Demi mendapatkan kenyamanan yang lebih, pemilik kendaraan sering menambah peredam lantai mobil supaya kabin lebih senyap. Tidak hanya lantai mobil, peredam juga bisa dipasang pada setiap sisi di dalam kabin. Memangnya, apa saja manfaat memakai peredam di lantai mobil? Apa rekomendasi peredam lantai mobil terbaik? Simak selengkapnya.

Manfaat Peredam Lantai Mobil dan Kerugiannya

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat saat menambah peredam lantai mobil. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengemudi lebih nyaman karena suara di dalam mobil lebih senyap. Suara bising dari mesin mobil atau kendaraan lain di luar mobil bisa diminimalkan. Sehingga konsentrasi mengemudi lebih terjaga.
  2. Lantai pijakan mobil terasa lebih sejuk kalau memakai peredam berbahan karet.
  3. Suara di dalam mobil bisa terdengar lebih jelas. Hal ini menguntungkan saat mengobrol atau menerima telepon di dalam mobil.

Selain manfaat, ada juga beberapa kekurangan saat memakai peredam lantai mobil. Namun, kekurangan ini relatif sedikit kalau dibandingkan keuntungannya.

  1. OtoFriends perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli aksesoris tambahan satu ini. Belum lagi ada biaya yang perlu dikeluarkan juga untuk membayar perawatannya.
  2. Bobot mobil bertambah berat.

Perlu diketahui bahwa karpet mobil memang sudah bagian dari perangkat bawaan pabrik. Karpet lantai ini juga berfungsi sebagai peredam kabin mobil. Akan tetapi, biasanya material yang digunakan terbuat dari beludru kasar. Akibatnya, kotoran mudah menempel dan sulit dibersihkan. Selain sebagai peredam, fungsi karpet mobil juga sebagai penampung kotoran yang jatuh ke bawah. Umumnya terbuat dari material beludru, serat, atau sintetis.

Mobil LCGC biasanya menggunakan karpet yang bahan lokalnya lebih banyak. Di sisi lain, selain punya fungsi seperti yang sudah disebutkan, ada juga yang perlu diperhatikan saat memakai karpet mobil. 

Yaitu perhatikan keselamatan saat menggunakan. Sebab, ada beberapa desain produk yang justru mengganjal pedal gas dan membuat putaran mesin jadi tidak terkontrol. Jadi, OtoFriends perlu memilih peredam lantai mobil terbaik untuk menghindari risiko itu. Apa saja rekomendasinya? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Fungsi Peredam Mobil dan Untung-Rugi Menggunakannya

Rekomendasi Peredam Lantai Mobil dan Harganya

Sejumlah merek di bawah ini direkomendasikan oleh pengguna mobil sebab kualitasnya yang baik. Ini dia ulasannya.

1. Noisekill

Seperti namanya, Noisekill adalah salah satu merek peredam mobil terbaik yang terkenal karena berkualitas. Bahan yang dipakai adalah Rubber Butyl. Bahan ini diklaim bisa menyerap panas dengan baik. Selain itu, saat digunakan juga tidak mudah meleleh. Bahan ini juga sangat ampuh untuk meredam suara bising dari lingkungan di luar mobil.

Dari info yang Otoklix dapat, harga full set peredam mobil ini sekitar Rp7,6 juta untuk pemasangan di mobil kecil sampai dengan Rp10,2 jutaan untuk mobil besar. Harga ini sudah pemasangan seluruh kabin, mulai dari empat pintu, bagasi, atap, lantai dan rear fender

2. Vtech

Rekomendasi peredam lantai mobil yang kedua adalah dari merek Vtech. Bahan pelapisnya disebut bisa menyerap panas sampai 800 derajat celcius. Selain meredam panas, Vtech juga bisa meredam suara bising dari luar mobil. Harganya sekitar Rp1 jutaan untuk 7 lembar yang bisa menutupi seluruh permukaan lantai Honda BR-V.

3. Standartplast

Merek rekomendasi selanjutnya adalah Standartplast. Merek ini diproduksi oleh Rusia. Menurut klaim, Standartplast bisa meredam suara bising sampai 20 persen. Selain itu, kelebihan lainnya adalah bobot yang ringan dan tingkat ketebalan yang tipis. Sehingga, mudah dipasang dan dibersihkan.

4. Smartplast

Smartplast punya ketebalan sekitar 1.5 mm. Selain sebagai peredam lantai mobil dari suara bising, Smartplast juga bisa mereduksi getaran. Selain itu, melindungi juga terhadap korosi pada mobil kita.

Smartplast dibuat dari bahan Butyl Rubber dan dilengkapi lapisan aluminium. Dibuat dengan cara ekologis, jadi komposisi bahannya ramah lingkungan. Keunggulan utama Smartplast ada pada bagian aluminium ini. Ukuran peredam ini per lembarnya adalah 50 x 70 cm dan bisa diaplikasikan pada seluruh bagian rangka mobil, termasuk lantai mobil. Harganya sekitar Rp100 ribuan per lembar, belum termasuk ongkos pasang.

Baca juga: Mengenal Fungsi Peredam Kap Mesin Mobil

5. Vibrofiltr

Rekomendasi peredam lantai mobil yang kelima adalah Vibrofiltr. Peredam ini punya ketebalan 1.8 mm. Sama seperti Standartplast, Vibrofiltr juga asal Rusia. Materialnya terbuat dari butyl rubber yang eco friendly. Peredam ini bisa dipakai pada hampir semua bagian mobil. Baik di plafon, pintu, dan lantai. Harganya sekitar Rp200 ribuan, belum termasuk jasa pasang.

6. Z3RO Mat

Rekomendasi peredam lantai mobil yang terakhir adalah Z3RO Mat. Peredam ini juga dibuat dari bahan white butyl rubber dan aluminium. Ketebalannya mencapai 2 mm dan termasuk yang terbaik di kelasnya. Bahan dasar white butyl rubber ini juga murni tanpa campuran. Keunggulan lainnya adalah produk ini sudah berstandar “food grade” dan juga non toxic, jadi ramah lingkungan. Selain itu, tidak menyebabkan bau di kabun mobil.

Masih ada lagi keunggulan dari Z3RO Mat, yaitu dari sisi instalasi yang canggih. Pemasangan peredam ini tidak perlu pemanas, jadi lebih hemat energi. Apalagi, Z3RO Mat juga menggunakan bahan yang tidak menjalarkan api (fire retardant). Ukuran per lembarnya adalah 46 x 80 cm. Harganya berkisar Rp230 ribu per lembar, belum termasuk ongkos pasang.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Peredam Panas Mobil yang Bagus dan Cara Pasangnya

Cara Memilih Peredam Lantai Mobil

Setelah mengetahui apa saja rekomendasi peredam lantai mobil terbaik, lantas bagaimana cara memilihnya? Paling tidak ada tiga cara untuk memakai peredam lantai mobil terbaik.

1. Dengan cara didengar

Kita bisa mengetes produknya terlebih dahulu di bengkel sebelum pemasangan. Peredam mobil yang baik tentu membuat kabin tidak berisik.

2. Bobot ringan

Selanjutnya, sebaiknya OtoFriends pilih peredam yang punya bobot ringan. Jadi, sebisa mungkin lakukan tes di bengkel tempat memasang peredam.

3. Perhatikan jumlah minimal peredam yang digunakan

Untuk mendapat hasil yang maksimal, kita juga perlu mengikuti standar minimal jumlah peredam yang dipasang. Misalnya untuk pintu mobil, disarankan untuk menggunakan tiga lapis. Kalau untuk lantai, cukup dua lapis saja.

Secara keseluruhan, berbeda jenis mobil berbeda pula kebutuhan jumlah peredam. Jadi, tidak bisa disamaratakan. Namun, umumnya butuh sekitar total 30-40 lembar pemasangan pada semua bagian kabin mobil untuk menghasilkan kenyamanan yang maksimal.

Cara Pasang Peredam Lantai Mobil

Meskipun dilakukan di bengkel, tetapi terkadang kita juga perlu tahu cara pasang peredam mobil yang benar.

  1. Lepas beberapa bagian mobil, misalnya jok, karpet, konsol, dan benda lainnya yang menempel di dasar mobil. Hati-hati saat melepas supaya tidak memutus kabel atau komponen lain.
  2. Bersihkan dasar mobil supaya tidak mengganggu proses penempelan dan agar tidak mudah lepas.
  3. Selanjutnya, pasang peredam secara rapat di bagian yang diinginkan. Pastikan sudah menempel kuat dan tidak terlepas.
  4. Pasang kembali komponen mobil yang sebelumnya dilepas.

Itu dia informasi lengkap tentang peredam lantai mobil. Meskipun menambah biaya untuk pemasangan dan perawatannya, tetapi manfaatnya juga besar, yaitu demi kenyamanan berkendara. Pilih peredam lantai mobil terbaik dan pasang di bengkel terpercaya.

OtoFriends bisa mencari 2.000+ bengkel yang ada di aplikasi Otoklix. Beragam jenis perawatan mobil tersedia di aplikasi, mulai dari servis rutin, servis AC, sampai detailing.

Pertanyaan Seputar Peredam Lantai Mobil

Kalau OtoFriends mau pasang peredam lantai mobil, beberapa merek yang direkomendasikan adalah Noisekill, Vtech, Standartplast, Smartplast, Vibrofiltr, dan Z3RO Mat. Harganya berkisar Rp200 ribuan per lembar.

Fungsi menggunakan peredam lantai mobil di antaranya adalah untuk membuat kabin lebih senyap akibat suara bising dari mesin atau lingkungan di luar mobil, supaya lantai mobil lebih sejuk, sampai dengan mengurangi getaran dalam mobil agar berkendara lebih nyaman.

Peredam lantai mobil adalah lapisan yang dipasang untuk melapisi dasar mobil. Peredam lantai mobil berfungsi membuat kabin lebih senyap, lantai lebih sejuk, dan getaran berkurang. OtoFriends bisa memasang 2 lapis lembaran untuk mendapat hasil maksimal.