Headrest merupakan salah satu komponen dalam interior mobil yang menunjang kenyamanan berkendara. Desain headrest berbeda untuk setiap mobil. Headrest mobil bisa diganti dengan model yang diinginkan. Mungkin sekilas headrest hanyalah sebagai pemanis desain sandaran badan itu sendiri. Padahal headrest tak sekedar memberikan kenyamanan dengan menyandarkan kepala penumpang. 

Apa itu headrest?

Headrest atau sandaran kepala pada jok mobil adalah salah satu fitur keselamatan saat berkendara. Tidak banyak yang mengetahui, nama sebenarnya headrest adalah “head restraint” yang berarti penahan kepala. 

Headrest sendiri pertama kali dipatenkan oleh Benjamin Katz, pada tahun 1921. Awalnya headrest bersifat optional (tidak wajib) namun akhirnya aturan mewajibkan adanya headrest pada mobil keluaran terbaru, khususnya di dunia otomotif internasional. 

Fungsi headrest

Fungsi headrest berfungsi sebagai penahan beban leher pada saat terjadinya benturan. Saat terjadi kecelakaan, daya dorong ke belakang bisa mengakibatkan leher cedera jika jok tanpa sandaran kepala. Cedera pada leher akibatnya sangat fatal, bisa cacat seumur hidup atau meninggal seketika. Dirancang dengan penuh perhitungan, head rest bukan cuma sebagai sandaran, melainkan juga sebagai penahan beban leher ketika benturan atau kecelakaan terjadi.

Tips memilih headrest monitor

Headrest standar untuk kendaraan menengah ke bawah biasanya hanya sebatas penyangga leher. Berbeda dengan mobil menengah ke atas yang sudah menyematkan fitur hiburan dengan monitor di belakang headrest. Namun, untuk mobil yang tidak memiliki headrest monitor, bisa melakukan pergantian modifikasi. Ini tips untuk memilih headrest monitor! 

Baca juga: Ini 14 Head Unit Android Recommended, Harga, dan Spesifikasinya

Jangan salah ukuran

Hal pertama yang dipikirkan untuk mengganti headrest adalah ukuran. Sebelum memilih produknya, periksa dahulu ukuran headrest di jok mobil. Ada dua hal yang harus diukur yaitu diameter tiang dan jarak di antara kedua tiang. Hal ini dapat dihitung dengan mengukur jarak di antara tiang saat menarik headrest ke atas. 

Sementara itu, diameter tiang adalah ketebalannya. Kedua hal tersebut penting diperhatikan untuk bisa mendapatkan produk yang tepat. Umumnya, produk yang beredar di pasaran memiliki ukuran universal. Namun, ada juga yang diberikan ukuran khusus. 

Tentukan resolusi yang diinginkan

Setelah ukuran, pertimbangkan resolusi yang diinginkan. Untuk ukuran 10 inci ke atas lebih baik menggunakan monitor dengan resolusi tinggi WSVGA (1024 x 600) dan WXGA (1280 x 800). Namun, detail gambarnya bisa kurang terlihat di monitor berukuran 10 inci ke bawah. 

Secara umum, makin besar ukuran monitor, makin tajam gambarnya. Beberapa orang mungkin menginginkan monitor kecil yang memiliki fitur full HD atau 4K. Akan tetapi, monitor WSVGA atau WXGA menawarkan gambar yang lebih cantik. 

Pertimbangkan headrest yang mudah dihubungkan dengan head unit

Produk headrest harus bisa dihubungkan dengan headunit. Karenanya, pilihlah headrest yang bisa dihubungkan ke headunit dengan mudah dengan. 

Lebih bagus memiliki slot HDMI 

Headrest monitor dapat memutar video di YouTube dengan menghubungkannya ke smartphone. Untuk menjalankannya memerlukan produk dengan port HDMI. Dengan begitu, tampilan layar smartphone dapat dipindahkan ke monitor. Dengan port HDMI bisa juga main game di headrest. Karenanya, pilihlah headrest yang memiliki port HDMI. 

Periksa slot USB-nya agar compatible

Jika headrest monitor dilengkapi port USB atau kartu SD, bisa menonton video yang disimpan di media penyimpanan tersebut. Namun, produknya bisa saja hanya mengenali perangkat dengan batas kapasitas penyimpanan tertentu. Umumnya, produk dengan fitur ini mampu membaca perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga ratusan GB. 

Baca Juga: 7 Head Unit Apple Carplay Terbaik dan Terbaru di 2022

Rekomendasi headrest monitor

Nah, jika ingin mengganti headrest standar dengan headrest yang memiliki monitor, berikut rekomendasi headrest monitor: 

TV Monitor Car Headrest Clip On 10 INCH

Model ini memiliki harga yang cukup ekonomis dengan fitur yang mumpuni. Dibanderol di bawah Rp1 juta,  produk ini memiliki resolusi layar sudah WSVGA. Dengan spesifikasi tersebut, produk ini mampu memberikan tampilan gambar yang cantik. 

Sebagai informasi, lubang tiang headrest pada bracket produk ini bisa diatur dengan jarak 4–7 inci. Selain itu, produk ini dapat memainkan game dan sudah disertai gamepad. Terlebih, headrest monitor ini dilengkapi berbagai port, seperti HDMI dan AV, serta mampu membaca kartu SD. Menonton siaran televisi atau mendengarkan saluran radio dengan produk ini juga bisa. 

Skeleton 9″ Headrest Monitor

Selanjutnya, Skeleton Headrest Monitor dengan ukuran 9 inci. Produk ini memiliki tampilan warna yang bisa disesuaikan dengan jok mobil. Hiburan yang ditawarkan produk ini pun beragam. Yaitu dapat memutar DVD hingga menjalankan video dari USB atau kartu SD dengan produk ini. Menghubungkannya ke smartphone lewat port HDMI juga bisa. Bahkan, produk ini dapat memainkan game dan dilengkapi gamepad. Harganya mulai dari Rp1,2 juta.

Sansui 8″ Car Headrest Monitor

Headrest ini memiliki ukuran layar 8 inci. Produk dengan ukuran tersebut belum umum di e-commerce Indonesia, apalagi yang model clip on. Bisa dikatakan produk ini bertindak sebagai monitor tambahan untuk penumpang di kursi belakang. Tampilannya akan lebih banyak diatur dari head unit. Port USB produk ini saja hanya bisa digunakan untuk mengisi daya. Produk ini memiliki input AV, USB, dan 3,5 mm jack. Harganya mulai dari Rp1,6 juta.

MTech Headrest Clip On DVD Built-in

Produk ini tak hanya bisa digunakan sebagai headrest monitor, desainnya memungkinkan produk MTech ini digunakan di rumah. Headrest monitor ini diberikan dua alternatif sumber daya sehingga lebih fleksibel. Namun, perlu diingat, produk ini belum dilengkapi baterai sehingga harus mendapatkan sumber daya listrik.  MTech MH-7700D sudah dilengkapi built-in dual speakers sehingga tidak perlu lagi menambahkan speaker portable. Harganya mulai Rp1,8 juta.

Orca 9″ DVD Player Clip On Headrest

Produk ini bisa menjadi solusi jika ingin menenangkan anak-anak di kursi belakang. Orca HM-9888 merupakan headrest monitor yang terdiri dari dua layar. Masing-masing dapat menjalankan game sehingga anak-anak tidak harus berbagi layar. Terlebih, tiap layar dilengkapi gamepad. Anak-anak pun bisa bermain bersama. 

Produk ini juga sudah diberikan built-in speakers sehingga menambah keseruan saat bermain game. Selain itu, produk ini tidak mengikuti tampilan dari head unit. Kursi depan dapat menikmati hiburan lain. Perlu diketahui, produk ini belum dilengkapi port HDMI. Anda bisa menambahkan hiburan sendiri lewat DVD atau kartu SD. Harganya mulai Rp2,4 juta.

Mtech 12.5 Inch Headrest Clip On Android

Produk MTech ini bisa dipertimbangkan juga. Layarnya berukuran 12,5 inci cocok untuk mobil berukuran besar. Selain itu, produk ini dilengkapi built-in dual speakers sehingga menghasilkan suara yang lebih mantap. Variasi hiburan yang ditawarkan produk ini pun beragam karena dijalankan dengan OS Android 8.1. 

Sebagai informasi, produk ini mampu membaca microSD berkapasitas penyimpanan hingga 64 GB. Akan tetapi, produk ini sudah dilengkapi memori internal sebesar 16 GB. Keunggulan lainnya, mata Anda akan dimanjakan oleh resolusi layarnya yang Full HD. Harganya Rp3,1 juta.

Mirai Headrest Monitor 10.1 Inch

Produk ini mendapatkan dua layar sentuh beresolusi WXGA. Kedua layar produk ini dapat menghasilkan tampilan yang independen. Setiap penumpang bisa memilih hiburan favoritnya sendiri. Produk ini memang tidak diberikan port untuk output audio, tetapi sudah dilengkapi bluetooth. Bisa menghubungkan wireless headset ke headrest monitor ini. 

Sebagai informasi, produk ini dijalankan dengan OS Android 8.1. Dapat juga menambahkan konten lewat jaringan WiFi dari smartphone atau modem. Harganya cukup mahal, berada di kisaran Rp5,5 juta.

Asuka Headrest Monitor Android Clip On 11.8 inch

Asuka AS-1180AZ merupakan salah satu headrest monitor yang digemari di e-commerce Indonesia karena kecanggihannya. Kini Asuka meningkatkan performanya lewat AS-1180U. Produk ini merupakan satu-satunya headrest monitor di Indonesia yang mempunyai resolusi layar sentuh hingga 1920 x 1280. 

Produk ini dijalankan OS yang cukup tinggi yaitu Android 9. Asuka AS-1180U mampu mirroring tampilan layar perangkat Android dan iOS. Alhasil, bisa memainkan game di smartphone pada layar besar. Terlebih, RAM 2 GB dan ROM 32 GB pada produk ini membuatnya lebih smooth. Harganya Rp8 jutaan.

Baca juga: Ini Macam-macam Aliran Modifikasi Mobil, Pilih Yang Mana?

Pioneer Rear Headrest Display

Brand Pioneer merupakan salah satu produsen aksesori mobil terbaik di dunia. Tidak heran bila produknya ini mendapat ulasan positif di e-commerce Indonesia. Produk ini memiliki dua layar yang sudutnya bisa diatur hingga 90 derajat. Tiap-tiap layar dapat mengatur tingkat pencahayaannya sendiri dalam kondisi terang dan gelap. 

Headrest monitor ini menggunakan layar LED yang memiliki tingkat kontras lebih tinggi dari LCD. Gambar yang dihasilkan produk ini pun makin jernih. Selain itu, LED lebih hemat daya sehingga tidak cepat panas. Alhasil, produk ini bisa lebih awet. Pertimbangkan produk Pioneer ini bila membutuhkan headrest monitor untuk penggunaan jangka panjang. Harganya berada di kisaran Rp9 juta.

Alpine 9-inch WSVGA Headrest Mounted Rear Vision

Setiap layar ini diberikan dua area berbeda di bagian belakangnya untuk dipasangi bracket. Yang satu terletak di tengah sehingga cocok untuk anak-anak karena lebih rendah. Sementara itu, satunya lagi terletak di bawah sehingga penempatannya akan eye level dengan orang dewasa. 

Bisa juga mengatur ketinggian masing-masing layar berdasarkan penggunaannya. Selain itu, sudut layar headrest monitor ini masih bisa diubah. Layarnya bisa diturunkan 30 derajat atau dinaikkan 50 derajat. Pengaplikasian produk ini akan sangat fleksibel. Harganya lumayan tinggi, mulai dari Rp12,5 juta.

Nah, untuk terus menjaga headrest monitor tidak mengalami kerusakan, maka rutinlah melakukan pemeriksaan kendaraan khususnya bagian elektroniknya. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan.  OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.