Tidak hanya service berkala, mobil juga perlu dilakukan tune up. Banyak manfaat tune up mobil yang dapat kamu rasakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Mulai dari menjaga performa mesin, memperpanjang usia pakai komponen, dan lainnya.

Yuk simak manfaat tune up mobil, biayanya, perbedaan tune up dan servis biasa, dan juga kapan waktu yang tepat untuk tune up.

Manfaat Melakukan Tune Up Mobil Secara Rutin

Tune up sering dianggap sepele ketika mobil masih terasa nyaman digunakan. Akibatnya, kamu mungkin lupa untuk melakukan tune up hingga bertahun-tahun lamanya. Padahal, sejumlah manfaat tune up di bawah ini sangat penting bagi mobil kamu lho.

1. Performa mesin lebih optimal

Seperti yang kita ketahui bahwa mobil yang digunakan terus menerus akan menurunkan performanya. Padahal, menjaga performa mesin adalah hal yang sangat penting. Melakukan tune up secara rutin tidak hanya menjaga performa mesin mobil, tetapi juga meningkatkan tenaga yang dihasilkan. Hal yang utama saat melakukan tune up mobil adalah pengecekan bagian mesin.

Contoh bagian mesin adalah pengecekan oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dan fluida lainnya. Ketika mekanik fokus pada pemeriksaan mesin ini, maka prosesnya dilakukan secara optimal. Manfaat tune up mobil dapat dirasakan ketika melaju di medan apa pun bisa dilalui dengan nyaman.

2. Memastikan fungsi filter udara dan celah katup

Selain komponen mesin, komponen filter udara juga menjadi fokus ketika melakukan tune up. Ketika tune up, filter udara akan dibersihkan. Pasalnya filter udara yang bermasalah juga akan berpengaruh terhadap performa mesin.

Selain mengecek fungsi filter udara, ketika tune up juga akan dilakukan pengecekan celah kabel busi serta celah katup. Celah busi biasanya kotor dan celah busi yang kotor akan mengganggu besaran api yang keluar. Selain itu, interaksi busi dan tekanan kompresi juga dapat mengubah celah busi. Selain itu, celah katup juga perlu dicek dan disetel ulang sesuai standar. 

3. Menjaga performa komponen

Apabila di atas kita membahas tentang performa mesin secara keseluruhan, manfaat tune up mobil selanjutnya adalah menjaga performa komponen. Karena ketika melakukan tune up  setiap komponen akan dilihat dan dicek secara mendetail. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa kerja komponen tetap stabil dan berfungsi dengan baik. Sehingga berkendara pun menjadi lebih aman dan tentu saja nyaman.

4. Menghindari kerusakan yang lebih parah

Dengan menjaga dan memastikan komponen mesin mobil, maka kerusakan akan bisa dihindari sejak awal. Komponen yang rusak dan tidak segera diperbaiki karena tidak ketahuan akan membuat kerusakan lebih parah.

Jadi, apabila terasa ada masalah pada komponen maupun tidak, kamu tetap perlu melakukan tune up. Jika memang merasakan masalah pada mesin mobil, kamu bisa menjelaskannya kepada pihak bengkel agar bengkel segera mengecek kondisi sesuai dengan gejala yang kamu ceritakan.

5. Menghemat biaya perawatan 

Ketika ada komponen yang benar-benar rusak parah sampai harus diganti, tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih besar juga. Oleh sebab itu, salah satu manfaat tune up adalah meminimalisasi biaya perawatan karena komponen yang rusak segera terdeteksi.

6. Memperpanjang usia pakai mobil

Manfaat tune up mobil berikutnya adalah memperpanjang usia pakai mobil. Komponen yang berfungsi baik dan mesin mobil yang terjaga performanya adalah kombinasi terbaik untuk memperpanjang usia pakai mobil. Mobil-mobil yang rajin dirawat dan dilakukan tune up akan terasa seperti baru dan bertenaga.

7. Meningkatkan kenyamanan selama berkendara

Apabila kondisi mobil baik, tentu saja kita akan merasa aman dan nyaman ketika berkendara. Apalagi jika berencana melakukan perjalanan jauh. Keamanan dan kenyamanan kendaraan adalah nomor satu. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan waktu tune up ya.

Itu dia 7 manfaat tune up mobil jika dilakukan secara rutin.

Perbedaan Tune Up dan Service Berkala

Lantas, apa sih perbedaan tune up dan servis berkala biasa?

Banyak anggapan bahwa tune up sama seperti servis biasa. Padahal, tujuannya berbeda dan tindakan yang dilakukan oleh mekanik bengkel juga berbeda. Tune up memang dilakukan bersamaan dengan melakukan servis rutin. Tetapi variasi pekerjaan yang dilakukan lebih kompleks dan menyeluruh.

Komponen yang dicek saat tune up di antaranya adalah filter udara, throttle body, busi, aki, fan belt, kampas rem, dan pembersihan ruang bakar. Sementara itu pada saat servis biasanya hanya memeriksa filter udara, sistem injeksi, fluida mobil, dan mengecek rem. Itu pun tidak diperiksa jika kamu tidak memintanya kepada mekanik bengkel. 

Pada saat tune up dan pihak bengkel menemukan adanya masalah pada komponen dan perlu diganti, tidak menutup kemungkinan komponen tersebut juga harus diganti. Maka dari itu, karena banyak komponen yang diperiksa ditambah dengan penggantian komponen, biaya yang diperlukan saat tune up juga bisa lebih besar.

Biaya tune up di bengkel umum sekitar Rp200-400 ribuan saja, tergantung jenis tune up-nya. Tetapi di bengkel resmi, biayanya bisa sampai jutaan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tune Up Mobil?

Tune up bisa dilakukan bersamaan dengan servis rutin mobil. Biasanya pada waktu 5.000-6.000 km. Tetapi untuk memaksimalkan manfaat tune up mobil, kamu bisa melakukannya setiap 3 bulan sekali.

Nah, mengingat manfaat tune up mobil sangat vital bagi kendaraan roda empat tersebut, kamu sebaiknya rutin melakukan tune up ya. Jangan khawatir dana perawatan mobil akan membengkak. Otoklix punya layanan tune up dengan harga bersaing. Kamu bisa mendapatkan harga 40% lebih murah daripada di bengkel resmi dan dapatkan juga promo tune up di Otoklix.