Mobil Koleos dari Renault adalah salah satu mobil asal Eropa yang cukup laku di pasar otomotif Indonesia. Produk-produk yang masuk ke Tanah Air adalah mobil berjenis SUV dengan bodi yang bongsor dan gagah. Renault mampu bersaing di kelas SUV. Termasuk juga mobil Keleos yang bersaing langsung dengan Honda CR-V di kelas medium SUV.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga mobil Koleos? Simak ulasan portal otomotif Otoklix berikut ini.

Mengenal Mobil Koleos

Renault Koleos sudah dirilis sejak tahun 2006. Peluncurannya bersamaan dengan Paris Motor Show. Namun, pada 2016 kembali hadir generasi kedua dari mobil Koleos dan akhirnya masuk ke pasar otomotif Indonesia. Mobil ini menyasar tipe mobil SUV kelas menengah.

Meskipun harganya terbilang cukup mahal, tetapi mobil Koleos tetapi diminati oleh para calon konsumen. Pasalnya, desain dan spesifikasinya juga cukup menjanjikan. Generasi kedua Koleos hadir dengan CMF-CD (Common Module Family) yang merupakan platform modular yang dikembangkan oleh Renault dan Nissan. Platform ini dipakai juga pada Nissan X-Trail generasi ketiga.

Sehingga desain dan spesifikasinya juga mengadopsi gaya desain Nissan X-Trail. Namun, mobil Koleos tampak lebih elegan dan sporty daripada Nissan X-Trail. Berbagai inovasi canggih dan terbaru juga disematkan pada mobil ini.

Mari kita simak pembahasan tentang spesifikasi Renault Koleos berikut ini.

Spesifikasi Mobil Renault Keleos 2023

Selain memiliki desain yang elegan, SUV premium ini juga dibekali dengan mesin berkapasitas besar serta fitur-fitur modern. Berikut ulasan spesifikasi dari mobil Koleos.

Eksterior Gagah

Renault mengusung desain yang mewah dan sporty. Sehingga karakternya sebagai SUV kelas premium terlihat kuat. Pada bagian depannya terdapat grille dengan desain elegan dan garis horizontal dengan aksen krom.

Pada bagian depannya terdapat headlamp LED yang mewah. Versi facelift dari Koleos memiliki headlamp LED berbentuk huruf LED. Front bumper-nya juga terlihat mewah dan agresif. Tidak lupa tetap menyematkan lapisan krom mengilat. Pada grille–nya tersemat logo Renault.

Pada bodi sampingnya terdapat lekukan garis lurus. Sideskirt-nya juga diberikan aksen krom tipis agar bodinya terkesan mewah. Bagian belakangnya terdapat rear window dengan kaca yang cukup besar. Bagian atas dari rear window ini dilengkapi dengan spoiler seperti pada Honda CR-V. selain itu, ada stop lamp dan rear bumper yang juga berdesain premium.

Mobil Koleos memiliki dimensi panjang 4520 mm, lebar 1843 mm, dan tinggi 2705 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 2705 mm. Sementara itu ground clearance-nya mencapai 210 mm. Tidak heran bahwa meskipun medium SUV, mobil ini tampak bongsor dan memiliki kabin yang luas.

Beralih ke bagian bawah. Mobil ini dilengkapi dengan ban berukuran 225/60 R17. Velg 18 inci disematkan untuk melengkapi ban tersebut. Sementara itu untuk menunjang kenyamanan, Renault Koleos dibekali dengan suspensi yang kokoh, yaitu MacPherson Struk pada bagian belakang dan Multi Link pada bagian belakang. Dengan suspensi ini, berkendara terasa lebih nyaman meskipun melewati jalanan berlubang dan tidak rata.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Renault Duster Bekas

Interior Mewah

Ketika memasuki ruang kabin, kita juga bakal disuguhkan dengan desain interior yang mewah seperti eksteriornya. Ruang kabinnya terasa luas, rapi, dan modern. Pada bagian dashboard terdapat tablet R-Link 2 dengan layar berukuran 8,7 inci. Layar ini berfungsi juga sebagai panel pengendali dari seluruh fungsi fitur yang ada.

Beragam fitur kenyamanan disematkan pada interior mobil Koleos. Di antaranya ada AC Double Blower, sistem audio berupa CD/DVD Player, MP3, socket USB, serta AUX untuk pemutar musiknya.

Sistem kemudinya menggunakan tipe TIlt Steering dan Steering Mounted Audio and Phone Controls. Sehingga pengemudi bisa lebih mudah mengontrol musik tanpa cukup dengan menekan panel pada setir kemudi.

Jok Renault Koleos ini juga tampak spesial. Terdapat tuas yang bisa diakses dari bagasi. Tuas ini memudahkan penumpang untuk melipat 1/3 atau 2/3 dari jok mobil SUV ini. Kapasitas bagasinya mencapai 450 liter dengan 2 pintu pada bagian atas dan bawah.

Mesin Berkapasitas Besar

Selain eksterior dan interior yang tampak mewah dan memukau, mobil Koleos juga dibekali dengan mesin berkapasitas besar. Mari kita mengintip ke dapur pacunya.

Mesin yang dipakai pada Renault Koleos berkapasitas 2.5 liter 4 silinder dengan kode mesin 205 SCe 170 FKK2 2WD Multipoints Injection. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 170 ps pada putaran 6000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya adalah 233 Nm pada 4000 rpm.

Mesin itu dikombinasikan dengan sistem transmisi CVT New X-Tonic 6 percepatan. Mobil Koleos ini juga menggunakan mesin penggerak empat roda. Tidak heran bahwa untuk menempuh 0-100 km/jam hanya butuh waktu 9.8 detik. Di sisi lain, kapasitas tangki bahan bakarnya cukup besar juga, yaitu 60 liter.

Baca juga: Spesifikasi Esemka Garuda 1, Jadi SUV Murah Terbaik?

Fitur Modern

Fitur-fitur canggih dan modern yang cukup lengkap juga turut ditambahkan pada mobil Koleos ini. Mulai dari fitur keselamatan, keamanan, dan juga fitur hiburan yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara.

Pada fitur keselamatan ada fitur pengereman berteknologi ABS, EBD, dan BA yang bisa bekerja secara maksimal saat pengereman. Selain itu, ada pula airbag pada jok depan. Kemudian ada pula kamera parkir, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, traction control, cruise control, rem parkir elektrik, ESP, serta Autonomous Parking System.

Tidak perlu khawatir bosan saat berkendara. Pasalnya Renault Koleos sudah dibekali dengan layar berukuran 8.7 inci pada head unit-nya, radio, CD/DVD player, MP3, socket USB, serta AUX-in. Selain itu juga suara yang keluar dijamin mantap karena sudah ada sound system Bose hi-end 13 speaker.

Fitur lainnya yang ada pada mobil Koleos adalah fitur keyless entry, smart key, immobilizer, serta alarm.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Koleos

Kesimpulannya, Renault Koleos punya kelebihan dan kekurangan. Informasi tentang kelebihan dan kekurangan ini berguna ketika ingin beli mobil Renault Koleos.

Kelebihan Renault Koleos di antaranya adalah memiliki performa mesin yang tangguh, desain interior dan eksterior yang menawan, serta fitur yang unggul di kelasnya. Semuanya tergambar pada pembahasan kita sebelumnya.

Sementara itu kekurangan Renault Koleos adalah sparepart yang susah dicari. Pasalnya, kebanyakan mobil yang dijual di Indonesia adalah mobil pabrikan Jepang. Bahkan, mobil Jerman pun sulit mencari suku cadangnya, apalagi mobil asal Prancis.

Baca juga: 10 Mobil Solar Paling Irit di Indonesia Beserta Harganya

Harga Mobil Koleos Baru dan Bekas

Meskipun sudah tidak produksi lagi di Indonesia, mobil Koleos dijual dengan harga yang cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp488 juta sampai Rp588 jutaan. Varian Renault Koleos Luxury dibanderol dengan harga RP488 juta, sedangkan Renault Koleos Signature 2021 berkisar Rp588 jutaan. Perbedaan kedua tipe tersebut salah satunya adalah karena ada panoramic sunroof pada tipe yang lebih tinggi.

Sedangkan bagi OtoFriends yang ingin punya mobil ini dengan harga yang lebih murah bisa membeli unit bekasnya. Dilansir dari beberapa sumber, harga mobil Koleos bekas keluaran tahun 2019 berkisar Rp285 juta sampai Rp325 jutaan.

Demikian pembahasan spesifikasi dan harga mobil Koleos dari Renault. Pastikan untuk menjaga performa kendaraan OtoFriends dengan selalu melakukan perawatan rutin.

Jangan sampai melewatkan servis rutin untuk mobil SUV, apalagi jika sering dipakai melibas medan berat, terjal, berbatu, dan lainnya.

Kunjungi bengkel Otoklix terdekat yang tersedia di beberapa wilayah Jabodetabek. Install aplikasinya yang tersedia di Playstore. Booking servis lebih mudah via aplikasi atau WhatsApp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Tersedia berbagai jenis layanan meliputi servis berkala, ganti oli, servis AC, tune-up, servis rem, dan lainnya.

Pertanyaan Seputar Mobil Koleos

Koleos adalah mobil berjenis SUV medium 5-seater dari Renault, yaitu merek mobil asal Prancis. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada 2006.

Renault Koleos dijual dengan harga mulai dari Rp488 juta sampai Rp588 juta. Mobil bekasnya bisa didapat dengan harga mulai dari Rp285 jutaan.

Mobil Renault Triber dijual dengan harga Rp167 jutaan untuk varian terendah dan Rp188 jura untuk varian tertinggi.