cara perbaiki aki kering

Cara Perbaiki Aki Kering, Bisa Dibongkar atau Donor Aki

Duh, padahal sudah pakai aki kering agar praktis, tapi ternyata cepat soak. Bagaimana cara perbaiki aki kering ya?

Terkadang kita sebagai pengguna mobil tidak sadar telah membebani aki mobil di luar kapasitas atau lupa memanaskan mobil untuk waktu yang lama sehingga aki kering soak. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki aki kering mobil kamu. Yuk, cari tahu infonya.

Cara Perbaiki Aki Kering yang Rusak

Aki kering memang tidak disarankan untuk diperbaiki karena memang aki kering didesain untuk sekali pakai saja. Jika sudah memasuki usia pakai, sebaiknya aki kering diganti baru. Maka dari itu, tidak ada lubang aki atau komponen yang bisa dibuka untuk mengganti air aki.

Tetapi bagaimana jika aki soak padahal belum memasuki usia pakai? Tentu saja kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya. Sebelum membeli aki baru, kamu bisa mencoba cara ini untuk memperbaiki aki kering.

1. Siapkan alat dan bahan

Ini dia alat dan bahan yang diperlukan untuk memperbaiki aki kering.

  • Obeng minus untuk membuka penutup aki
  • Obeng plus
  • Pisau atau gergaji besi
  • Air aki zuur untuk mengisi aki baru. Bukan menggunakan air accu ya.
  • Lap kering
  • Alat suntik tinta printer. Alat ini opsional, sifatnya hanya untuk memudahkan proses perbaikan aki kering
  • Selotip ukuran besar untuk merekatkan kembali aki

2. Melepaskan aki

Langkah selanjutnya dalam cara perbaiki aki kering adalah melepaskan aki. Sebelum melepas aki dari rangka mobil, kamu perlu memastikan mesin mobil mati. Kemudian lepaskan kabel, baut, dan klem pada kutub positif terlebih dahulu.

Setelah itu baru lepas kabel dan baut pada kutub negatif. Urutannya harus sesuai ya agar tidak terjadi hubungan arus pendek. 

3. Membersihkan aki

Tak jarang aki yang telah lama berada di dalam mobil memiliki kotoran yang menempel. Kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu untuk mempermudah proses selanjutnya. Cara membersihkannya cukup lap dengan kain bersih.

4. Membuka penutup aki

Berbeda dengan aki basah yang terdapat enam lubang aki, pada aki kering semua bagiannya tertutup. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pisau atau gergaji untuk membuka penutup aki. Lakukan dengan hati-hati ya.

Bagian yang perlu dibuka adalah bagian dengan tulisan “Do Not Open”. Buka bagian tersebut menggunakan obeng minus. Lakukan juga pada samping dan belakang aki kering.

5. Mengisi dengan cairan aki

Cara perbaiki aki kering selanjutnya adalah mengisi air aki. Cairan aki yang diisikan adalah air zuur ya. Mengingat sifat air zuur yang korosif dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, maka kamu perlu melakukan pengisian dengan hati-hati.

Kamu bisa menggunakan suntikan printer yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu suntikkan ke lubang aki sekitar 15 ml atau sampai batas yang tepat, kira-kira 1 cm di bawah penutup aki. Jika ada air zuur yang tumpah ke bodi mobil, kamu bisa segera mengelapnya menggunakan lap kering agar tidak merusak logam pada bodi mobil.

6. Menutup kembali aki

Langkah selanjutnya adalah menutup kembali aki secara rapat menggunakan selotip yang telah dipersiapkan. Penutupan yang sempurna bertujuan agar tidak ada udara yang masuk ke aki. Udara yang masuk ke aki bisa menyebabkan korosi.

7. Memasang kembali kabel aki

Kemudian, pasang kembali kabel dan baut-baut aki dengan urutan yang dibalik dari saat melepas kabel aki. Pasang kutub negatif terlebih dahulu, lalu pasang kutub positif. Pastikan semua bagian sudah terpasang sempurna agar listrik bisa mengalir secara maksimal.

8. Mencoba menyalakan mesin mobil

Setelah semua bagian telah terpasang, langkah terakhir dalam cara perbaiki aki kering adalah menyalakan mesin mobil. Pastikan putaran mesin di atas 600 rpm agar pengisian daya aki berjalan maksimal. Jika mesin sudah hidup, berarti cara perbaiki aki kering yang kamu lakukan telah berhasil.

Cara Perbaiki Aki Kering dengan Teknik Jumper

Selain membongkar aki, kamu juga bisa memperbaiki aki kering dengan teknik jumper. Jumper adalah mengisi daya aki menggunakan aki lain sebagai donor. Kamu hanya memerlukan kabel jumper yang bisa dengan mudah didapatkan di toko aksesoris otomotif.

Cari kabel jumper berkualitas baik dan berbahan cukup tebal ya. Berikut ini langkah-langkah cara perbaiki aki kering dengan teknik jumper.

  1. Pastikan mesin mobil pada posisi N (untuk mobil manual), dan posisi P (untuk mobil matik)
  2. Hubungkan kabel jumper bagian positif yang biasanya berwarna merah ke kutub positif masing-masing aki mobil.
  3. Hubungkan kabel jumper bagian negatif yang berwarna hitam ke bodi atau bagian logam lainnya pada mobil yang mogok.
  4. Diamkan beberapa saat agar daya aki yang soak bisa terisi.
  5. Setelah itu, coba nyalakan mesin mobil yang akinya normal di atas 1.000 rpm.
  6. Kemudian, coba starter mesin mobil yang akinya soak.

Jika sudah bisa menyala, artinya daya aki mobil yang soak sudah terisi kembali. Kamu bisa melepaskan kabel-kabel jumper dengan melepas bagian negatif terlebih dahulu lalu bagian positif. Lakukan pelepasan kabel pada aki mobil yang tekor terlebih dahulu ya.

Tetapi perlu diingat bahwa jumper aki hanya bersifat sementara. Sebaiknya kamu segera memeriksakan aki mobil ke bengkel. Kalau memang aki sudah saatnya ganti baru, maka kamu bisa membeli aki baru.

Nah, itu tadi cara perbaiki aki kering yang bisa kamu lakukan sebelum mengganti aki dengan yang baru atau dilakukan saat darurat.
Temukan aki berkualitas di bengkel yang terdapat pada aplikasi Otoklix. Harganya bersaing dan banyak promonya, lho. Yuk, ganti aki mobil hanya di Otoklix.com!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *