Sudah tidak aneh lagi jika kita melihat Toyota Avanza berseliweran di jalanan. Mobil keluarga ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena memiliki mesin yang prima, kapasitas 7 orang, dan juga harganya cukup terjangkau.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Bagi kamu pemilik mobil ini, sebaiknya perhatikan pemilihan oli. Berikut rekomendasi Otoklix untuk kamu yang sedang mencari oli mobil Avanza jika butuh ganti oli mobil.

1. Titan Formula SN SAE 10W-40

Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Itu tadi rekomendasi oli mobil Avanza kesayangan kamu. Pastikan spesifikasi olinya cocok untuk mobil kamu ya.

2. TMO 0W-20

Sementara untuk mobil Avanza terbaru dengan mesin berteknologi Dual VVT-i, disarankan menggunakan TMO 0W-20. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang rendah, sehingga cocok untuk mesin mobil baru yang memiliki celah lebih sempit.

TMO 0W-20 ini lebih stabil di segala temperatur, bahkan ketika cuaca dingin. Oli ini juga tidak mudah teroksidasi dan tidak mudah menguap sehingga memiliki usia pakai yang lebih panjang. Oli bersertifikat SPI SN ini mampu membuat penggunaan bahan bakar juga akan lebih irit.

TMO 0W-20 dibanderol dengan harga sekitar Rp 96 ribuan untuk kemasan 1 liter dan Rp 366 ribuan untuk kemasan 4 liter.

3. TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic

Jenis berikutnya untuk oli mobil Avanza adalah TMO Eco Power 0W-20 dengan bahan base oil full sintetis. Pelumas ini cocok untuk Avanza keluaran terbaru dengan mesin berteknologi tinggi, seperti Avanza Veloz 1.500 cc dan Avanza tipe G 1.300 cc dengan usia pemakaian yang masih muda.

4. Castrol Magnatec 10W-40

Selain menggunakan oli keluaran Toyota, beberapa merk oli juga direkomendasikan sebagai oli mobil Avanza. Castrol Magnatec dengan kekentalan SAE 10W-40 cocok untuk mobil Avanza kesayangan kamu. Formula base oil sintetik dengan kekentalan cukup tinggi ini bisa digunakan pada mobil Avanza dengan usia pemakaian di atas 5 tahun.

Castrol Magnatec menggunakan teknologi molekul pintar yaitu Self-Healing Layer. Fungsi teknologi ini membuat oli melekat pada komponen mesin meskipun oli sudah kembali ke bak penampungan. Sehingga komponen akan terlindungi secara ekstra, terutama saat mesin pertama kali dihidupkan.

Selain mengurangi keausan sejak kali pertama dihidupkan, molekul pintar ini juga menjaga komponen mesin saat berkendara dalam kondisi lalu lintas padat maupun ketika mobil kamu digunakan terus menerus. Teknologi ini juga pastinya memberikan perlindungan kebersihan mesin dari kerak sisa hasil pembakaran.

Oli bersertifikat API SN ini dibanderol dengan harga sekitar Rp102 ribuan per liter dan kemasan galon 4 liter dibanderol sekitar Rp420 ribu.

Baca juga: Ganti Oli Persneling Mobil dan Info Lengkap Oli Transmisi

5. TOP 1 HP 1 Zenzation 10W-40

Masih dengan oli mobil Avanza yang direkomendasikan untuk mobil di atas 5 tahun. Oli Avanza satu ini juga memiliki kekentalan 10W-40. Seperti yang kita ketahui juga oli Top 1 memiliki kualitas yang sangat baik. Kandungan sintetis 30 persen lebih banyak pada oli Toyota Avanza membuat masa pakai oli lebih lama.

Teknologi yang digunakan pada oli Top 1 ini adalah Ester Fortified. Teknologi ini menjadikan performa mobil kamu responsif. Ada pula teknologi Max TBN yang memberikan perlindungan dari korosi. Oli ini juga sudah memenuhi Euro 6 Standard, yaitu oli yang ramah lingkungan karena mampu menurunkan emisi gas buang.

Harga oli Top 1 Zenzation 10W-40 untuk kemasan 1 liter sekitar Rp102 ribu, sedangkan kemasan galon 4 liter dibanderol sekitar Rp411 ribuan.

6. TOP 1 HP Sport 10W-40

Masih dari oli Top 1 sebagai rekomendasi oli Toyota Avanza, yaitu Top 1 HP Sport 10W-40. Kekentalan yang digunakan sama dengan Zenzation 10W-40, tetapi oli ini dilengkapi dengan tambahan zat aditif Xtra Clean Additives. Teknologi ini membuat kotoran sisa pembakaran dapat menempel di oli untuk kemudian dibuang saat penggantian oli.

Selain itu pada Top 1 HP Sport 10W-40 juga ada teknologi Stop-and-Go Formula. Teknologi ini menjadikan mesin tetap optimal meskipun kendaraan sering terjebak macet. Oli ini menggunakan bahan dasar full sintetis sehingga stabil terhadap perubahan temperatur yang ekstrem


Harga oli Top 1 HP Sport 10W-40 dibanderol sekitar Rp94 ribuan per liter. Sedangkan kemasan galon 4 liter memiliki harga sekitar Rp376 ribuan.

7. Fastron Techno 10W-40

Oli mesin Avanza yang satu ini adalah produk lokal. Fastron dari pertamina memiliki jenis oli Fastron Techno 10W-40. Oli dengan bahan penyusun sintetik ini cocok untuk mobil Avanza.

Pelumas ini memiliki daya tahan terhadap suhu ekstrem dan kekentalannya tetap stabil. Hal ini juga membuat oli tidak mudah menguap. Zat aditif pada Fastron Techno ini bisa membersihkan ruang mesin mobil Avanza secara aktif dan juga melindungi mesin dari keausan.

Oli ini telah memenuhi sertifikasi API SN dan dibanderol dengan harga sekitar Rp70 ribuan untuk 1 liter dan Rp332 ribuan untuk kemasan 4 liter.

8. Fastron Gold 0W-20

Satu lagi oli Fastron yang cocok menjadi oli mobil Avanza. Oli Fastron Gold 0W-20 cocok untuk mobil Avanza keluaran terbaru karena kekentalan oli ini cukup rendah. Mobil-mobil baru membutuhkan oli yang encer karena celah antar mesinnya rapat. Tetapi, pastikan kembali zat aditif pada oli ini ya, apakah cocok dengan spesifikasi mobil Avanza kamu.

Harga oli ini sekitar Rp97 ribuan untuk kemasan 1 liter dan Rp370 ribuan untuk kemasan 4 liter.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

9. Shell Helix HX7

Shell juga rupanya cocok untuk oli mobil Avanza, khususnya Shell Helix HX7 10W-40. Oli ini memiliki base oil semi sintetis dengan teknologi Flexi Molecule yang bisa memberikan lapisan perlindungan pada mesin meskipun oli sudah kembali ke bak penampungan. Oli ini juga diklaim mampu bekerja 40% lebih baik dibandingkan oli sejenis untuk mencegah mesin dari keausan.

Harga Shell Helix HX7 untuk oli Avanza ini sekitar Rp75 ribu per liter dan Rp305 ribuan untuk 4 liter.

10. TMO 10W-40

Oli keluaran Toyota Motor Oil pasti sudah dirancang sesuai untuk mobil-mobil Toyota, termasuk Avanza. Oli dengan kekentalan 10W-40 ini cocok untuk Avanza yang masih menggunakan teknologi mesin VVT-i. Kekentalan oli yang tinggi ini direkomendasikan untuk mobil Avanza dengan usia lima tahun ke atas.

Oli ini dibanderol dengan harga sekitar Rp260-270 ribuan untuk kemasan 4 liter.

Jika kamu mencari bengkel untuk ganti oli mobil Avanza, kamu bisa melakukan booking ganti oli di bengkel melalui aplikasi Otoklix, lho. Oli dijamin ori dan gratis biaya jasa, lho!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Avanza

Mesin Avanza berkapasitas 1300 cc ternyata membutuhkan volume oli sebanyak 2,3 Liter. Namun jika anda menggunakan filter oli, maka kebutuhan olinya meningkat menjadi 2,5 liter.

Harga oli mobil Avanza manual 10W-40 relatif lebih murah dari 5W-40, yaitu sekitar Rp300-400 ribu untuk kemasan 4 liter.

Jika mobil modern bisa menggunakan oli mesin yang lebih encer, seperti SAE OW-20, untuk Avanza 2012- 2018 disarankan menggunakan oli dengan tingkat kekentalan 10W-40.