Selain rutin melakukan service mobil dan cuci mobil, memoles mobil juga bagian dari merawat mobil. Namun, mesin poles mobil yang digunakan tak boleh asal sembarang mesin poles mobil.

Tujuan memoles mobil adalah mencegah cat mobil terlihat kusam, lebih gampang saat dibersihkan dan memperlambat penuaan karena terpapar sinar matahari dan air hujan terus-menerus.

Kendati penting untuk merawat mobil, tetapi disarankan untuk memoles mobil sebanyak 2 sampai 3 tahun sekali dengan mesin poles mobil terbaik.

Daftar harga mesin poles mobil terbaik

Kegiatan memoles mobil merupakan metode untuk mengikis lapisan clear coat pada cat mobil untuk meratakan permukaannya. Umumnya, kita akan sering memoles mobil saat menemukan goresan atau baret di body mobil.

Sebelum menentukan mesin mobil terbaik, OtoFriends harus tahu dulu jenis-jenis mesin poles mobil. Ada tiga jenis mesin poles mobil, yaitu orbital, dual action dan rotary.

Mesin poles mobil jenis orbital yang paling cocok sebagai mesin poles mobil di rumah karena tidak berkecepatan tinggi. 

Sedangkan jenis dual action merupakan mesin poles yang paling umum digunakan sebab mesin ini adalah mesin poles mobil yang direkomendasikan bagi yang ingin membuka usaha body repair.

Terakhir, jenis rotary adalah mesin poles mobil yang terbaik karena memiliki sistem mesin yang kuat dan cepat untuk menghilangkan baret dan goresan. Namun, hanya orang yang berpengalaman saja yang bisa mengoperasikan mesin rotary. Pasalnya, mesin poles mobil jenis rotary memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Baca Juga: Mau Beli Mesin Poles Mobil? Ini Rekomendasinya!

1. Goto Kova GV6010

Apabila OtoFriends memiliki budget yang minim untuk membeli mesin poles mobil, maka pilihannya jatuh kepada Goto Kova GV6010. Harga mesin poles mobil yang satu ini Rp200 ribuan.

Bukan hanya harganya saja yang murah, tetapi mesin ini juga hemat daya hanya 600 watt, karenanya Goto Kova cocok digunakan oleh pemilik mobil di rumah. 

Kecepatan maksimalnya sebesar 4500 rpm dengan 6 tingkat kecepatan yang bisa diatur dan dilengkapi kabel sepanjang 2 meter.

2. Kenmaster Car Polisher

Mesin poles mobil terbaik dan murah selanjutnya adalah Kenmaster Car Polisher. Harga mesin poles mobil Kenmaster ini cukup ergonomis yakni mulai dari Rp300 ribuan saja.

Kita bisa membersihkan dan menghaluskan permukaan mobil, memoles dan membersihkan karat pada permukaan mobil menggunakan Kenmaster Car Polisher. Mesin yang digunakan berdaya 110 watt dan terjamin memiliki daya tahan lama.

3. Black + Decker KP600-B1

Dengan harga Rp600 ribu sampai Rp700 ribuan, kita sudah memiliki mesin poles mobil terbaik berdaya 60 watt dengan kecepatan mesin sebesar 4400 rpm single speed switch.

Jenis mesin yang digunakan adalah jenis mesin poles mobil orbit sehingga mendukung untuk melakukan pengaplikasian wax dengan cepat dan rata serta kualitas finishing yang terjamin.

Dilengkapi dengan kabel sepanjang 3 meter dan berat 1,4 kilogram, mesin poles mobil ini masih bisa digunakan di rumah.

4. Ryu Gun Polisher RGP 180E

Harga mesin poles mobil Ryu Gun Polisher RGP 180E cukup mahal yakni antara Rp1 juta sampai Rp2 jutaan. Kendati demikian, kualitas dan fitur dari mesin poles mobil ini lengkap.

Putaran mesinnya sampai 2.000 rpm dengan 2 mode kecepatan yakni non variable speed (single speed) dan variable speed (5 speed 600 – 2000 rpm). Mesinnya dilengkapi dengan motor penggerak berkualitas terbaik dengan daya yang cukup tinggi yaitu 900 watt.

Mesin poles mobil ini juga dilengkapi dengan soft grip dan cocok digunakan pada bidang vertikal.

5. Bosch GPO 12 CE

Daftar mesin poles mobil yang terakhir dan paling mahal adalah Bosch GPO 12 CE yang dibanderol mulai dari Rp2,6 jutaan sampai Rp2,8 jutaan. Harga mesin poles mobil yang mahal ini sepadan dengan tenaga mesinnya dan juga fitur.

Mesin poles mobil berukuran 7 inci ini membutuhkan daya listrik sebesar 1250 watt. Memiliki kecepatan tanpa beban antara 750 sampai 3.000 rpm dan dilengkapi dengan soft grip dan swift lock on untuk optimalisasi fungsi lock-on terintegrasi.

Baca Juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

Tips pilih mesin poles mobil terbaik

Harga mesin poles mobil yang bervariasi mulai dari yang ratusan ribu sampai jutaan rupiah akan membuat kita bingung untuk memilih, apakah akan membeli mesin poles mobil dengan harga murah tetapi fitur standar atau membeli dengan harga yang mahal tetap fiturnya terjamin.

Untuk itu, Otoklix punya tips untuk memilih mesin poles mobil terbaik sesuai yang dibutuhkan.

Pilih mesin dengan gagang mesin ergonomis

Agar kita muda mengontrol mesin dengan nyaman dan stabil, pilih mesin poles mobil yang memiliki gagang yang mirip dengan genggaman tangan kamu.

Pilih berkecepatan tinggi atau standar?

Sebenarnya, mesin poles mobil berkecepatan tinggi atau standar tidak masalah. Justru, yang perlu diperhatikan adalah apakah terdapat fitur variable speed setting. 

Lebih baik memilih mesin poles mobil yang memiliki fitur pengaturan variable speed untuk mempermudah mengatur kecepatan mesin sesuai yang dibutuhkan.

Terpenting, perhatikan seberapa besar RPM mesin

Memperhatikan besaran RPM mesin poles mobil merupakan hal penting yang harus dilakukan saat memilih mesin poles mobil. Sebab, mesin berkecepatan RPM tinggi biasanya menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa kecepatan yang tinggi tersebut akan menciptakan baret halus pada body mobil bila kita kurang berhati-hati dalam mengoperasikannya.

Apabila masih ragu untuk membeli mesin poles mobil terbaik, maka OtoFriends bisa memanfaatkan bengkel body repair terdekat dan terpercaya untuk meningkatkan performa tampilan mobil kesayangan.