Di tengah ramainya produksi mobil transmisi otomatis, rupanya mobil transmisi manual tidak kehilangan fans-nya.

Meski diprediksi “katanya” bakal punah karena berkendara di tengah macet dianggap melelahkan jika menggunakan mobil matic, tetapi mobil jenis ini masih punya pasar tersendiri.

    Alasan beberapa pecinta mobil menyukai mobil bertransmisi manual adalah karena sudah menjadi kebiasaan hingga hasrat berkendara dengan persneling dan kopling. Maka dari itu, sejumlah pabrikan mobil masih mempertahankan mobil bertransmisi manual. 

    12 Mobil dengan Transmisi Manual

    Berikut ini adalah deretan mobil-mobil manual yang tetap diproduksi pabrikan. Simak ulasan selengkapnya.

    1. Mazda5

    Yang pertama adalah Mazda5. Merek mobil asal Jepang ini menjadikan mobil transmisi manual mereka sebagai varian standar pasar Eropa dan Amerika. 

    2. Aston Martin Vantage

    Mobil sport berkapasitas 2 penumpang ini dibekali dengan twin-turbo V8 4 liter. Mobil ini menggunakan transmisi seven-speed manual transmission. Harga mobil transmisi manual satu ini dibanderol sekitar Rp7 miliar.

    3. Buick Verano Turbo

    Salah satu mobil premium dengan transmisi manual. Transmisi mobil manual ini dipertahankan untuk mendapatkan value dan opulence.

    4. Subaru Outback

    Subaru hampir hancur pada pertengahan 1990. Kemudian, Subaru Outback menjadi penyelamat Subaru bahkan menjadi ikon selama beberapa dekade. Pada versi standar 4 silinder, Outback memiliki transmisi manual enam kecepatan. Tetapi pada versi luxo, Outback menggunakan mesin enam silinder.

    5. BMW 2 Series

    Varian BMW 2 Series ini menggunakan enam kecepatan pada transmisi manualnya. Tipe yang menggunakan transmisi ini adalah 230i, M240i coupes dan convertible, serta M2 CS dan M2 Competition.

    6. Volkswagen Tiguan

    VW juga memiliki banyak mobil transmisi manual. Varian Tiguan tipe standar menggunakan penggerak roda depan dengan enam percepatan transmisi manual atau enam percepatan dual clutch otomatis. Transmisi manual ini juga dilengkapi mesin turbocharge yang membuat mobil ini memiliki banyak peminat.

    7. Mercedes-Benz SLK250

    Mercy menjadi salah satu brand dengan teknologi terbaik pada mobil transmisi otomatis, tetapi perusahaan ini masih memproduksi mobil manual pada mobil SLK 250 yang bukan versi AMG.

    8. Buick Regal GS

    Buick baru memproduksi mobil bertransmisi manual pada tahun 2014 dengan meluncurkan Buick Regal GS. mobil ini menggunakan gearbox manual dengan penggerak roda depan.

    9. Chevrolet Camaro

    Chevrolet juga masih memproduksi mobil transmisi manual dengan enam percepatan. Camaro dibekali mesin turbo 2 liter sampai dengan supercharge 6,2 liter V8. 

    10. Porsche Cayenne

    Mobil produksi Jerman ini membawa varian Cayenne sebagai SUV dengan transmisi manual. Mobil sport ini mengejutkan pecinta mobil.

    11. Jeep Patriot / Compass

    Mobil pabrikan Amerika, Jeep Patriot juga menggunakan transmisi mobil manual 5 percepatan.

    12. Toyota Corolla

    Toyota memiliki banyak mobil bertransmisi manual, salah satunya adalah Corolla. Pada model terbaru yang dikeluarkan tahun 2014 pun Corolla masih menjadi mobil transmisi manual enam percepatan.

    13 Komponen Transmisi Manual

    Setelah mengetahui deretan mobil-mobil transmisi manual, mari kita kenali beberapa komponen pada transmisi manual.

    • Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt): Komponen yang merupakan roda gigi ini bekerja bersama kopling untuk memutar gigi pada gearbox.
    • Garpu Pemindah (Shift Fork): Shift fork ini berfungsi memindahkan gigi sehingga gigi mudah dipasang dan dipindahkan.
    • Gigi Transmisi (Gear Transmission): Gigi transmisi mengubah input tenaga dari mesin menjadi gaya torsi. Hal ini memudahkan kamu mengatur kecepatan berkendara.
    • Gigi Penyesuaian (Synchroniser): Gigi ini membuat kamu bisa nyaman dan tentu saja aman ketika memindahkan gigi meskipun mobil sedang berjalan.
    • Bak Transmisi (Transmission Case): Komponen ini menjadi dudukan bearing transmisi dan juga poros-porosnya. Bak transmisi juga menjadi wadah penyimpanan oli transmisi pada mobil. Jadi pergerakan komponen pada sistem transmisi manual bisa lebih halus dan lancar.
    • Output Shaft: Output Shaft bertugas mentransfer torsi dari sistem transmisi sampai dengan gigi terakhir. Komponen ini juga berfungsi sebagai dudukan persneling.
    • Tuas Penghubung (Shift Linkage): Tuas penghubung digunakan untuk menghubungkan tuas dan persneling dengan garpu pemindah atau shift fork.
    • Tuas Transmisi/ Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever): Komponen ini biasanya terletak dekat dengan pengemudi. Fungsinya adalah sebagai pengendali agar bisa memindahkan gigi sesuai keinginan.
    • Bantalan atau Bearing (Main Bearing): Komponen ini juga sangat penting untuk mengurangi gesekan antar komponen yang berputar pada sistem transmisi manual.
    • Counter Gear: Counter gear ini berfungsi untuk menghasilkan torsi dari gigi input ke gigi kecepatan.
    • Reverse Gear: Seperti namanya, komponen reverse gear ini berfungsi membuat mobil berjalan mundur. Cara kerjanya adalah mengubah arah putaran output shaft.
    • Hub Slave: Output shaft bisa berputar atau berhenti karena adanya hub slave. Jadi komponen ini bekerja sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan.
    • Speedometer Gear: Komponen yang terakhir adalah speedometer gear. Komponen ini dapat membuat kamu mengukur kecepatan mobil yang sedang dikendarai.

    Itu dia deretan mobil transmisi manual dan juga komponen apa saja yang bekerja sama membentuk sistem transmisi manual. Jadi, lebih tertarik pakai mobil manual atau matic?
    Jangan lupa, lakukan servis rutin sesuai anjuran di bengkel terdekat. Kamu bisa mendapatkan semua jenis servis dan booking langsung melalui aplikasi Otoklix.