki aki kering melepas aki dan penutup aki, mengisi cairan aki, lalu memasangkannya kembali dengan benar dan menyalakan mesin mobil untuk memeriksa apakah aki telah bekerja dengan normal.


Ciri-ciri aki soak antara lain mesin mobil sulit menyala, tegangan aki berkurang, klakson dan lampu mobil redup, tercium bau aki saat mesin mobil menyala dan aki mobil telah berusia tua.


Cara memilih aki mobil yang bagus yakni membelinya di toko terpercaya, beli aku sesuai spesifikasi mobil, mempertimbangkan jenis dan merk aki mobil terbaik hingga menghindari membeli aki bekas atau rekondisi.