Honda tidak hanya memproduksi kendaraan dengan mesin tangguh, tetapi juga melengkapinya dengan komponen perawatan yang sepadan. Salah satunya menyediakan oli Honda!

Honda mengembangkan perusahaan oli sendiri bernama Honda Automobile Oil yang diformulasikan cocok untuk karakteristik mobil Honda yang bertenaga, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Oli Honda ini menggunakan base oil full sintetis sehingga memiliki umur yang lebih lama. Selain itu juga terdapat campuran bahan aditif yang dapat meningkatkan performa, contohnya Hi-Vi Polimer yang mampu memperbaiki karakter dan stabilitas tingkat kekentalan oli terhadap perubahan suhu. Sedangkan teknologi lainnya bernama Aditif Friction Modifier berfungsi untuk mengurangi gesekan.

Ada beberapa jenis oli Honda yang beredar di pasaran. Pertama, seri E-Pro yang merupakan oli mesin Honda. Kemudian ada pula oli transmisi, oli power steering, dan juga oli rem. Yuk simak apa saja jenis oli Honda.

1. Oli Mobil Honda E-Pro Gold 0W-20

Oli ini adalah oli jenis premium ‘Best Performance Oil’ yang diproduksi HAO. Pelumas ini direkomendasikan untuk mobil Honda modern karena memiliki kekentalan yang rendah. Selain itu terdapat teknologi Friction Modifier, Hi-Vi Polimer dan Anti-Abrasion. Teknologi ini berfungsi untuk menjaga ruang mesin agar tetap bersih dari kerak sisa hasil pembakaran dan juga memberikan perlindungan dari gesekan komponen.

Oli jenis full sintetis ini tentu saja dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan juga hemat oli karena tingkat penguapan oli yang rendah. E-pro Gold 0W-20 ini dibanderol dengan harga Rp 120 ribu per liter.

2. Oli Mobil Honda E-Pro Turbo 0W-20

Seri E-Pro berikutnya adalah E-Pro Turbo yang dirancang untuk mobil dengan mesin turbo seperti Civic Turbo dan Civic Type R. Fungsi oli ini sama dengan E-Pro Gold, yaitu melindungi mesin dari korosi sisa pembakaran sehingga mesin tetap bersih dan memberikan perlindungan maksimal terhadap gesekan komponen.

3. Oli Mobil Honda E-Pro Blue 5W-30

Masih di seri E-Pro, oli dengan spesifikasi 5W-30 ini memiliki teknologi khusus untuk membersihkan ruang mesin dan juga menciptakan efisiensi berkendara. Tambahan deterjen pada oli ini mampu membersihkan ruang mesin dan juga komponen mesin. E-Pro Blue 5W-30 ini adalah versi upgrade dari varian sebelumnya, kini didesain lebih ramah lingkungan. Harga oli Honda ini adalah Rp 90 ribu per liternya.

4. Oli Mobil Honda E-Pro Green 10W-30

Oli E-Pro yang terakhir adalah E-Pro Green yang bertutup hijau. Kekentalan 10W-30 ini cocok digunakan pada hampir semua jenis mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia. Teknologi yang digunakan sama seperti E-Pro Blue, yaitu Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, Anti Abrasion, dan Detergent. Harga oli ini adalah Rp 78 ribu per liter.

5. Oli Power Steering Honda PSF-S

Jangan sepelekan mengganti oli power steering ya. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli power steering ini juga berfungsi sebagai penambah tenaga sehingga kemudi mobil tetap stabil. Oli power steering produksi Honda ini memiliki nama Honda PSF-S. Oli ini bisa digunakan untuk semua jenis mobil Honda. Pelumas ini tersedia dalam kemasan 1 liter.

6. Oli Honda MTF

Oli transmisi juga sama pentingnya dengan oli mesin. Meskipun tidak diganti sesering oli mesin, tetapi transmisi tetap harus dicek berkala agar kondisi komponen tetap bagus.

Oli transmisi Honda yang pertama adalah untuk mobil manual. MTF adalah singkatan dari Manual Transmission Fluid. Seperti namanya, oli ini memang diperuntukkan bagi semua mobil Honda bertransmisi manual. Tersedia kemasan 1 liter dengan desain kemasan berwarna dasar putih dan tutup berwarna merah.

7. Oli Honda CVTF

Selain MTF, Honda juga memproduksi oli matic Honda tipe CVT atau Continuously Variable Transmission. Oli matic Honda ini tersedia dalam kemasan 1 liter dan kemasan galon 3,5 liter.

8. Oli Honda ATF

Mobil bertransmisi matik memang ada jenis CVT dan non CVT. Nah, oli matic Honda satu ini khusus untuk mobil matik Honda yang non CVT. ATF ini adalah singkatan dari Automatic Transmission Fluid. Jadi bagi kamu pengguna mobil Honda matik, pastikan dulu apa jenis mobil matik milikmu sebelum memutuskan menggunakan oli CVT atau ATF.

9. Oli Honda BF Ultra

Selain oli mesin dan transmisi, Honda juga memproduksi oli atau minyak rem. BF adalah singkatan dari Brake Fluid yang artinya cairan rem. Oli rem ini mempunyai spesifikasi DOT 3 yang cocok digunakan pada semua jenis mobil Honda.

Ternyata lengkap juga ya oli produksi Honda ini. Bagi kamu pemilik mobil Honda, boleh mencoba oli Honda ini karena memang oli ini sudah dirancang khusus cocok untuk semua mobil Honda.

Ingat untuk mengganti oli secara berkala ya. Dapatkan juga promo ganti oli merek lainnnya yang tak kalah menarik di aplikasi booking bengkel Otoklix.