Masalah audio mobil ini terkadang memang bikin jengkel. Meskipun terlihat tidak penting karena tidak berkaitan langsung dengan mesin mobil, tetapi keberadaan fitur hiburan ini tentunya bisa membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Nah, kamu perlu tahu permasalahan umum yang biasa terjadi pada tape mobil sehingga ketika terjadi kerusakan, kamu tidak terburu-buru membawanya ke bengkel service tape mobil. Biasanya masalah tape mobil adalah tidak mau menyala. Penyebab paling umum adalah sekring putus, unit audio dimatikan, koneksi longgar, atau kabel terputus.

Berbagai Masalah Audio dan Solusi untuk Mengatasinya

Masalah yang bisa terjadi pada tape mobil memang sangat beragam. Namun, di bawah ini adalah beberapa masalah umum yang kerap terjadi.

1. Tidak menghasilkan suara

Permasalahan tape mobil kamu tidak menyala adalah head unit yang baru dipasang tidak memiliki daya. Hal ini berkaitan dengan instalasi tape mobil. Daya pada alternator bisa mengalir terlalu banyak untuk ditangani amplifier, sehingga amplifier akan melindungi diri dari kerusakan dengan cara mengaktifkan mode proteksi.

Jadi, kamu perlu memastikan bahwa amplifier belum dialihkan ke mode perlindungan.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan penempatan power amplifier. Sirkulasi yang tidak bagus atau kepanasan (overheat) dapat menjadi penyebab tape mobil kamu tidak menghasilkan suara.

Kesalahan instalasi juga bisa berupa pemasangan beberapa komponen audio seperti kabel yang tidak benar. Akibatnya kerusakan ini akan merembet ke bagian-bagian lain. Selain kesalahan pemasangan, penggunaan komponen yang tidak kompatibel juga dapat menyebabkan tape mobil mati.

Kerusakan bisa berupa komponen dengan kapasitas voltase listrik yang tidak pas. Biasanya ini terjadi saat pengguna ingin upgrade sistem audio.

2. Tape tidak menghasilkan bass

Selain tidak menghasilkan suara, tape juga bisa tidak menghasilkan bass. Tetapi dalam kasus ini, bukan karena head unit  yang kamu pakai tidak berkualitas.

Bass yang tidak terdengar di tape audio bisa disebabkan beberapa hal, seperti kontrol keseimbangan, fader, bass. Pengaturan ini mungkin kamu kenal dengan nama equalizer. Kau bisa mencoba mengaturnya ke stereo awal spesifikasi pabrik.

Jika masih tidak bisa, kamu bisa pergi ke bengkel service tape mobil yang ahli stereo untuk dicek apakah ada masalah lain seperti pemasangan speaker yang tidak tepat.

3. Permasalahan suara yang tidak diinginkan atau suara putus-putus melalui speaker

Suara-suara tidak wajar yang keluar dari tape seperti mendesis, merengek, berdengung, dan suara lainnya bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Hal pertama yang bisa kamu pastikan adalah receiver mobil kamu diardekan dengan aman. Pengukuran yang tidak tepat adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya suara yang tidak diinginkan, salah satunya karena terjadi arus pendek.

Hal berikutnya yang bisa kamu cek adalah radio statisnya. Kamu bisa mengeceknya saat mendengarkan radio, bukan Auxiliary, atau fungsi USB. Suara rengekan ini bisa disebabkan oleh suara mesin dan alternator.

Cara service tape mobil untuk masalah ini adalah kamu bisa mencoba memasang filter kebisingan alternator pada saluran listrik antara baterai dan alternator untuk meminimalkan masalah. 

Kemudian, penyebab suara tape tiba-tiba terputus dapat disebabkan oleh rusak atau putusnya kabel speaker. Ini juga bisa disebabkan oleh amplifier yang buruk atau kabel yang salah ke amplifier.

4. USB tidak terbaca

Beberapa tape mobil kekinian sudah memiliki sistem pembacaan USB, meskipun masih ada juga yang masih bermasalah dalam pembacaan flashdisk berkapasitas besar. Hal ini terjadi karena memori tape yang tidak mampu membaca atau menganalisa kapasitas flashdisk tersebut. 

Maka dari itu kamu harus memilih flashdisk yang tepat. Isi flashdisk hanya dengan lagu-lagu atau video yang kamu inginkan, tidak perlu terlalu banyak file di dalamnya agar memudahkan pembacaan. 

Tips Service Tape Mobil

Setelah mengetahui berbagai permasalahan dalam tape mobil, kamu juga perlu tahu cara merawat tape mobil agar tidak sering dibawa ke bengkel service tape mobil.

1. Memperbaiki sistem kelistrikan

Tape mobil memang bekerja karena adanya aki. Jadi, memastikan aki tidak aus dan alternator berfungsi dengan baik adalah cara terbaik untuk menjaga kestabilan tape mobil kamu.

2. Menggunakan tape secara bijak

Mengaktifkan dan mematikan audio secara paksa bisa merusak tape mobil. Pasalnya, ketika tape mobil mati mendadak, saat dinyalakan kembali tape mobil akan menerima arus listrik yang besar. Hal ini mengakibatkan tape mobil kamu cepet rusak dan kamu harus keluar biaya untuk service tape mobil lagi.

3. Membersihkan tape mobil secara berkala

Menjaga kebersihan tape akan membuat masa pakai tape mobil kamu menjadi lebih panjang. Debu yang masuk ke sistem audio bisa dibersihkan dan menjaga kualitas komponennya. Pembersihan sistem audio ini meliputi head unit, dan komponen pendukungnya, termasuk kabel, sambungan kabel, speaker, maupun power unit.

Jika kamu kesulitan untuk mencari bengkel service tape mobil, maka kamu bisa mencari bengkel terdekat dengan cara menginstal aplikasi Otoklix. Selain bisa mencarikan bengkel terbaik dan terdekat dengan lokasimu, harga yang harus kamu bayarkan juga sudah tertera di aplikasi.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix