Memilih pembersih mesin mobil tidak boleh sembarangan. Pasalnya, mesin merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Membersihkan kendaraan tidak hanya di bagian luar dan dalamnya saja. Tapi juga di bagian mesinnya. Walaupun bagian mesin tertutup, debu hingga kotoran tetap bisa masuk dan menempel di komponen mesin. 

Mesin yang kotor dan tidak terawat bisa menimbulkan gangguan hingga penyumbatan yang mengakibatkan pasokan udara yang masuk akan terhambat. Mesin yang tersumbat karena kotoran bisa menyebabkan kerusakan fatal. Karena itu, mesin harus rutin dibersihkan.

Jenis Pembersih Mesin Mobil

Ada beberapa jenis pembersih mesin mobil, yang pertama adalah engine conditioner. Cairan ini ketika disemprotkan akan berbentuk busa atau foam. Engine conditioner berfungsi untuk membersihkan kerak-kerak yang ada pada internal mesin, ruang bahan bakar, hingga throttle body. 

Jenis pembersih mesin mobil yang kedua yakni engine degreaser. Tekstur pembersih ini lebih keras dan berfungsi untuk mengikat serta melarutkan kotoran pada mesin.

Sedangkan jenis yang ketiga adalah engine flush. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dalam karter mesin dan jalur oli. Cairan ini juga bisa digunakan ketika ingin mengganti filter oli agar sirkulasi tidak terhambat akibat tumpukan kotoran. 

Berikut rekomendasi pembersih mesin mobil

Membersihkan mesin mobil bisa dilakukan di bengkel namun juga bisa dilakukan secara mandiri. Pembersihan mesin mobil bisa dilakukan menggunakan bahan pembersih mesin. Nah, ini pilihan pembersih mesin mobil versi OtoKlix.

1. Waxco Anti Rust Engine Degreaser

Waxco Anti Rust Engine Degreaser berfungsi sebagai cairan pembersih mesin mobil yang cocok untuk membersihkan debu, tanah dan noda oli. Produk ini tetap aman apabila terkena cat, selang radiator kabel dan plastik mobil. 

Cara penggunaan cairan ini sangat mudah, cukup disemprotkan pada bagian yang hendak dibersihkan kemudian tunggu selama 10 menit agar pembersih bekerja optimal. Lalu bilas dengan air dan keringkan menggunakan kain microfiber. Waxco Anti Rust Engine Degreaser memiliki harga yang terjangkau yakni Rp60 ribuan.

2. NanoTECH Protection Ultimate Degreaser

Pembersih mesin mobil ini merupakan salah satu produk yang efektif membersihkan bug grease dari kerak kalsium serta oli pada bagian metal mesin. Munculnya kerak disebabkan oleh uap oli atau perembesan. 

Cara penggunaan nanoTECH Protection Ultimate Degreaser cukup mudah yakni dengan cara menyemprotkan ke bagian yang berkerak, lalu bilas menggunakan air. Setelah itu keringkan menggunakan kain bersih. Cairan ini cukup murah dan bisa didapatkan dengan harga Rp40 ribu.

3. Prestone Radiator Flush Cleaner

Prestone Radiator Flush Cleaner merupakan cairan yang memiliki formula 2 in 1 dan dirancang untuk membersihkan sistem pendingin dan mencegah panas berlebih yang kerap menimbulkan gagal mesin. Cairan ini mampu bekerja cepat dan aman untuk aluminium, besi, baja, karet, tembaga, kuningan, dan pateri. 

Prestone Radiator Flush Cleaner tidak memerlukan penetralisir dan dapat digunakan untuk membersihkan endapan karat, korosi, kerak, serta residu minyak pada sistem pendingin. Cara penggunaannya cukup dengan memasukkan Prestone Radiator Flush Cleaner pada sistem pendingin. Harganya berada dikisaran Rp60 ribuan.

4. Bardahl Special Duty Power Booster 

Bardahl Special Duty Power Booster adalah produk pembersih mesin yang memiliki harga cukup mahal yakni Rp200 ribuan. Walaupun mahal, produk ini cukup banyak dipakai karena kualitasnya. 

Tak hanya itu, Bardahl Special Duty Power Booster juga bisa digunakan untuk membersihkan mesin alat berat, seperti loader, excavator, roller, truk trailer, truk ekspedisi, dan mesin lainnya. Produk ini akan membantu mesin dalam melindungi oli mesin agar operasi suhu tinggi tidak memecah kandungan bahan aktif pada mesin.

5. Megacools Full Penetrate

Megacools Full Penetrate adalah pembersih mobil yang multifungsi. Produk ini digunakan sebagai pelumas karat dan melembabkan mesin, juga cocok digunakan untuk melumasi perlengkapan rumah tangga, kantor, dan pabrik. Pembersih ini juga aman untuk media berbahan vinyl, kulit, plastik, stainless steel, dan karet plastik. 

Cara pemakaiannya setelah dikocok langsung bisa semprotkan ke bagian yang hendak dibersihkan. Kemudian sikat perlahan hingga bersih. Megacools Full Penetrate Megacools Full Penetrate tersedia dalam kemasan 300 ml dan 500 ml dengan harga mulai dari Rp23 ribuan.

6. WYNNS Power Charge

Dibanderol dengan harga cukup mahal, Rp400 ribuan, WYNNS Power Charge merupakan cairan pembersih sistem bahan bakar yang mampu membersihkan injector, katup intake, dan ruang bakar dengan efektif. Katalis pembakaran produk ini membuat kinerja mesin pulih kembali, sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.

7. Wealthy Silicon Spray

Wealthy Silicon Spray adalah rekomendasi produk pembersih mesin mobil yang berguna untuk mencegah dan menghilangkan getaran akibat gesekan bahan yang berbeda di mesin. Wealthy Silicon Spray juga berfungsi untuk mencegah kerapuhan karena pembekuan komponen karet, misalnya saja pada seal pintu dan kap mesin. 

Produk ini efektif dalam memberikan kilap pada bumper, spoiler, dan panel interior berbahan plastik. Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu semprotkan cairan ke permukaan bersih dengan jarak 20-30 cm. Kemudian lap secara lembut menggunakan kain. Harganya di kisaran Rp65 ribuan.

8. PRO-V Engine Flush

Produk memiliki formula untuk menguras bagian dalam mesin agar kembali bersih dan berguna untuk membersihkan mesin dari deposit lumpur, varnish, dan kerak secara efektif. Dengan menggunakan PRO-V Engine Flush, daya lindung dan pelumas dari oli baru menjadi lebih optimal. 

PRO-V Engine Flush tersedia dalam kemasan 325 ml yang ekonomis dan mudah didapat. Harga PRO-V Engine Flush dibanderol Rp25 ribuan.

9. STP Engine Flush

Salah satu produk rekomendasi yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil selanjutnya adalah STP Engine Flush. Fungsinya untuk menguras bagian dalam mesin secara efektif. Dengan demikian, produk ini mampu mengoptimalkan daya lindung dari oli baru. Cocok untuk mesin berbahan bakar bensin.

Produk ini dapat mengurangi keausan dengan aditif anti wear yang khusus. Tersedia dalam kemasan 450 ml yang hemat, STP Engine Flush dibanderol sebesar Rp50 ribuan.

10. Liqui Moly Rapid Clear

Produk terakhir yang jadi rekomendasi pembersih mesin mobil adalah Liqui Moly Rapid Clear. Cairan ini dihargai sebesar Rp100 ribuan. Liqui Moly Rapid Clear mampu membersihkan noda oli dan lemak pada mesin, lantai, peralatan, hingga kain serta mampu menghilangkan karat dan kotoran dengan efektif. 

Liqui Moly Rapid Clear dapat mencapai bagian terkecil pada mesin dan cocok untuk membersihkan rem, kopling, dan transmisi. Selain membersihkan, cairan ini juga bisa dimanfaatkan untuk perbaikan dan perawatan mesin mobil.

Itulah sejumlah merk pembersih mesin mobil yang recomended. Membersihkan mesin mobil bukanlah hal yang sulit. Dengan bantuan alat dan bahan yang tepat, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah. Walau prosesnya memakan waktu dan tenaga, tetapi tentu hasilnya akan memuaskan. Menjaga kondisi ruang mesin tetap bersih tentu akan menambah nilai tersendiri pada kendaraan kita.

Buat kamu yang butuh membersihkan mobil, khususnya cuci mobil bisa cek aplikasi Otoklix dan pilih fitur bengkel terdekat.