Avanza dan Xenia adalah mobil keluarga yang sangat diandalkan. Kapasitas penumpang banyak dengan mesin yang mumpuni. Kamu perlu berapa harga oli mobil Avanza manual agar dapat menganggarkan biayanya dan tidak mengganggu keuangan rumah tangga.

Sebelum itu, mari kita bahas tentang mobil Avanza.

Jenis Mobil Avanza

Mobil Avanza menggunakan mesin 2NR-VE dengan 4 silinder dan telah dibekali dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin baru ini membuat kecepatan pacu Avanza menjadi lebih tinggi, yaitu 102,5 tenaga kuda.

Toyota Avanza memiliki 2 tipe, yaitu mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Kedua tipe tersebut juga berbeda dalam kapasitas olinya. Untuk Avanza 1.300 cc, kapasitas olinya adalah 3 liter. Sementara untuk Avanza 1.500 cc total kapasitas oli adalah 3,5 liter.

Kapasitas oli yang berbeda tentu berpengaruh terhadap harga oli mobil Avanza manual. Jika Avanza 1.300 cc hanya membutuhkan 3×1 liter oli saja, maka mobil Avanza 1.500 membutuhkan 4×1 liter oli.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Mobil Avanza 2022, Gagah dan Canggih!

Oli Mesin yang Direkomendasikan untuk Avanza Manual

Baik Toyota Avanza mesin 1.300 cc maupun 1.500 cc, keduanya disarankan menggunakan oli dengan viskositas SAE 5W-30 untuk mobil dengan usia di bawah 3 tahun. Sementara untuk mobil berusia sekitar 3-10 tahun disarankan menggunakan oli dengan viskositas 10W-40.

Mengapa demikian? Sebab celah antar komponen pada mobil Avanza baru masih rapat, sehingga butuh oli yang cukup encer untuk masuk sampai ke celah terkecil dan melumasi komponen. Menggunakan oli yang lebih kental akan membuat kinerja mesin Avanza dengan umur di bawah 3 tahun menjadi lebih berat dan akibatnya bisa boros BBM.

Sementara untuk mobil Toyota Avanza dengan usia 3-10 tahun, celah antar komponennya sudah agak renggang. Sehingga membutuhkan oli yang lebih kental untuk mengisi celah tersebut.

Harga Oli Mobil Avanza Manual

Harga oli dengan viskositas 5W-30 adalah sekitar Rp400-600 ribuan per 4 liter. Kemasan 1 liter dibanderol dengan harga Rp120 ribuan. Sementara itu harga oli mobil Avanza manual 10W-40 relatif lebih murah dari 5W-40, yaitu sekitar Rp300-400 ribu untuk kemasan 4 liter.

Tentu harga ini berbeda-beda tergantung merk olinya. Kemudian, di beberapa bengkel, dikenakan biaya jasa penggantian oli sekitar Rp40-70 ribuan.

Ada rekomendasi tersendiri untuk oli mobil Avanza, yaitu oli mobil keluaran Toyota dengan nama Toyota Motor Oil (TMO).Baik Avanza 1.300 cc maupun 1.500 cc dapat menggunakan oli dengan viskositas 10W-40.

Harga oli mobil Avanza Manual dari TMO dengan viskositas 10W-40 adalah Rp360 ribuan. Spesifikasi oli TMO sudah melampaui standar API SN dan menggunakan base oil sintetis. Terdapat kandungan Actifilm Technology yang dapat memberikan lapisan untuk perlindungan maksimal.

Sebelumnya sudah dibahas tentang kapasitas oli mobil Toyota Avanza. Maka dari itu kamu bisa menghitungnya berdasarkan harga oli per liter yang akan kita bahas selanjutnya.

Harga oli 5W-40

Banyak merek oli yang beredar di pasaran. Untuk harga oli mobil Avanza manual dengan kekentalan 5W-30 sekitar Rp140-160 ribuan per liter. Contohnya adalah harga oli Castrol Rp140 ribuan, oli Shell Rp145 ribu per liter, dan oli Fastron Rp160 ribu per liter.

Harga oli 10W-40

Kemudian untuk harga oli beberapa merek di bawah ini dimulai dari Rp330 ribuan. Pertama, oli Castrol dengan harga Rp400 ribu per 4 liter, oli Shell dengan harga Rp380 ribu, oli Fastron dengan harga Rp340 ribu, oli Total Rp330 ribu.

Rekomendasi Oli Mobil 10W-40 dan 5W-30

Sebagai alternatif pilihan, Otoklix akan membahas spesifikasi dari beberapa oli mobil dengan kekentalan 5W-30 dan 10W-40.

1. Fuchs Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Fuchs Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

2. Fuchs Titan Formula SN SAE 10W-40

Fuchs Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

3. Castrol Magnatec 10W-40

Masih dari Castrol, terdapat pula varian dengan kekentalan 10W-40. Oli ini menggunakan base oil  sintetis dan memiliki teknologi molekul pintar bernama Self-Healing Layer. Dengan adanya teknologi ini maka oli tetap akan melekat pada komponen meskipun oli sudah kembali ke tangki oli.

Oli ini telah melewati standar API SN dengan harga sekitar Rp102 ribuan per liter dan Rp420 untuk kemasan 4 liter.

4. TOP 1 Zenzation 10W-40

Pilihan berikutnya adalah TOP 1 Zenzation. Teknologi yang terdapat pada oli ini adalah Ester Fortified dan Max TBN. Teknologi ini memberikan perlindungan terhadap korosi dan membuat mesin mobil responsif. Tak perlu khawatir akan polusi lingkungan karena standar Euro 6 sudah membuktikan bahwa oli ini ramah lingkungan dan emisi gas buang rendah.

Harga oli mobil Avanza manual dari TOP 1 ini adalah sekitar Rp 102 ribu untuk 1 liter dan Rp411 ribu untuk 4 liter.

5. TOP 1 HP Sport 10W-40

Oli TOP 1 HP Sport juga bisa menjadi pilihan. Sudah ada teknologi Xtra-Clean Additives yang dapat membersihkan mesin dari kotoran sisa hasil pembakaran dan Stop-and-Go Formula. Teknologi ini cocok bagi kamu yang sedang berkendara macet. 

Harga oli TOP 1 HP Sport 10W-40 ini adalah sekitar Rp94 ribuan per liter dan Rp476 ribu per kemasan galon 4 liter.

Baca Juga: Daftar Harga Oli Top 1 Terlengkap dan Pilihan Jenisnya

6. Mobil 1™ 5W-30

Oli ini menggunakan bahan sintetik dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  • Mencegah pembentukan endapan kotoran pada mesin
  • Melindungi mesin dari keausan
  • Konsumsi BBM lebih hemat
  • Mobil mudah distarter
  • Membersihkan ruang mesin

Oli Mobil 1 5W-30 sudah memenuhi standar performa API SN, SN+, SN+ Resource Conserving, dan ILSAC GF-5. Oli ini cocok digunakan untuk mobil keluarga, termasuk Avanza.

7. Castrol GTX 5W-30 Ultra Clean

Castrol mengeluarkan varian GTX Ultra Clean. Seperti namanya, oli ini memiliki formula Ultra Clean Synthetic Technology yang bisa membersihkan mesin dari deposit serta mencegahnya terbentuk kembali. Harga oli mobil Avanza manual ini adalah Rp304 ribuan untuk kemasan 3,5 liter, sangat pas untuk mobil Avanza 1.500 cc.

Itu tadi adalah informasi tentang mobil Avanza sampai dengan harga oli mobil Avanza manual. Banyak promo ganti oli setiap bulannya dari Otoklix lho. Jadi, siap-siap instal dan pantau terus halaman depan aplikasi Otoklix yang menampilkan informasi promo.

Pertanyaan Seputar Harga Oli Mobil Avanza Manual

Oli TMO 10W-40 ini merupakan produk keluaran dari Toyota, dan lebih cocok untuk dipakai pada Toyota Avanza dengan usia lebih dari tiga tahun, karena viskositasnya lebih kental.

Mesin Avanza berkapasitas 1300 cc ternyata membutuhkan volume oli sebanyak 2,3 Liter. Namun jika anda menggunakan filter oli, maka kebutuhan olinya meningkat menjadi 2,5 liter.

Prosedur penggantian oli yang tepat adalah setiap 5.000 kilometer.