OtoFriends suka mendengarkan radio atau lagu-lagu favorit selama berkendara? Maka, memasang subwoofer berkualitas dengan audio terbaik menjadi suatu keharusan.

Kali ini, OtoCrew telah menyiapkan 10 rekomendasi subwoofer mobil murah, kualitas bagus, dan terbaru di 2022. Cermati satu per satu spesifikasinya terlebih dahulu ya, supaya kamu bisa membelanjakan uang secara bijak pada subwoofer yang tepat untuk menemanimu berkendara. Berikut ulasannya: 

1. JBL GT-BassPro 12

Subwoofer mobil pertama yang direkomendasikan adalah JBL GT-BassPro 12. Tipe ini memiliki head woofer berukuran mini hanya 12 inch dengan frekuensi 35Hz sampai 120Hz. Oleh karena ukurannya yang mini, instalasinya pun cukup mudah dibanding subwoofer lainnya. Produk JBL ini sudah memiliki power, jadi untuk input musik, tinggal colok kabel RCA saja. Kelebihan lainnya, subwoofer ini sudah dilengkapi remote control dengan panjang kabel 5 meter.

Soal kualitas audio yang dihasilkan, tidak perlu diragukan lagi. Suara bass yang dihasilkan begitu terasa sebab memiliki amplifier pada frekuensi 70Hz sampai 120Hz dengan  peak power 1600 Watt Peak / 450W RMS. 

Harga: Rp2,78 juta – Rp3,1 jutaan

2. MTX Audio RTP8A

Subwoofer mobil murah kualitas bagus berikutnya adalah MTX Audio RTP8A. Produk MTX ini juga berukuran mini yakni hanya 8 inch dengan peak power 360 Watts dan fitur remote bass level.

Namun, soal suara sangat  bisa diandalkan. Lantaran, didalamnya sudah dilengkapi Built-In Amplifier sehingga dapat menghasilkan kedalaman suara yang lebih baik. Tak hanya itu, dari segi tampilan pun, subwoofer ini cukup menarik. Dibalut finishing karpet sehingga aman dari goresan, jadi lebih awet.

Harga: Rp2,1 jutaan

3. Hertz HX 300D

OtoFriends suka dengan suara yang lebih nge-bass di dalam mobil? Maka, merek Hertz HX 300D ini mungkin cocok buat kamu. Subwoofer mobil satu ini memang dirancang untuk mereproduksi frekuensi suara paling rendah dari spektrum audio dengan sangat presisi. Frekuensi responnya 28Hz sampai 700KHZ dengan sensitivitas suara maksimal 90 dB berteknologi dual voice coil.

Selain itu, produk Hertz ini juga dilengkapi dengan teknologi inovatif lainnya seperti forced ventilation system, V-cone, ultra-efficient motor assembly, dan low-resonance basket. Power handling sebesar 600 Watts dengan impedansi 2 x 4 Ohm  dan RMS 1200 Watts. 

Harga : Rp3,2 jutaan

4. Rockford Fosgate P300-12

Rockford Fosgate P300-12 juga cocok untuk yang suka sensasi jedag-jedug maksimal di dalam mobil. Meski hanya berukuran 12 inch, tapi subwoofer ini memiliki Integrated Amplifier berdaya 300 Watts dengan respon frekuensi mencapai 150Hz, sehingga sangat bisa diandalkan untuk memutar musik dengan bass penuh. 

Produk Rockford ini juga sudah dilengkapi dengan fitur tone control seperti bass boost dan gain yang bisa diatur sesuai dengan selera OtoFriends. Subwoofer ini juga dikategorikan awet sebab dibuat dengan material premium yang tahan terhadap goresan.

Harga : Rp4,7 jutaan

5. Kenwood KSC-SW11

Kenwood KSC-SW11 merupakan subwoofer berukuran mini lainnya yakni sebesar 200 x 120 mm. Akan tetapi, terkenal kokoh lantaran dibuat dari frame Aluminum Die-cast. Kelebihan lainnya, subwoofer ini memiliki kemampuan peak power 150W dengan range low pass filter 50 hingga 125 Hz. Serta mampu menghasilkan respon frekuensi sebesar 35 Hz sampai 150 Hz yang beroperasi pada voltase  14.4V. 

Harga: Rp3,5 juta

6. Kicker 10C124

Rekomendasi subwoofer mobil murah kualitas bagus berikutnya adalah Kicker 10C124. Subwoofer ini cocok buat yang suka suara yang jernih. Lantaran, material utamanya terbuat dari polypropylene cone yang diproduksi menggunakan metode injection-molded berukuran 12 inch.

Tak hanya itu, produk Kicker ini juga dilengkapi respon frekuensi mencapai 27 Hz- 500 Hz dengan sensitivitas suara 88,3 dB. Serta, memiliki peak power handling sampai 300 Watts impedansi  4-ohm. 

Harga : Rp1,5 jutaan

7. Dual BP1204

Subwoofer mobil satu ini cocok untuk kamu yang ingin sekalian mendekorasi tampilan interior mobil kesayangan. Dual BP1204 dirancang dengan material Brushed Aluminum Woofer Cones yang membuatnya tampil premium sekaligus tahan banting.

Subwoofer ini memiliki impedansi 4 Ohms yang mampu menghasilkan range frekuensi antara 30 Hz- 200 kHz, peak power-nya mencapai 1100 Watts, dan RMS Power pada angka 600 Watts. 

Harga : Rp2,5 jutaan

8. Pioneer TS-W254R

Subwoofer mobil satu ini adalah yang paling murah dibanding kesembilan merek lainnya. Harganya di pasaran hanya sekitar Rp500 ribuan. Akan tetapi, soal kualitas tak perlu diragukan, sebab merek Pioneer sendiri sudah cukup ternama di sektor audio mobil.

Pioneer TS-W254R berukuran 10 inch dibuat menggunakan material polypropylene pada bagian cone, sehingga menghasilkan efek suara yang luas dengan respon frekuensi antara 20 Hz- 220 Hz. Produk Pioneer satu ini memiliki kemampuan yang mumpuni sebab memiliki range power antara 50 Watts – 250 Watts dan peak power sekitar 1100 watts dengan impedansi 4-ohm yang mampu menghasilkan sensitivitas suara sampai 93 dB.

Harga: Rp540 ribuan

9. Pyle PLPW10D

Selain Pioneer, Pyle PLPW10D juga termasuk subwoofer mobil termurah lainnya. Kamu bisa dapatkan subwoofer mobil ini di kisaran harga Rp600 ribuan. Berukuran 10 inch namun mampu menghasilkan suara sampai 90 dB. Subwoofer ini bisa memberikan efek suara surround terbaik sebab dirancang menggunakan 4-Layer Dual Voice Coil berukuran 2 inch, impedansinya dual 4 Ohm dengan power maksimal 1000 Watt dan 500 Watt untuk RMS.

Harga: Rp670 ribuan

10. Infinity BassLink SM

Rekomendasi subwoofer terakhir adalah Infinity BassLink SM. Subwoofer berukuran 8 inch ini juga termasuk tahan banting karena dibuat menggunakan material ABS golongan heavy-duty.

Soal kualitas suara, produk audio mobil satu ini bisa menghasilkan menghasilkan low-pass crossover variable dari 50 Hz- 120 Hz di level 12 dB per octave. Respon frekuensinya pun baik antara 35 Hz- 120 Hz lengkap dengan RMS 125 Watts atau yang biasa dikenal dengan Class D amplifier.

Harga: Rp3,6 jutaan

Sudah menentukan subwoofer mobil mana yang mau dipasang di mobil kesayangan? Bila sudah, OtoFriends bisa konsultasikan lebih lanjut dengan ahlinya di bengkel terdekat. Kamu juga bisa melakukan instalasi di sana. Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis dari aplikasi tersebut.