BMW 4 Series adalah model yang diproduksi oleh pabrik asal Jerman untuk mengisi ceruk kosong antara 2 dan 6 series. Apabila ditinjau dari sejarahnya, maka BMW 4 Series ini hadir untuk menggantikan 3 series versi coupe dan convertible.

Harga Mobil BMW 4 Series

Untuk saat ini, harga masing-masing varian memang masih dibanderol dengan harga tinggi. Sehingga, jika kamu ingin memiliki kedua variannya, siap-siap harus merogoh uang lebih tinggi.

Varian BMW 430i saja dibanderol hingga Rp 1,369 miliar. Sedangkan, untuk varian 440i dibanderol Rp 1,92 miliar.

Namun, untuk harga ini sudah termasuk layanan garansinya selama 36 bulan tanpa ada Batasan kilometer. Pun termasuk untuk service inclusive 5 tahun atau 60.000 km.

Spesifikasi Mobil BMW 4 Series

Dibanderol harga hingga miliaran rupiah, inilah spesifikasi lengkap dari BMW 4 Series.

1.   Varian Mobil BMW 4 Series

Ada dua varian BMW 4 Series yang dipasarkan di Indonesia, antara lain 430i Coupé M Sport Pro dan 430i Convertible M Sport.

Kedua varian ini sama-sama bisa diisi maksimal 4 penumpang dengan bahan bakar yang digunakannya adalah bensin.

2.   Mesin Mobil BMW 4 Series

Nah, sekarang kita akan mengupas lebih lanjut tentang dapur pacu BMW 4 Series. Ada dua buah mesin Twin Power Turbo di setiap variannya.

Untuk BMW 440i Coupe M Sport dibekali oleh mesin 2988 cc dengan tenaganya 326 Hp dan torsi maksimum 450 Nm.

Sedangkan, varian BMW 430i Convertible diperkuat oleh mesin 1988 cc dengan tenaga 252 Hp dan torsi maksimumnya 350 Nm.

Kedua tenaga dari varian ini disalurkan melalui transmisi 8 percepatan triptonic.

Paling penting, BMW 4 Series juga mengklaim bahwa akselerasi dari mesin 4 series dalam kecepatan 0-100 km.jam bisa dicapai dalam 5,2 detik saja.

Baca juga: Berkendara Lebih Aman, Ini 4 Tips Manuver Mobil Tanpa Panik

3.   Fitur Tersedia Mobil BMW 4 Series

Dengan kelas atas yang melabeli mobil ini, tentu saja ada beragam fitur canggih yang disematkan demi menunjang keselamatan pengguna.

Beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang dimaksud adalah ABS dan EBD. Kemudian juga terdapat Side Impact Protection, Tyre Pressure Monitor, dan Twin Horns, dimana pengendara dapat mengetahui kondisi tekanan ban dengan aktual dan akurat.

Sedangkan, fitur yang berperan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan disematkan pada fitur Visible VIN, Cornering Brake Control, Windscreen Washer Jets Heated, Airbags, Dynamic Brake Control, dan Dynamic Traction Control.

Terakhir, fitur untuk meningkatkan performa berkendaranya adalah Hill Start Assist, Electronic Differential Lock, Brake Drying, High Level Third Brake Light, Dynamic Brake Lights, Stability Control, Automatic, Dynamic Stability Control, dan Crash Sensor.

4.   Interior Mobil BMW 4 Series

Apabila masuk ke bagian kabin, sifat sport dari BMW 4 Series sangat terasa, tetapi tetap mampu memberikan kenyamanan pada pengguna.

Untuk kabinnya sendiri telah dibekali oleh nuansa krom serta warna high gloss. Nuansa premium juga terlihat jelas dari material kulit yang digunakannya.

Karena menggunakan jahitan berpola tiga garis, membuat tampilan setiap potongan kulit jadi semakin menarik. Kamu bisa memilih tiga buah varian warna jok serta triknya.

Di samping berbicara kabin, dashboard pengemudi sudah mempunyai filosofi Driver Oriented Cockpit, yakni tombol multifungsi yang siap memanjakan pengemudinya cukup dengan satu kali sentuhan saja.

Sementara, untuk setirnya telah menggunakan teknologi triptonik. Lalu juga dipercantik dengan MID digital dan HUD berukuran 8 inci yang akan memberikan berbagai informasi lengkap tentang BMW 4 Series.

5.   Eksterior Mobil BMW 4 Series

Jika berbicara soal desain eksteriornya BMW 4 Series, maka akan ada dua varian berbeda seperti yang sudah dibahas di atas, yakni coupe dan convertible.

Itu sebabnya untuk varian BMW 430i bisa dibuka serta ditutup secara praktis. Sedangkan, desain bodinya dirancang untuk sejalan dengan konsep BMW yang sporty, lincah, serta ber aerodinamika tinggi.

Atapnya bahkan bisa dibuka dengan otomatis. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi berkendara di tengah teriknya matahari ataupun kencangnya angin yang melaju.

Lalu, di bagian kaki-kaki BMW bahkan juga didesain khusus agar mumpuni untuk berkendara di jalanan Indonesia berkontur jalan aspal.

Dimana yang menjadi kendali utama dari mobil ini adalah sistem kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering. Kemampuannya dinilai bisa memberikan rasa ringan dan ketajaman handling yang cukup tinggi,

Sementara itu, untuk suspensi bagian depan dan belakang, digunakan Mc Pherson Struts dengan Air Suspension. Adanya spesifikasi seperti ini membuat BMW 4 Series mempunyai kemampuan maneuvering BMW 4 series yang siap memberikan kenyamanan ekstra untuk konsumen.

Kelebihan BMW 4 Series Tahun 2022

Ada beberapa peningkatan yang ada pada BMW 4 series seperti suspense, mesin, sistem rem, dan pengurangan berat mobil.

Dimana agar memperingan beratnya, digunakan bahan karbon pada beberapa bagian mobil.

Untuk mesinnya sendiri, masih menggunakan performa mesin yang diproduksi tahun 2014 dan tetap handal. Apalagi didukung dengan rancangan eksterior yang sporty.

Pengguna pastinya lebih percaya diri saat menggunakan BMW 4 Series karena didesain dengan model V yang membuat kesan sportynya semakin kuat.

Pajak BMW 4 Series

Karena termasuk salah satu produksi BMW yang dibanderol dengan harga tinggi, wajar saja pajak tahunan yang mesti dibayarkan pengguna pun juga tinggi.

Untuk pajak tahunannya, kamu harus membayarkan sekitar Rp 27 juta sampai Rp 30 juta.

Itulah review lengkap mobil BMW 4 Series yang mungkin bisa jadi salah satu pertimbanganmu nantinya. Jika sudah dibeli, jangan lupa lakukan perawatan rutin untuk meringankan biaya perbaikannya di bengkel terdekat.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW 4 Series

sekitar Rp 27 juta sampai Rp 30 juta

430i Coupé M Sport Pro dan 430i Convertible M Sport

Hill Start Assist, Electronic Differential Lock, Brake Drying, High Level Third Brake Light, Dynamic Brake Lights, Stability Control, Automatic, Dynamic Stability Control, dan Crash Sensor.